-->

Top Destinasi Wisata Riau

RiauMagz.com - Mudik di musim liburan tahun ini tentunya ingin Anda jalani dengan suasana yang lebih spesial. Buat Anda warga Riau, atau warga dari luar Riau yang punya rencana lebih lama menikmati liburan di daerah-daerah yang ada di Riau, inilah tempat destinasi wisata paling populer di Riau. Tempat-tempat tersebut sebagian sudah sangat terkenal dan menjadi destinasi wisata nasional yang populer di Riau. Namun, ada juga beberapa tempat wisata baru yang menarik untuk dikunjungi dan bagi orang Riau sendiri juga belum familiar.

Tempat-tempat wisata tersebut memiliki tingkat kunjungan wisatawan yang cukup tinggi. Bukan hanya karena tempat wisatanya semakin menarik untuk dikunjungi, tetapi juga biaya akomodasi yang wajar dan menguntungkan terutama bagi wisatawan lokal.

Perlu dicatat bahwa beberapa lokasi wisata penuh tantangan bahkan dengan keahlian khusus. Apa saja 12 destinasi wisata Riau paling populer dikunjungi? Berikut ini di antaranya:

1. Istana Siak

Istana Siak selalu ramai dikunjungi wisatawan di setiap momen libur Idul Fitri. Pengunjungnya akan melimpah setiap hari baik dari masyarakat setempat maupun luar daerah. Daya tarik Siak salah satunya bisa dibilang Istana Siak. Apalagi saat di tepian Sungai Siak dibangun deretan aneka kuliner seafood dengan view Sungai Siak. Pada libur lebaran biasanya juga dibuka wisata susur sungai menggunakan kapal dan perahu yang disediakan pengelola.

Komplek wisata Istana Siak yang menjadi kegiatan Wisata Sejarah ini juga memiliki banyak tempat wisata lain yang berdekatan sehingga banyak orang yang menghabiskan hari-hari liburan di tempat wisata ini. Dari mulai lebaran pertama hingga berakhirnya jadwal liburan, Istana Siak selalu dikunjungi. Pada puncak seminggu pertama Syawal, jumlah wisatawan setiap harinya dapat mencapai ribuan orang.

2. Candi Muara Takus

Candi yang terletak di Kabupaten Kampar ini juga banyak dikunjungi wisatawan. Lokasi candi yang berada dekat dengan Sungai Kampar memberikan daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Lokasinya yang tidak begitu jauh dari pusat Kota Pekanbaru menjadikan tempat ini sebagai salah satu destinasi wisata alternatif warga Kota Pekanbaru. Sejarah satu-satunya candi di Riau tersebut juga menjadi daya tarik para pengunjung yang datang dalam kegiatan Wisata Sejarah di Riau.

3. Ombak Bono

Wisata Petualangan atau pun Wisata Minat Khusus berada di Kabupaten Pelalawan. Ombak Bono adalah sebuah fenomena alam dimana ombak yang biasanya terjadi di tepi pantai, tetapi di lokasi ini, ombak terjadi di Sungai Kampar. Ombak akan bergerak dari muara Sungai Kampar dan bergerak terus sejauh 60 km ke hulu sampai ke Desa Teluk Meranti. Bagi anda punya hobi berselancar di air, Ombak Bono menjadi suatu tantangan baru bagi anda dan menjadi lokasi berselancar terbaik yang ada di dunia. (foto tertera paling atas).

4. Air Terjun Tertinggi di Riau, Lubuk Bigau Batang Kapas

Riau terkenal sebagai daerah yang agak datar dengan tanah gambut dan sebagian berada di pesisir laut. Tetapi ternyata Riau memiliki air terjun tertinggi nomor 5 di Indonesia (data diperbaharui). Air Terjun Batang Kapas pun menjadi air terjun tertinggi nomor 3 di Sumatera. Wisata air terjun yang berada di Desa Lubuk Bigau, Kampir Kiri ini merupakan kegiatan Wisata Petualangan atau pun Wisata Minat Khusus karena untuk menuju ke air terjun tersebut dari Desa Lubuk Bigau, butuh kekuatan untuk mendaki dan harus menginap di lokasi. Untuk menginap di lokasi, anda tidak perlu membawa kemah karena tersedia tempat tidur terpanjang di dunia.
Baca juga :
Daftar air terjun tertinggi di Indonesia
Batang Kapas – Riau, Air Terjun Terindah di Sumatera
Posisi dan Cara Menuju Lokasi Air Terjun Batang Kapas

5. Pantai Rupat

Pantai Rupat menjadi salah satu pantai terbaik yang ada di Riau. Bagi orang Riau, terutama masyarakat pesisir, Rupat sebagai Wisata Alam menjadi tempat tujuan wisata favorit di musim liburan seperti saat ini. Wisata pantai yang cukup langka di Riau menjadikan Pantai Rupat menjadi salah satu destinasi wisata yang diburu orang Riau. Jika Anda kebetulan sedang berada di kawasan Bengkalis, tak ada salahnya singgah ke Pantai Rupat. Jangan lupa menyeberang ke sebuah pulau kecil bernama Beting Aceh. Pantai Beting Aceh lebih putih dan memiliki keunikan tersendiri yaitu pasir pantainya dapat berbunyi jika digesek dan biasa disebut juga Pantai Berbisik.
Yuk Dengarkan Pasir Berbisik di Beting Aceh

6. Suligi Hill 812 mdpl

Rokan Hulu memiliki sebuah tempat Wisata Alam yang khusus dan unik yakni Bukit Suligi yang sering disebut dengan istilah negeri di atas awan. Tempat wisata ini terletak di Desa Aliantan, Kecamatan Kabun, Rokan Hulu Riau. Di ketinggian 812 meter di atas permukaan laut, pengunjung bisa melihat awan mengambang yang begitu indah. Awan ini hanya bisa dilihat pada pukul 6 pagi hingga jam 9.00 pagi. Jadi bagi pengunjung yang ingin menikmatinya harus menginap di lokasi. Wisata Alam ini termasuk Wisata Petualangan karena adanya jalur pendakian dan harus berkemah di lokasi untuk dapat melihat awan mengambang. Pada momen liburan, Suligi Hill 812 mdpl masuk dalam daftar wisata paling banyak dikunjungi wisatawan.

7. Wisata Dakwah Okura

Okura menjadi tempat wisata menarik di tepian Kota Pekanbaru. Tempat wisata minat khusus ini menjadi tujuan yang menarik untuk mereka yang ingin berlatih berkuda, memanah dan sejenisnya. Suasana alam yang segar dan lokasinya yang tidak begitu jauh dari pusat Kota Pekanbaru menjadikan Wisata Dakwah Okura ramai dikunjungi wisatawan pada saat liburan khususnya libur lebaran.

8. Taman Nasional Teso Nilo

Taman Nasional Teso Nilo yang terletak di Pelalawan ini juga menjadi tempat Wisata Alam dan Wisata Minat Khusus yang banyak dikunjungi wisatawan di liburan. Mereka yang senang dengan wisata hutan dengan berbagai pemandangan flora dan fauna langka banyak menghabiskan waktu di TN Teso Nilo. Tak heran jika tempat wisata yang juga menyimpan banyak pohon sialang untuk tempat lebah madu tinggal ini menjadi top tempat wisata di Riau.

9. Desa Wisata Bokor

Desa Wisata Bokor terletak di Kabupaten Kepulauan Meranti ini merupakan desa yang memiliki banyak keunikan budaya dan pemandangan alam. Di musim mudik seperti saat ini, biasanya diadakan berbagai hiburan dan tradisi yang menarik minat banyak pengunjung. Kegiatan di tepi perairan biasanya menjadi hal yang sering ditaja dan merupakan Wisata Budaya yang sangat menarik.

10. Danau Raja

Bagi warga Inhu, Danau Raja bisa dikatakan wisata favorit di pusat Kota Rengat. Setiap harinya di hari lebaran tempat ini selalu dikunjungi wisatawan berbagai usia dari pagi hingga petang. Apalagi tepat di depan danau tersedia fasilitas penginapan yang memadai, dan lokasinya tepat di tepi jalan saat pertama kali memasuki Kota Rengat. Danau ini gratis dikunjungi sebagai bagian dari Taman Kota, fasilitas wahana permainan anak juga cukup banyak dan kuliner pun berjejer di tepian danau.

11. Desa Sentajo

Selain wisata Perahu Baganduang Taluk Kuantan, di momen liburan, Desa Sentajo yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi juga masuk dalam daftar top tempat wisata menarik dikunjungi di Riau. Di saat Idul Fitri, rumah-rumah godang (Rumah Besar) yang ada di Desa Sentajo biasanya akan ramai dikunjungi masyakarakat yang ingi bersilaturrahim, bertemu dengan sanak saudara. Berbagai pertunjukan Wisata Budaya pun menarik untuk disaksikan di desa ini.

12. Peranginan Puak

Top destinasi wisata yang terakhir adalah Peranginan Puak yang ada di Dumai. Di tempat ini pengunjung bisa menikmati pemandangan alam yang segar dan dingin. Ada banyak tumbuhan tropis yang tumbuh di tempat ini sehingga menjadi tempat Wisata Alam yang menarik di musim panas. Apalagi pengunjung juga berkesempatan menikmati buah durian pelintung. Lengkap kebahagiaan pengunjung di tempat ini. Jangan lupa juga untuk ke Bandar Bakau yang menjadi tempat wisata alam lainnya di Dumai yang juga menjadi lokasi penyelamatan bakau Kota Dumai.


Masih ada waktu liburan yang tersisa, tak ada salahnya Anda berkunjung ke tempat-tempat populer di atas dan tempat wisata sekitarnya. Wisata hemat tetapi menyuguhkan kesan dan suasana yang membuat liburan lebih bermakna. Cobalah berkunjug ke 12 top destinasi wisata Riau di atas.

Atau anda dapat melihat Peta Wisata Riau untuk lebih banyak mengetahui tempat-tempat wisata di Riau :
Banyak tempat wisata lainnya di Riau selain yang disebutkan di atas. Misalnya Makam Sultan dan Pendiri Kota Pekanbaru yang lokasinya berada di tengah Kota Pekanbaru. Tak jauh dari makam tersebut terdapat Kampung Bandar dengan tenun songket yang khas.
Jika anda ke Taluk Kuantan dan bertepatan pada bulan Agustus, anda akan punya kesempatan untuk melihat kagiatan Pacu Jalur yaitu pacu sampan panjang sekitar 50 meter panjangnya. Ataupun anda dapat mengunjungi lokasi wisata alam di sekitar Taluk Kuantan berupa air terjun yang jumlahnya banyak.
Anda dapat memeriksa lokasi-lokasi wisata lainnya di Riau di setiap kota atau kabupaten seperti yang tertera pada Menu bagian atas situs ini yang berjudul "PETA PARIWISATA". Menu tersebut memiliki banyak artikel yang berhubungan dengan tempat-tempat wisata favorit di Riau.


RiauMagz, Wisata Riau

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel