-->

Top Kuliner Riau Paling Populer

kue bolu berendam Top Kuliner Riau Paling Populer
RiauMagz.com - Punya rencana ke Riau atau sedang menghabiskan waktu liburan di daerah-daerah yang ada di Riau? Atau Anda memang lagi di Riau? Jangan lupa mencicipi aneka kuliner khas Riau yang lezat dan unik. Kuliner Riau didominasi oleh masakan khas Melayu dengan cita rasa perpaduan rempah yang dominan. Rasanya natural tetapi menyajikan olahan bumbu yang berbeda dari rasa kuliner di daerah lain. Daerah-daerah pesisir di Riau seperti Kabupaten Bengkalis, Kepulauan Meranti hingga daerah daratan seperti Pekanbaru memiliki kuliner yang nikmat dikonsumsi di tempat dan cocok pula dijadikan oleh-oleh.

Top kuliner paling populer di Riau saat ini adalah kuliner Riau yang paling banyak di cari dan dinikmati orang. Kelezatan kuliner tersebut bukan hanya terkenal di masyrakat lokal, tapi sudah menjadi hal yang dinantikan wisatawan nasional dan internasional yang datang ke Riau.

Apa saja top kuliner Riau yang favorit tersebut? Berikut ini urutannya:

  1. Asam Pedas Patin
    Ikan patin dikenal menjadi salah satu kuliner andalan di Riau. Kali ini menempati posisi pertama sebagai kuliner paling diminati wisatawan. Sajian asam pedas ternyata mengalahkan olahan masakan gulai hingga salai. Asam pedas patin yang dimasak dengan bumbu khas Melayu Riau berhasil menjadi kuliner elit dan harganya cukup mahal. Rasanya segar, enak dan cocok dinikmati di musim panas.

    Selain Ikan Patin, sebenarnya gulai asam pedas ini dapat menggunakan Ikan Baung atau ikan lainnya. Tetapi selera masyarakat lebih mengena pada gulai asam pedas ikan patin. Jadi.... coba juga asam gulai dari jenis ikan lainnya.
    Asam Pedas Patin atau Asam Pedas Baung Top Kuliner Riau Paling Populer
  2. Kue Talam Durian
    Salah satu oleh-oleh yang sedang booming di Pekanbaru maupun Riau pada umumnya adalah Talam Durian. Dibuat dengan berbagai kualitas. Bila ingin menikmati Talam Durian kualitas premium, Anda cukup mengalokasikan anggaran 35ribu-50 ribu rupiah. Talam durian merupakan jenis kue lapis yang bagian atasnya berbalut durian lembut dan di bagian bawahnya adalah ketan yang halus. Rasanya enak dan cocok dibawa sebagai oleh-oleh.
    kue talam durian Top Kuliner Riau Paling Populer
  3. Sempolet
    Kalau Anda punya kesempatan berkunjung ke Kepulauan Meranti, jangan lupa menikmati kuliner sempolet. Masakan berupa bubur tepung sagu yang dicampur dengan siput dan berbagai seafood lainnya ini memiliki rasa yang khas dan hanya di temukan di daerah Kepulauan Meranti. Masakan ini bukan hanya enak dinikmati sebagai sajian di meja makan, tetapi juga sering dijadikan sebagai terapi bagi mereka yang sedang sakit maag.
    Top Kuliner Riau Paling Populer Sempolet ataupun Gulai Sagu Lemak
  4. Mie Sagu
    Mie sagu juga menjadi salah satu kuliner khas Riau yang banyak dicari wisatawan. Mie sagu bisa diolah menjadi mie goreng sagu, mie kuah sagu dan sebagainya. Rasanya lembut dan khas. Jika ingin menikmati masakan mie sagu yang enak, Anda bisa datang ke daerah penghasilnya yang asli, salah satunya di Selatpanjang, Kepulauan Meranti.
    mie sagu Top Kuliner Riau Paling Populer
  5. Lapis Nenas
    Kue lapis nenas juga bisa dijadikan sebagai kuliner oleh-oleh. Daerah penghasil nenas di Riau cukup banyak. Selain diolah menjadi keripik, nenas juga diolah menjadi kue lapis yang lumayan mahal harganya. Mau coba oleh-oleh lapis nenas? Anda bisa datang ke toko oleh-oleh yang ada di Riau.
    kue lapis nenas Top Kuliner Riau Paling Populer
  6. Bolu Berendam
    Kuliner bolu berendam merupakan kuliner khas di daerah Indragiri Hulu, Riau. Bolu dengan rasa yang manis dan direndam air gula ini menjadi salah satu makanan khas kerajaan Indragiri pada masa lalu. Warna bolunya kuning dan rasanya sangat manis. Biasa disajikan di acara-acara formal dan menjadi suguhan kuliner kelas premium sekaligus bernilai tradisi.
    Foto tertera paling atas
  7. Sate Ocu Iman
    Kalau Anda penggemar sate, sate ocu Iman masuk dalam daftar top 10 kuliner populer di musim liburan lebaran 2019. Dagingnya yang lezat dan bumbunya yang enak membuat kuliner sate ini masuk dalam daftar kuliner populer di urutan ketujuh.
  8. Ikan Selais
    Ikan selais merupakan salah satu ikan tawar yang terkenal di Riau. Dapat diolah menjadi aneka masakan seperti asam pedas, sambal maupun gulai. Sungai-sungai di Riau banyak yang menghasilkan ikan ini. Harganya pun cukup mahal, per kilonya mencapai 70ribu hingga 80 ribu rupiah. Ikan Selais Sambal Goreng ini sangat menggugah lidah dan selera.
    Top Kuliner Riau Paling Populer Ikan Salai Selais Gorang Balado
  9. Kopi Liberika Meranti
    Salah satu kopi terbaik yang dihasilkan Riau adalah kopi liberika dari daerah Kepulauan Meranti. Rasanya yang sedikit pekat akan terasa lebih lezat jika dicampurkan dengan jenis kopi lainnya. Buat para pecinta kopi yang sedang liburan di Riau, jangan lupa membawa oleh-oleh kopi liberika Meranti.
    liberika meranti 10 Top Kuliner Riau Paling Populer
  10. Mie Kuah Udang
    Mie kuah udang juga cukup populer di Riau. Hampir mirip dengan mie lendir yang ada di Kepulauan Riau. Mie dengan campuran kuah seafood, toge, kentang hingga timun ini menjadi makanan pendamping makanan berat yang menarik untuk dicicipi. Rasanya gurih, lezat dan cukup mengenyangkan.

Selain kuliner-kuliner di atas, masih banyak lagi kuliner makanan khas Riau yang enak dan wajib Anda cicipi. Seperti misalnya ikan baung, lempuk durian, bolu komojo, aneka minuman khas Riau dan sebagainya. Untuk oleh-oleh kua khas Riau yang favorit misalnya kue bangkit, talam labu, sus durian dan masih banyak lagi yang lainnya. Selamat mencoba.

Inilah daftar makanan, kue maupun minuman khas melayu Riau favorit lainnya :

  1. Gulai Ikan Baung
  2. Gulai Ikan Salai Pucuk Ubi
  3. Gulai Pucuk Ubi Tumbuk Kincong/Kincung/Kecombrang
  4. Gulai Tempoyak Ikan Patin atau Ikan Baung
  5. Pindang Senangin (Indian Salmon Fish)
  6. Gulai Siput Sedot Khas Riau (Siput Cucut)
  7. Gulai Umbut Rotan dan Anyang Pangkek
  8. Goreng Ikan Selais
  9. Salai Ikan Selais
  10. Salai Ikan Patin
  11. Pais Udang
  12. Pindang Jamur
  13. Sayur Asam
  14. Sambel Goreng Jamur
  15. Sambal Belacan
  16. Sambal Cencalok
  17. Laksa Terempa
  18. Laksa Kuah
  19. Gendar Ketan Hitam
  20. Kepughun/Kepughon/Kepurun yang mirip Papeda
  21. Nasi Lemak, Nasi Kunyit dan Nasi Dagang
  22. Nasi Goreng Kampung Ikan Asin
  23. Nasi Goreng Bilis (Ikan Teri)
  24. Lempeng Sagu
  25. Sate Ikan Senapelan
  26. Roti Jala Kari Ayam ataupun Kuah Durian
  27. Roti Canai atau Roti Cane atau Roti Prata India
  28. Roti Canai Tisu
  29. Bubou Lambok, Bubur Lambok, Lambouk, Lambuk
  30. Lempuk Durian
  31. Kue Bolu Kemojo
  32. Kue Bangkit
  33. Kue Bangket Durian
  34. Kue Bangket Jeruk Nipis
  35. Kue 8 Jam
  36. Kue Talam Labu
  37. Kue Sus Durian
  38. Selai Serikaya
  39. Selai Pandan
  40. Lenggang
  41. Rujak Maharaja
  42. Juice Tiga Rasa
  43. Juice Jagung Manis
  44. Laksamana Mengamuk
  45. Air Mata Pengantin
  46. Es Merah atau Es Gunung
  47. Es campur Kacang Merah
  48. Es Jeruk Kelapa
  49. Es Durian
  50. Es Asam Somboy/Sun Boi/kiamboy (salted dried plum/prune candy)
  51. Es Lancang Kuning
  52. Es Degup-degup
  53. Es Lilin Mutiara
  54. Teh Serai
  55. Teh Tarik
  56. Kopi Tarik

Selain itu, madu hutan Riau juga sangat terkenal dan menjadi pemasok madu bagi produk terkenal MLM yang penjualan ke seluruh dunia. Madu Riau yang terkenal dan berkhasiat baik adalah madu yang diproduksi lebah yang hidup di Pohon Sialang, sehingga madu tersebut pun dikenal dengan nama Madu Sialang.

Sumber :
Sultan Resto
Pekanbaru Kuliner (Albaretta)
Kue Talam Viera Pekanbaru
Sempolet Cik Awang
Lapis Nenas Nur Wijaya
Sagu Kak Wati
Bolu Berendam Embung Zam
Kopi Liberika dari Instagram @KopiCurah


RiauMagz, Wisata Riau dan Makanan Khas Riau dilengkapi dengan penganan khas Riau serta minuman khas Riau.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel