Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Desa Wisata Pulau Belimbing Kuok Kampar

Desa Wisata Pulau Belimbing Kuok Kampar

RiauMagz.com - Berdasarkan Peta Pariwisata Kabupaten Kampar dimana Kabupaten Kampar memiliki beberapa desa yang dikemas menjadi desa wisata. Salah satunya adalah Desa Wisata Pulau Belimbing. Desa ini terletak di Kecamatan Kuok, Kabupaten Kampar, Riau. Dari pusat Kota Bangkinang, jaraknya hanya sekitar 7km. Desa ini menawarkan pesona kearifan lokal berupa adat istiadat, objek wisata budaya serta potensi agronomi yang menjanjikan.

Di tepi jalan masuk ke Desa Pulau Belimbing, terdapat sebuah gapura bertuliskan "Desa Wisata Pulau Belimbing". Saat memasuki kawasan desa untuk pertama kali, Anda akan disuguhkan suasana tradisi yang begitu kuat dengan kondisi alam yang cukup sejuk dan nyaman. Keramahan masyarakat Kampar akan Anda rasakan saat berada di desa ini.

Apa saja hal menarik yang bisa Anda temukan di Desa Wisata Pulau Belimbing? Di antaranya adalah:

Rumah adat lontiok merupakan rumah adat Kampar yang saat ini masuk dalam daftar warisan budaya tak benda di Provinsi Riau. Bentuk lontiok atau lentik dari rumah adat inilah yang terbilang unik dan memiliki filsafat nilai-nilai adat bagi masyarakat setempat. Saat datang ke desa wisata ini, Anda bisa melihat langsung rumah lontiok sebagai objek wisata. Berpose di rumah adat ini cukup menarik, sekaligus bagi Anda bisa melihat dan menyaksikan langsung kekayaan tradisi orang Kampar.

2. Museum Kandil Kemilau Emas
Sebuah museum yang menyimpan berbagai alat-alat tradisi masyarakat Kampar bisa Anda temukan di desa ini. Museum ini berbentuk rumah lontiok dan di dalamnya terdapat koleksi alat-alat seperti alat-alat kesenian, aneka alat pernikahan, alat-alat penangkapan ikan, alat-alat pertanian, alat-alat pertukangan, alat-alat pesta, alat-alat perdagangan dan masih banyak yang lainnya.

3. Arena pacu tongkang
Sebuah wahana yang berlokasi di sungai Kampar dengan atraksi yang sering digelar berupa pacu sampan melawan arus. Dalam even-even tertentu biasanya akan digelar acara perlombaan pacu tongkang atau sampan di area ini.

Selain destinasi di atas, pengunjung juga bisa menyaksikan acara-acara adat seperti mandi balimau, makan di Dulang, manggelek tobu hingga agro dan sebagainya. Salah satu alasan mengapa Desa Pulau Belimbing dijadikan sebagai kawasan wisata adalah karena masih banyaknya kearifan lokal yang tersimpan di desa tersebut. Masyarakatnya pun belum banyak berinteraksi dengan warga luar. Selain itu, potensi hasil agronomi berupa tebu juga cukup menjanjikan di desa ini. Tradisi menggiling tebu hingga menjadi manisan menjadi perlambang penghormatan masyarakat setempat terhadap tamu-tamu yang datang dan berkunjung.

Selain potensi adat budayanya yang menjanjikan, kondisi alamnya juga cukup segar. Kawasan yang tak jauh dengan perbatasan Riau dan Sumbar ini menyuguhkan pemandangan sungai yang indah dengan cuaca yang cukup mendukung.

 
Cara Menuju ke Lokasi Desa Wisata Pulau Belimbing
Cara menuju ke lokasi Wisata Pulau Belimbing cukup mudah. Dari Pekanbaru, Anda bisa naik travel L-300 berwarna putih tujuan Bangkinang, atau bisa juga naik travel tujuan Rokan Hulu. Lama perjalanan kurang lebih 1 jam untuk sampai ke pusat Kota Bangkinang. Dari Kota Bangkinang, gerbang desa wisata ini dapat dijangkau dalam hitungan menit saja.

Biasanya sopir-sopir angkutan umum sudah tau letak gerbang desa wisata Pulau Belimbing. Anda tinggal minta diturunkan di gerbang tersebut. Ongkos lebih kurang 20ribu rupiah saja. Dari gerbang desa wisata, jarak untuk sampai ke pusat desa sejauh 2km. Anda bisa menempuhnya dengan berjalan kaki atau naik ojek yang tersedia.

Bila ingin nyaman sampai ke tujuan, dari Pekanbaru Anda bisa memakai kendaraan rental, atau bahkan taksi online yang juga bisa menjangkau lokasi tersebut. Buat Anda yang suka mobile, menggunakan kendaraan roda dua juga tak masalah untuk sampai ke kawasan Desa Wisata Pulau Belimbing. Jarak yang tak terlalu jauh tetap memungkinkan Anda membawa sendiri motor Anda dari pusat Kota Pekanbaru. Disarankan berkunjung ke desa wisata ini jika ada momen-momen kegiatan festival budaya sehingga Anda bisa lebih banyak menyaksikan kekayaan dan kearifan lokal yang tersimpan di Desa Wisata Pulau Belimbing, Kabupaten Kampar.


Salah satu Objek Wisata Kabupaten Kampar - Sungai Hijau

RiauMagz, Wisata Riau