Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Kedai Kopi Legendaris dan Paling Enak di Pekanbaru, Ada Menu Sarapannya Juga Lho

Mie Pangsit Ayam Merah Kedai Kopi Milenium Pekanbaru

RiauMagz.com - Sebagai orang Pekanbaru, nggak semua kamu tau kan dimana tempat ngopi dan sarapan yang enak di Pekanbaru? Apalagi buat warga pendatang atau wisatawan yang baru sehari dua hari berada di Pekanbaru. Sampai ada yang bilang kalau Pekanbaru nggak punya kuliner khas yang enak, itu sih kebangetan. Contohnya aja kedai kopi Pekanbaru yang ternyata sangat banyak yang enak dan khas ditambah dengan menu sarapan menggoyang lidah.

Dengan sajian menu dan racikan resep kopi melayu, aneka kedai kopi Pekanbaru menyajikan rasa yang sangat khas serta juga menyajikan sarapan yang mengundang selera. Apakah itu mahal? Kalau kamu datang ke resto besar tentu saja mahal, namun usaha kedai kopi dan tempat sarapan murah dan rasanya tak terlupakan ternyata cukup banyak di Pekanbaru.

Dan hebatnya, kedai kopi ini sangat legendaris dan telah ada sejak lama. Konsep kedai kopi sederhana tetapi memiliki brand kedai kopi yang sangat dikenal sanngatlah banyak. Selain kedai kopi kekinian di Pekanbaru, juga terkenal dengan kedai kopi legendaris yang telah ada sejak lama, bahkan sejak jaman kemerdekaan Indonesia baru berkumandang dengan berbagai perubahan nama dan dijalankan secara turun temurun. Mau tau apa saja, yuk di simak beserta alamatnya berikut:
  1. Kedai Kopi Laris
    Namanya memang selaris penjualannya. Kedai kopi yang beralamat di Jl. Dr. Leimena No.26 Senapelan, Pekanbaru ini ternyata sudah berdiri sejak tahun 1950 lho, lebih tua dari kamu kan? Dikelola secara turun temurun oleh keluarga dengan menyajikan racikan menu kedai kopi yang selalu istimewa.

    Pengunjung kedai ini cukup ramai, baik tua maupun muda suka berkunjung ke kedai ini. Bahkan sampai antri lho untuk mendapatkan tempat duduk. Menu yang paling istimewa di kedai ini adalah kopi hitam. Buat pecinta kopi hitam wajib lah mengunjungi kedai kopi satu ini. Selain itu juga ada menu lain seperti bubur ayam, roti srikaya, lontong sayur dan sebagainya. Harganya cukup terjangkau, mulai dari 8000 rupiah saja.

    Kedai kopi yang masih ada hubungan keluarga dengan kedai kopi Kim Teng ini buka setiap hari sejak pukul 06.00 pagi dan akan tutup sampai pukul 5 sore. Lihat pada gambar kedai kopi ini, ternyata merk yang terpampang di depan kedai hanya kecil saja. Tapi keterkenalannya tidak diragukan lagi.

    Kedai Kopi Legendaris dan Paling Enak di Pekanbaru Kedai Kopi Laris

  2. Kedai Kopi Indah Ria
    Masih di area Jalan Juanda, kedai kopi selanjutnya yang bisa kamu kunjungi adalah Kedai Kopi Indah Ria. Tepatnya di Jl. Ir. H. Juanda No.108, Senapelan, Kota Pekanbaru. Kedai kopi ini sudah mulai beroperasi sejak tahun 1970-an yang lalu, sehingga tak heran jika namanya sudah cukup dikenal dan memiliki banyak pelanggan setia. Bahkan banyak pengunjung yang rela antri untuk mendapatkan tempat duduk menikmati sajian menu kedai ini.

    Di kedai ini disajikan menu istimewa diantaranya bubur ikan dengan kaldu ikan toman yang sangat gurih. Bubur ini terbilang unik dan jarang ditemui di kedai-kedai sejenis. Ikan toman merupakan salah satu ikan air tawar yang banyak diolah oleh masyarakat melayu sebagai menu hidangan. Selain itu juga ada lontong, pangsit, mie ayam dan sebagainya. Untuk minuman yang paling dikenal di kedai ini adalah kopi hitam. Umumnya pengunjung menikmati segelas kopi hitam sebagai minuman saat menyantap aneka menu sarapan yang ada. Harga menu makanan di kedai ini mulai dari 8000 rupiah saja.

    Kedai ini juga buka lebih cepat setiap hari, yakni pukul 5.30 pagi dan akan tutup pada pukul 12 siang.

    Kedai Kopi Legendaris dan Paling Enak di Pekanbaru Kedai Kopi Indah Ria

  3. Kedai Kopi Millenium
    Kedai kopi enak lengkap dengan menu-menu makanan ringan ini terletak di Jalan Juanda, Pekanbaru. Kedai kopi ini sudah berdiri sejak tahun 1980-an. Uniknya kedai ini masih mempertahankan struktur bangunan lama dengan meja kursinya. Seolah ingin tetap membawa kesan tradisional dan sederhana pada para pecinta kopi di kedai ini.
     
    Buat kamu yang ingin berkunjung bisa lebih nyaman karena jam bukanya mulai dari pukul 8 pagi sampai 10 malam. Menu unggulan di Kedai Kopi Millenium diantaranya kopi hitam dan kopi susu, nasi goreng, bihun, mie, kwetiaw, mie ayam, pangsit dan sebagainya. Harga mulai dari 8ribu rupiah.

    Kedai Kopi Milenium Pekanbaru Kopi Hitam

    Kedai Kopi Milenium Pekanbaru Kopi Hitam

    Kedai Kopi Legendaris dan Paling Enak di Pekanbaru Kedai Kopi Millenium

  4. Kedai Kopi King
    Buat kamu penyuka bubur ayam dan minuman kopi hangat, silakan mampi di Kedai Kopi King, Pekanbaru. Alamatnya ada di Jl. Ir. H. Juanda No.75. Senapelan, Kota Pekanbaru. Bubur ayam di kedai ini sangat khas, dikenal dengan ‘racikan pak haji’ dan sudah mulai dibuka sejak tahun 1986. Dengan tekstur bubur yang lembut dan kenyal, kuah kaldu yang gurih serta suwiran ayam yang cukup banyak. Dengan rasa dan campuran yang lebih khas ini, tak heran jika bubur ayam di sini dihargai 20 ribu rupiah per porsi, lengkap dengan bahan-bahan tambahan lainnya.

    Selain bubur ayam, ada juga lontong pecal yang sangat khas dengan rasa bumbu kacangnya yang enak. Ditambah dengan aneka sayuran dan kerupuk yang gurih. Untuk kopi, kamu bisa memesan kopi O yang juga cukup khas.

    Untuk bisa menikmati sajian kopi dan menu sarapan di kedai kopi ini setiap hari, Anda harus datang antara pukul 07.00 pagi hingga 12.00 siang, karena selain jam itu, kedai ini tutup.

  5. Kedai Kopi Kola-kola
    Berdiri sejak 1985 dari sebuah ruko sekarang menjadi 2 ruko. Ada aneka Bak Pao atau Pao saja tanpa sajian babi (bak), Pao berisi pilihan dari kacang merah, ayam, daging sapi, kelapa dan kacang tanah yang lezat. Enaknya makan ketika masih panas.

    Buka setiap hari dari jam 06.00 sampai jam 22.00 malam.

    Kedai Kopi Legendaris dan Paling Enak di Pekanbaru Kedai Kopi Kola-kola

  6. Kedai Kopi Megaria
    Berdiri sejak 1970-an di Pekanbaru dengan menu andalan kopi hitam dan menu makanan berupa mie pangsit dan bubur ayam. Juga tersedia lontong dan sate yang enak. Kedai kopi ini buka setiap hari dari jam 06.00 pagi sampai jam 23.00 malam

    Kedai Kopi Legendaris dan Paling Enak di Pekanbaru Kedai Kopi Megaria

  7. Kedai Kopi Kim Teng
    Kedai kopi legendaris ini telah berdiri sejak 1950-an. Kedai ini terkenal dengan kopi hitamnya yang nikmat yang dibuat dari biji (green bean) Kopi Arabica yang didatangkan dari Sungai Penuh, Kerinci Provinsi Jambi sekitar 800kg per bulannya. Biji kopi tersebut dipanggang (roast) sendiri oleh pemiliknya. Pemilik lamanya bernama Tang Kim Teng yang juga merupakan Veteran Republik Indonesia di Pekanbaru.

    Tang Kim Teng telah meninggal dan usaha kedai kopi ini sekarang dijalankan oleh anak cucu keturunannya bernama Awai. Kedai kopi ini sangat terkenal sehingga gambar kedai kopi Kim Teng telah banyak beredar di dunia maya. Di bawah ini merupakan gambar lokasi kedai kopi Kim Teng.

    kedai kopi kim teng lama pekanbaru

    Pertama kali kedai kopi ini berada di sebuah gang kecil di ujung gerbang Pelabuhan Kapal milik PT. Pelindo I di Jl. Saleh Abbas. Kedai kopi lama ini juga bisa dimasuki dari gang kecil lainnya di Jl. Kota Baru. Bangunan Bersejarah Kedai Kopi Kimteng ini yang tidak terurus lagi adalah kedai kopi kimteng yang lama ketika Kimteng masih ada.

    Sekarang kedai kopi ini ini telah dipindahkan anaknya ke Jl. Senapelan tak jauh dari bangunan bersejarah lainnya di Pekanbaru yaitu Mushalla Al-Irsyad, di samping gedung LAM Pekanbaru di Jalan Senapelan.

    Satu ciri khas kedai kopi Kim Teng yang baru adalah banyaknya iklan-iklan yang menempel di dinding dan tiang kedai kopi ini. Jangan heran karena kedai kopi ini telah menjadi etalase iklan bagi banyak produk dan perusahaan.

    Ciri khas kulinernya tetap pada Kopi O atau Kopi Hitam Panas yang dapat dilengkapi dengan roti bakar dengan selai Srikaya yang khas pula. Kedai kopi ini buka sampai sore, tetapi menu sarapan pagi seperti bubur ayam, mie pangsit dan lain-lain hanya tersedia sampai siang hari saja.

    Buka setiap hari dari jam 06.00 pagi sampai sore hari. Untuk menu sarapan hanya sampai siang hari saja. Di bawah ini gambar kedai kopiKim Teng di lokasi yang baru.

    8 gambar Kedai Kopi Legendaris dan Paling Enak di Pekanbaru, Ada Menu Sarapannya Juga Lho
    kedai kopi kim teng pekanbaru

    5 Kedai Kopi Paling Enak dan Legendaris di Pekanbaru, Ada Menu Sarapannya Juga Lho

    Kedai Kopi Legendaris dan Paling Enak di Pekanbaru Kedai Kopi Kim Teng

  8. Kedai Kopi Segar
    Nama Kedai Kopi ini merupakan nama cikal bakal Kedai Kopi Kim Teng itu sendiri di lokasi yang lama. Sekarang terletak di Jl. Senapelan no. 16 Pekanbaru yang tak jauh dari Kedai Kopi Kim Teng baru yang dikelola oleh Awai. Kedai Kopi Segar sekarang dikelola oleh Asun (abangnya Awai) salah seorang anak dari Tang Kim Teng.

    Kedai kopi ini buka dari pagi sampai sekitar jam 12 saja dengan menu andalan tetap pada kopi hitam yang nikmat dan dilengkapi menu lain berupa bubur ayam dengan cakue yang sangat menggoda. Menu lainnya berupa mie pangsit dan roti bakar. Kondisi yang bersih dan tidak bising membuat kedai ini menjadi salah satu favorit di Pekanbaru.
    Kedai Kopi Segar pekanbaru

    Kedai Kopi Legendaris dan Paling Enak di Pekanbaru Kedai Kopi Segar

Inilah Kedai Kopi yang bersejarah di Pekanbaru. Bukan hanya menu dan kenikmatan kulinernya saja, tetapi tetapi lama berdiri dan lokasi bangunannya serta cerita-cerita yang ada di belakangnya. Berwisata kuliner bukan hanya untuk memenuhi cita rasa selera pribadi, tapi bagaimana kamu juga bisa menyajikan informasi yang bermanfaat bagi orang lain. Selamat menikmati kuliner dan kopi enak di Pekanbaru.


Penulis : IGW
Gambar Video Kedai Kopi Milenium Pekanbaru

[RiauMagz | Wisata Riau | Wisata Kuliner Pekanbaru | Kedai Kopi di Pekanbaru Riau ]