Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

BeNGAK!!! Kebohongan di Mana-mana

Pertunjukan Teater Riau Beraksi BeNGAK Kebohongan di Mana-mana
Sebuah pertunjukan, apapun itu, hendaklah ada suatu pesan moral yang ingin disampaikan. Begitu pula dengan pertunjukan teater berjudul BeNGAK!!! yang ditampilkan oleh RIAUBERAKSI Studio Seni Peran di Anjung Seni Idrus Tintin beberapa waktu lalu. Dalam pertunjukan tersebut, sang Sutradara Willy Fwi berusaha menyampaikan realita di masyarakat yang terjadi saat ini. Banyak kebohongan yang terjadi demi meraih posi, jabatan, atau pujian. Bahkan amanah yang diberikan oleh rakyat pun sering disia-siakan.

Pertunjukan yang berdurasi sekitar 80 menit ini mampu membuat penonton terhibur, apalagi dengan sisipan humor diantara berbagai intrik dan konflik yang dimunculkan.

Mengangkat isu kekinian yang sedang terjadi di lingkungan kita sehari-hari memang lebih menarik bagi RIAUBERAKSI. Alasannya, isu-isu tersebut lebih akrab dengan masyarakat atau penonton pertunjukan.

Pertunjukan Teater Riau Beraksi BeNGAK Kebohongan di Mana-mana
“Dengan mengangkat isu-isu kekinian, persoalan-persoalan yang ditawarkan kepada penonton diatas pentas terasa lebih dekat dengan mereka. Banyak persoalan-persoalan yang menarik ketika dikemas dalam sebuah seni pertunjukan diatas panggung, seperti masalah korupsi, kisruhnya PSSI, mobil dinas DPRD yang tidak kunjung dikembalikan, gas 3 Kg, Pilkada dll,” papar Willy Fwi, Sutradara dan pembina sanggar RIAUBERAKSI.

Menyinggung masalah perkembangan teater di Riau, alumni Fakultas Seni Pertunjukan IKJ tahun 1991 ini menyampaikan pandangan bahwa seni teater di Riau seperti berjalan di tempat.

“Teater di Riau hampir bisa dikatakan jalan ditempat, hanya beberapa sanggar di Pekanbaru saja yang tetap berkarya secara konsisten. Geliat di kabupaten-kabupaten hampir tak terasa. Menurut saya fungsi Dewan Kesenian Riau disini harus dimaksimalkan lagi,” demikian pandangannya.

Selain produktifitas para pelaku yang stagnan, Willy juga menyampaikan perlunya sosialisasi dan pembinaan terhadap masyarakat agar mengenali seni pertunjukan teater dan bisa menikmati pertunjukannya. Menurut Willy RIAUBERAKSI studio seni peran sedang melakukan upaya-upaya pembinaan terhadap penontonnya.

“Beberapa strategi sedang kami lakukan, seperti sosialisasi dll. Waktu pementasan DELAY enam bulan yang lalu, penontonnya mencapai 1000 org untuk 2 hari pertunjukan. Sebuah angka yg cukup fantastis. Namun pada saat BeNGAK!!! menurun hingga setengahnya. Ada beberapa pelajaran yang kami dapat dari kasus ini, sehingga muncul sebuah gagasan melakukan Roadshow ke kampus-kampus. Tujuannya agar masyarakat lebih kenal teater, bahwa teater adalah tontonan yang menyenangkan, menghibur dan edukatif,” urainya.

Setelah ditampilkan di Anjung Seni Idrus Tintin tanggal 18-19 Desember 2011 lalu, Willy berencana akan menampilkan BenGAK!!! Di STSI Padang Panjang pada tanggal 26 Desember 2011 dan selanjutnya mengadakan roadshow ke kampus-kampus di tahun 2012 mendatang.

Beberapa pertunjukan teater telah ditampilkan RIAUBERAKSI dengan sutradara Willy Fwi. Seperti CINTA DAN PRESIDEN, OPERA PULAU IMPIAN, DELAY, dan BenGAK!!!.

Berikut ini profil sanggar RIAUBERAKSI.

Nama Sanggar: RIAUBERAKSI Studio Seni Peran

Alamat Sementara: Komplek Bandar Serai – Pekanbaru

Berdiri sejak bulan Februari 2008
Jumlah anggota lebih kurang 35 org, terdiri atas Mahasiswa, Karyawan, siswa SMU dan SMP, Guru dll.

Karya :
  1. CINTA & PRESIDEN, diangkat dari novel Noorca M. Massardi dan diadaptasi menjadi naskah teater oleh Willy Fwi. Sutradara Willy Fwi

  2. OPERA PULAU IMPIAN, Naskah dan Sutradara Willy Fwi

  3. DELAY (INDONESIA DI RUANG TUNGGU), Naskah dan Sutradara Willy Fwi

  4. BeNGAK!!!, diadaptasi dari lakon “Pakaian dan Kepalsuan” saduran bebas dari cerita sandiwara Rusia yang berjudul “The Man With The Green Necktie”, karya Averchenko. Naskah dan Sutradara Willy Fwi

  5. Beberapa karya Pantomim, Happening Art dan Street Performance pada event Riau Expo, New Year Eve Party, Anniversary & Launching Product.

Terlibat pada beberapa peristiwa kesenian :
  • Temu Budaya Nasional 2010
  • Hitam Putih Music International
  • Gelar karya teater “BANG-BANG YOU’RE DEAD“ oleh Sakti Actor Studio
  • Menyelenggarakan Workshop Teater “NO ACTING PLEASE!“
  • Gelar karya tari “TARI KATA TARI“ oleh PLT Laksemana
  • Temu Zapin Indonesia
  • Parade Tari Prov. Riau
  • Ladang Hati
  • Junjung Seni Riau
  • Temu Teater Mahasiswa Nusantara
  • Workshop Teater di ISI Padang Panjang
  • Mengenang Wisran Hadi di Taman Budaya Padang
  • dll

Catatan: Bengak dalam bahasa Melayu berarti bohong, menipu

Tulisan oleh Bang Fiko ini dipublikasi ulang dari Riaumagz versi 1.0 pada tanggal 23 Desember 2011 jam 16.46.