Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wisata Air Terjun Tujuh Tingkat Batang Koban di Taluk Kuantan

RiauMagz.com - Kabupaten Kuantan Singingi merupakan salah satu kabupaten di Riau yang kaya dengan objek wisata ar terjun. Salah satu yang sangat terkenal di Kuansing adalah air terjun Tujuh Tingkat Batang Koban. Letaknya berada di Desa Lubuk Ambacang, Kecamatan Hulu Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi, Riau. Bukan hanya terkenal di Riau, air terjun ini pun sudah banyak diliput media-media nasional dan mulai dikunjungi wisatawan regional maupun nasional.

Nama Batang Koban diambil karena air terjun tersebut airnya berjatuhan ke bawah mengenai dinding bebatuan alam yang tinggi dan curam. Air terjun ini memiliki tujuh tingkatan dan setiap tingkatnya memiliki ketinggian yang berbeda. Petualangan yang sangat berkesan sekaligus menantang adalah bila Anda sebagai pengunjung mampu menyusuri seluruh tingkat dari air terjun tersebut.

Bukan hanya memiliki air terjun yang memukau keindahannya, tempat ini yang masuk ke dalam Peta Wisata Kuansing juga dikelilingi hutan tropis dengan berbagai habitat hewan langka. Terdapat 204 jenis satwa burung di tempat ini. Termasuk juga binatang langka yakni burung Cici Matahari dan burung Poksai Kuda. Kedua burung ini sudah langka jumlahnya dan harus dilindungi.

Menikmati Keindahan Wisata Air Terjun Tujuh Tingkat Batang Koban

Keindahan wisata air terjun Tujuh Tingkat Batang Koban ini memang sangat memukau. Akan tetapi karena akses menuju tempat tersebut belum bisa dilakukan melalui jalur darat dan harus menyeberangi sungai, menjadi pertimbangan bagi Anda yang ingin membawa keluarga berwisata ke lokasi air terjun tersebut. Umumnya mereka yang suka berpetualang ke alam bebaslah yang senang berkunjung ke Batang Koban.

Keindahan dan pesona alamnya sangat berkesan. Suasana alam yang masih asri. Deburan air terjun yang bergemuruh di dinding batu alam. Saling bersahutan karena jumlahnya ada tujuh tingkat. Di sekeliling air terjun juga tumbuh pohon-pohon hijau yang menyejukkan mata. Dan bagi Anda yang ingin berenang, sebuah kolam yang jernih tempat air terjun jatuh menjadi lokasi berenang dan bermain air bagi para pengunjung. Di tempat ini Anda bisa menenangkan perasaan, melupakan kepenatan dan masalah yang mungkin membuat kepala Anda pusing.

Di hutan ini, kanopi daun pohon-pohonnya masih rindang sehingga suasana sejuk benar-benar terasa. Sinar matahari tidak langsung jatuh ke kulit dan suasana teduh semakin menambah kesan eksotik.

Anda bisa mengunjungi air terjun pertama dengan ketinggian 5 meter. Pesona cukup memikat dimana air yang jatuh akan mengenai batu-batu besar dan dialirkan langsung ke sungai. Di tingkat kedua, ketinggian air terjun hanya 3 meter. Namun, arus airnya cukup deras dan terdapat sebuah kolam untuk pemandian.

Di tingkat ketiga, ketinggiannya juga 3 meter saja. Di sini Anda bisa melihat patahan-patahan batu alam yang indah di tengah air yang mengalir deras. Sementara untuk tingkat ke empat, menjadi tempat berenang utama bagi para pengunjung. Kesegaran airnya sangat terasa. Di tingkat kelima memiliki ketinggian 5 meter. Untuk mencapainya agak sulit, Anda harus melalui perbukitan yang terjal. Tingkat yang paling menantang untuk dikunjungi adalah tingkat ke enam. Di sini air terjunnya setinggi 30 meter dengan deburan yang keras dan batu-batuan yang lebih terjal. Jika Anda mampu mengunjungi tingkat ini, kepuasan sebagai penjelajah alam akan sangat terasa.

Sementara di tingkat yang terakhir yakni ketujuh, merupakan tempat yang sering dijadikan lokasi mandi balimau oleh masyarakat setempat. Apabila Anda berhasil mencapai ke tingkat yang paling tinggi yakni tingkat ketujuh, maka Anda bisa menyaksikan keindahan sebuah pelangi yang terlihat indah dari atas puncak. Pelangi ini adalah pelangi abadi yang selalu ada sebagai hasil pembiasan cahaya dari percikan air terjun yang selalu jatuh.

Cara Menuju ke Lokasi Air Terjun Tujuh Tingkat Batang Koban, Kuantan Singingi

Bila Anda penasaran dan ingin berkunjung ke air terjun Tujuh Tingkat Batang Koban, ada beberapa rute perjalanan yang harus Anda lalui. Apabila Anda memulai perjalanan dari Kota Pekanbaru, jarak perjalanan yang harus Anda lalui adalah 195 km menuju ke Desa Lubuk Ambacang di Kecamatan Hulu Kuantan, Kuantan Singingi. Lama perjalanan sekitar 5 jam. Bisa menggunakan kendaraan pribadi atau rental.

Atau jika Anda bingung, Anda bisa melakukan perjalanan menuju ke Taluk Kuantan lebih dulu, selama 4 jam. Dari Taluk, perjalanan dilanjutkan menuju Lubuk Jambi (sekitar 1 jam perjalanan). Setelah sampai di Lubuk Jambi, ambil arah Pasar Lubuk Jambi. Setelah pasar tersebut, Anda bisa melihat plank wisata air terjun Tujuh Tingkat Batang Koban. Ikuti arah plank dan perjalanan dilanjutkan menuju Desa Lubuk Ambacang. Pemandangan di kanan kiri cukup indah dengan landscape persawahan.

Setelah sampai di desa tersebut, Anda masih harus menyeberang lagi menggunakan perahu masyarakat selama 20 menit. Biayannya sekitar 300 ribu rupiah. Perahu inilah yang akan mengantarkan Anda ke tempat wisata eksotik air terjun Tujuh Tingkat Batang Koban.

Selain itu, di Taluk Kuantan, anda dapat menyaksikan Pacu Jalur yang telah menjadi kegiatan pariwisata nasional. Anda juga dapat menikmati penampilan musik Randai Kuansing, sebuah kebudayaan Kuansing yang masih terjaga seperti pada video di bawah ini.



RiauMagz, Wisata Riau