-->

Sendratasik Cerita Lancang Kuning Teater Mahligai

Artikel ini pernah dipublikasikan pada Riaumagazine Versi 1.0 pada 29 Maret 2012

SENDRATASIK LANCANG KUNING - Dari segi definisi budaya (cultural definition) melayu itu merangkumi seluruh penduduk pribumi nusantara, yaitu penduduk serumpun tidak kira agama bahasa, dan adat istiadat masing-masing yang diikuti oleh masing-masing kelompok serumpun tersebut. Oleh karena berbagai daerah masing-masing kelompok serumpun memiliki atraksi budaya atau seni budaya yang berbeda dan beragam pula yang menggambarkan tingkat peradabannya. Di Propinsi Riau, bahasa yang digunakan oleh orang Melayu Riau sebagai produk peradabannya adalah bahasa Melayu yang juga dijadikan ibu bahasa Indonesia, ini adalah kontribusi terbesar dalam peradaban yang di bangun oleh pribumi di nusantara. Maka banyak sekali karya sastra dan karya seni lainnya yang dimiliki Melayu Riau yang berkembang pesat dan masih asli (original), baik yang dikategorikan sebagai seni persembahan maupun sebagai seni tampak.

gambar Sendratasik Cerita Rakyat Riau Lancang Kuning

SENDRATASIK LANCANG KUNING

LANCANG KUNING, adalah salah satu dari karya seni persembahan cerita legenda rakyat Melayu Riau yang diangkat dalam sebuah pergelaran kolosal terpadu berupa sendratasik (seni drama/teater tari, nyanyi dan musik) dibawakan oleh seniman-seniman bintang yang sudah berpengalaman di arahkan oleh sutradara anak jati Melayu Riau alumni IKJ Jakarta. Sendratasik LANCANG KUNING ini telah mendapat pujian dari pengamat seni di Negeri Belanda dan sekaligus mereka meminta untuk menggelar sendratastik LANCANG KUNING ini di lima negara Eropa bulan Mei 2012. Khusus di Negeri Belanda sendratasik LANCANG KUNING akan ditampilkan pada “TONG TONG FAIR 2012” (www.tongtongfair.nl) dan FLORIADE 2012 (www.floriade.com) World Horticultural Expo semacam ajang seni dan promosi yang diikuti oleh seluruh negara –negara di eropa.

Tersebab Propinsi Riau memiliki visi 2020 yang intinya “Terwujudnya Provinsi Riau sebagai pusat perekonomian dan kebudayaan Melayu dalam lingkungan masyarakat yang agamis, sejahtera lahir dan bathin di Asia Tenggara tahun 2020”, maka kesempatan ini merupakan peluang emas untuk memperkenalkan Propinsi Riau dari segi budaya Melayu dan mempromosikan produk-produk unggulan terutama yang dihasilkan oleh usaha kecil menengah (UKM) baik berupa kerajinan tangan maupun industri rumah. Ajang ini juga bisa dimanfaatkan sebagai pintu informasi untuk menyampaikan perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke 18 yang diadakan di Riau pada September 2012.

Delegasi budaya dan promosi sendratasik LANCANG KUNING dikelola oleh Lembaga Seni Bina Budaya Melayu Pekanbaru bekerja sama dengan CONBE Event Organizer. Produser sendratasik LANCANG KUNING adalah Sanggar Mahligai Theater Riau, yang berkedudukan di Pekanbaru. Delegasi ini juga didukung oleh beberapa peminat seni di Jakarta yang terkait dengan budaya Melayu.

Sumber Tulisan :
Sinopsis Sendratasik Cerita Rakyat Lancang Kuning
Lembaga Seni Bina Budaya Melayu Pekanbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel