-->

Jenis Kue Kering Khas Melayu Riau, Cocok untuk Menu Lebaran

Jenis Kue Kering Khas Melayu Riau, Cocok untuk Menu Lebaran
RiauMagz.com - Riau dengan kuliner makanan khas Melayu tidak hanya kaya dengan menu-menu masakan favorit, beberapa jenis kue kering daerah juga menjadi sajian makanan nikmat yang perlu kamu coba saat berkunjung ke Riau.

Masakan lezat khas Riau seperti gulai dan asam pedas patin, asam pedas baung, ikan salai, rendang pucuk ubi, aneka pindang dan sebagainya adalah menu-menu makan basah yang lezat dinikmati saat kamu berkunjung ke Riau. Selain itu terkenal juga dengan berbagai minuman khas melayu Riau seperti Laksamana Mengamuk ataupun Air Mata Pengantin atau juga Es Samudera yang menyegarkan dan tak lupa Es Lilin Mutiara.

Namun, saat kamu ingin pulang ke daerah membawa oleh-oleh khas Riau, atau kamu rindu makanan ringan khas Melayu Riau, ada beberapa jenis kue kering khas Melayu Riau atau makanan ringan lainnya yang bisa tahan lama untuk dibawa pulang, termasuk untuk menu kue hidangan lebaran khas Riau. Yup, kue kering dan makanan ringan khas Melayu ini banyak dijumpai ketika musim lebaran Hari Raya tiba. Bahkan macam macam jenis kue itu pun tidak ditemui pada hari biasa. Apa saja contoh macam macam kue kering khas Melayu Riau, termasuk beberapa makanan ringan lainnya?
  1. Kue Bangkit Melayu
    Kue kering khas Melayu Riau yang paling populer adalah kue bangkit. Kue ini terbuat dari campuran tepung kanji, gula, telur, dan sebagainya yang diramu sedemikian rupa dan dipanggang menggunakan oven sehingga kering seperti kue kering pada umumnya. Teksturnya rapuh dengan rasa manis yang khas. Kue bangkit sangat populer menjadi menu hidangan kue lebaran karena bisa dinikmati dalam waktu yang lebih lama. Kue ini juga menjadi salah satu menu oleh-oleh andalan khas Riau yang bisa kamu temukan di toko oleh-oleh khas Riau.
    Jika ingin merasakan nikmatnya kue bangkit buatan orang Melayu asli untuk menu lebaran, sebaiknya kamu memesannya langsung di pembuatan kue rumahan yang biasanya banyak ditawarkan pengusaha kue di daerah. Kue buatan pribadi biasanya menawarkan komposisi bahan-bahan yang lebih terjamin sehingga cita rasanya pun lebih lezat. Nama ‘bangkit’ ini mencerminkan bentuk kuenya yang terlihat sedikit retak pada bagian atas karena mengembang saat dibakar. Semua daerah di Riau memiliki ciri khas tersendiri terhadap kue bangkit ini.
  2. Lempuk Durian
    Lempuk durian sebenarnya tidak kering, tetapi cukup tahan lama dalam kemasan. Cocok dijadikan menu oleh-oleh mudik ke kampung halaman atau bahkan jadi sajian menu hidangan kue lebaran. Lempuk atau dodol durian banyak dibuat di daerah Bengkalis. Lempuk durian dari Bengkalis cukup terkenal dengan cita rasa durian yang lebih terasa. Secara harga lempuk durian ini memang cukup mahal. Ukuran kecil yang dikemas dalam bungkusan pendek harganya bisa mencapai Rp30ribu. Namun, kamu tak perlu khawatir, sebab mencicipi satu irisan lempuk durian ini sudah cukup membuat lidah kamu bergoyang menikmati kelezatannya. Terlebih untuk kamu pecinta durian. Lempuk durian banyak dijual di supermarket di Pekanbaru, gerai oleh-oleh khas Riau atau kamu bisa memesan langsung di pusat produksinya di daerah Bengkalis.
  3. Kue Bawang Melayu
    Kue kering dengan cita rasa keharuman bawang goreng yang lezat dan khas bisa kamu nikmati dari kue bawang Melayu. Kue bawang ini terbuat dari bahan tepung terigu, bawang goreng, seledri, bumbu gurih. Sebagian orang menggunakan tambahan bahan santan dan telur. Rasa yang khas dari kue bawang Melayu ini adalah teksturnya yang lebih tipis, renyah, aroma bawang yang lebih terasa. Karena rasanya yang gurih dan tidak manis, kue bawang menjadi salah satu kue favorit lebaran yang tidak membosankan. Cemilan di hari pertama lebaran, sampai hari-hari lebaran selesai, kue bawang tetap lezat untuk dinikmati. Saat menjelang lebaran tiba, akan banyak industri kue rumahan yang menawarkan kue bawang khas Melayu. Tak perlu menunggu lebaran bahkan, kue bawang ini juga menjadi salah satu menu oleh-oleh yang bisa kamu dapatkan di gerai-gerai oleh-oleh khas Riau. Semua daerah di Riau memproduksi kue bawang ini, tetapi Kue Bawang Melayu asal Rengat memiliki ciri khas tersendiri khususnya pada rasa dan kerenyahannya. Sehingga kue bawang Rengat ini pun banyak dibeli untuk dibawa ke daerah lain.
  4. Kue Lidah Kucing
    Kamu penggemar kue mentega? Kue lidah kucing bisa jadi pilihan kamu saat lebaran maupun menu cemilan harian. Kue lidah kucing rasanya manis dan renyah. Sedikit campuran keju dan susu yang membuat rasa manisnya semakin khas. Kue ini termasuk jenis kue kering premium dengan harga yang lebih mahal di atas rata-rata. Sebab rasanya memang sangat menggugah selera. Bentuknya mirip lidah, sedikit panjang dengan warna kuning mentega keju yang khas. Satu toples kue ini dijual hampir Rp80.000,00. Pemesanan kue ini biasanya dilakukan di industri kue kering rumah tangga yang biasanya banyak ditawarkan menjelang lebaran tiba. Kue ini juga sangat cocok jadi oleh-oleh pulang kampung. Rasanya lezat dan termasuk kue kering yang berkelas.
  5. Keripik Nangka
    Kue kering selanjutnya yang juga khas dari Riau adalah keripik nangka. Kalau Malang punya keripik apel, maka di Riau kamu bisa menikmati keripik nangka. Nangka basah dikeringkan dan disajikan dalam bentuk keripik dengan rasa yang renyah. Keripik nangka ini termasuk kue kering berkelas dengan harga yang cukup mahal. Biasanya menjadi salah satu menu oleh-oleh wisatawan yang datang ke Riau. Rasa nangkanya tidak terasa lagi, sedikit renyah dengan keharuman yang terasa semakin khas. Kamu ingin coba keunikan keripik dari buah nangka tersebut?
  6. Keripik Nenas
    Selain nangka, buah nenas juga menjadi salah satu keripik khas yang jadi andalan orang Melayu Riau. Keripik ini banyak diproduksi di daerah Kampar sekitar daerah Rimbo Panjang maupun daerah Kualu Nenas sebagai salah satu daerah pusat penghasil nenas. Daerah lain di Riau juga memproduksi keripik nenas ini.
    Cara membuat keripik nenas ini sebenarnya mudah yaitu Nenas basah dipotong-potong dan dikeringkan hingga kadar airnya hilang. Pengeringan dapat dilakukan menggunakan alat pengering khusus. Selanjutnya potongan nenas akan berbentuk menyerupai keripik kering yang renyah. Rasanya masih seperti nenas tetapi lebih lezat dengan ukuran rasa manis dan asam yang pas. Jika ingin mendapatkan keripik nenas yang lezat tersebut, kamu bisa mencarinya di gerai oleh-oleh khas Riau. Harganya cukup mahal, tetapi rasanya unik dan sangat pas dijadikan oleh-oleh karena rasanya yang tak biasa.
  7. Kacang Pukul
    Kue kacang khas Riau lebih dikenal dengan nama kacang pukul merupakan makanan khas dari Bagan Siapi-api, Rokan Hilir Riau. Makanan ini sebenarnya diwariskan oleh masyarakat Tionghoa yang ada di daerah tersebut. Komposisi kue ini terbuat dari kacang tanah, gula, dan sedikit garam yang dihaluskan sedemikian rupa. Selanjutnya setelah lumat dan menyatu, kacang tersebut dipotong-potong kecil. Rasa kacang tulen, cocok untuk kamu penggemar kue kacang.
  8. Dodol Kedondong
    Jika Bengkalis dikenal dengan lempuk durian, maka Rengat, Indragiri Hulu memiliki kue dodol dengan rasa yang khas yakni rasa kedondong. Dodol kedondong rasanya sedikit asam, rasa kedondong. Namun, rasa asam ini terasa khas dan lezat serta tidak membuat eneg layaknya makanan dodol pada umumnya. Kamu bisa menikmati dodol kedondong ini saat lebaran atau dijadikan oleh-oleh saat berkunjung ke Rengat.
  9. Peyek Ikan Selais
    Ikan selais termasuk ikan air tawar dengan harga yang cukup mahal di Riau, hampir menyentuh angka Rp100 ribu per kilogramnya. Kamu bisa merasakan kelezatan ikan air tawar ini dalam makanan kering peyek.
    Peyek ikan selais dengan kemasan premium ini bisa kamu dapatkan di gerai-gerai oleh-oleh Pekanbaru. Rasanya sudah pasti renyah, gurih dan lezat. Tak sama dengan ikan-ikan yang pernah kamu cicipi sebelumnya.
  10. Keripik Keju
    Buat kamu penggemar keju, tak ada salahnya mencicipi kelezatan keripik keju khas Riau yang benar-benar membuat lidah kamu bergoyang. Keripik keju ini memiliki rasa gurih yang tidak membosankan. Bukan hanya lezat dinikmati pada saat lebaran, keripik keju ini juga sangat cocok jadi cemilan perjalanan. Di supermarket, gerai oleh-oleh atau bahkan industri kue rumahan banyak ditawarkan kue keju dengan komposisi keju yang dominan. Rasanya lezat dan dijamin bikin kamu nagih rasanya.

Jangan lupa, ada banyak macam jenis kue kering atau jenis makanan ringan khas melayu Riau lainnya. Terkadang ada kemiripan dari kue-kue tersebut, misalnya kue Bolu Kemojo khas melayu itu tersebar di berbagai daerah. Masing-masing daerah memiliki kekhasan dari kue yang terkenal dan favorit tersebut. Termasuk kue kering yang memiliki berbagai resep kue kering dan cara memasak yang berbeda antar daerah. Inilah daftar kue kering atau makanan ringan khas Melayu Riau dari berbagai kota dan kabupaten termasuk aneka kue kering jadul yang ada sejak dulu kala maupun kreasi masak kue kering dan makanan ringan yang baru :
  1. Kue Abuk-abuk Sagu
  2. Kue Sagon-sagon
  3. Kue Bolu Kemojo
  4. Kue Buah Melaka
  5. Kue Talam Durian
  6. Kue Talam Lapis Ubi
  7. Kue Lapos Nenas
  8. Kue Pancake Durian
  9. Kerupuk Ikan Tenggiri
  10. Kue Kembang Goyang
  11. Kue Putu Satu (dari kacang hijau)
  12. Kue Putu Satu
  13. Kue Semprong
  14. Kue Wijen Ciput
  15. Kue Semprit
  16. Kue Jahe
  17. Kue Lumpur
  18. Kue Potong Kacang
  19. Kacang Telor
  20. Kacang Tojin
  21. Gelamai
  22. Lemang Tapai
  23. Wajik
  24. Roti Jala
  25. Roti Jala Tisu
  26. Roti Canai atau Roti Prata
  27. Pastel atau Karipap Ikan Patin

  1. Pulut Kucung khas Kuansing
  2. Batih atau Bertih atau Kipang (beras ataupun pulut) khas Kuansing
  3. Kare-kare Kuantan Mudik khas Kuansing 
  4. Konde Cik Puan khas Kuansing
  5. Pia Mahligai Raja khas Kuansing
  6. Batu Permata Sungai Rokan khas Kuansing
  7. Gadih Berondok khas Kuansing
  8. Gelamai Kuantan khas Kuansing
  9.  Kue Konji Berayak khas Kuansing
  10.  Bajik Lopuar khas Kuansing

  1. Kue Hasidah khas Rengat
  2. Bolu Berendam khas Rengat
  3. Keripik Bawang khas Rengat
  4. Kue Lanting Sagu khas Rengat
  5. Dodol Kedondong khas Rengat
  6. Dodol Nangka khas Rengat
  7. Dodol Sirsak khas Rengat

  1. Lemang Basuong khas Kampar
  2. Pinyaraman khas Kampar
  3. Lopek Bugi khas Kampar
  4. Kue Palito Daun khas Kampar
  5. Oluo khas Kampar
  6. Kue Roda khas Kampar
  7. Galu-galu khas Kampar

  1. Oie Talas khas Bagansiapiapi
  2. Cicongpan khas Bagansiapiapi
  3. Keripik Kepiting khas Bagansiapiapi
  4. Kue Phong-phong khas Bagansiapiapi
  5. Kue Manco khas Bagansiapiapi
  6. Kacang Pukul khas Bagansiapiapi
  7. Bolu Ubi Kacang atau Kue Coa khas Bagansiapiapi
  8. Kue Denderam atau Kue Deram-deram khas Bagansiapiapi
  9. Kue Belinjo khas Bagansiapiapi
  10. Belacan Bagan

  1. Kue Sopik khas Pasir Pengarayan
  2. Kue Buah Inai khas Pasir Pengarayan
  3. Kue Bangkit Rambah khas Pasir Pengarayan
  4. Sonop Ompiang khas Pasir Pengaraian
  5. Sonop Pisang khas Pasir Pengaraian
  6. Ulek-ulek khas Pasir Pengaraian
  7. Lopek Pegu khas Pasir Pengaraian
  8. Lopek Buluoh khas Pasir Pengaraian
  9. Lopek Kutakuo khas Pasir Pengaraian
  10. Porio khas Pasir Pengaraian
  11. Tak Talam khas Pasir Pengaraian
  12. Tobu Kabong khas Pasir Pengaraian
  13. Klamai Gegek khas Pasir Pengaraian

Jenis Kue Kering Khas Melayu Riau, Cocok untuk Menu LebaranSagu Lemak
  1. Kue Hamparan Tatak khas Tembilahan
  2. Sagu Lemak Banjar khas Tembilahan
  3. Sagu Batik khas Tembilahan
  4. Sagu Telur khas Tembilahan
  5. Amplang Udang khas Tembilahan
  6. Kue Ubi Ungu Goreng khas Tembilahan
  7. Kue Bingka khas Tembilahan
  8. Kue Srikaya khas Tembilahan
  9. Kue Cakar Ayam khas Tembilahan
  10. Keripik Pisang khas Tembilahan
  11. Kue Kembang Loyang khas Tembilahan
  12. Kue Talam Pandan atau Gula Merah khas Tembilahan
  13. Kue Semprong Inhil khas Tembilahan

  1. Keripik Cabe khas Dumai
  2. Dadar Gulung khas Dumai
  3. Abon Lele khas Dumai
  4. Setik Lele khas Dumai
  5. Proll Bukit Timah
  6. Proll Medang Kampai
  7. Pie Pelintung

  1. Lempuk Durian Asli Bengkalis
  2. Kerupuk Amplang khas Bengkalis
  3. Manisan Buah Ceremai khas Bengkalis
  4. Keripik Ubi Sambal Teri khas Bengkalis
  5. Belacan Meskom
  6. Kue Gapit khas Bengkalis
  7. Kue Kepang Berpilin khas Bengkalis
  8. Kerupuk Sagu khas Bengkalis
  9. Sagu Rendang khas Bengkalis
  10. Pia Melayu khas Bengkalis
  11. Kue Roti Abon Gulung khas Bengkalis
  12. Kue Kacang Hitam khas Bengkalis
  13. Kue Kacang Merah khas Bengkalis
  14. Kue Pingpong khas Bengkalis
  15. Kue Roti Potong khas Bengkalis
  16. Kue Keladi khas Bengkalis
  17. Kue Bijan khas Bengkalis
  18. Kue Pastel Serundeng khas Bengkalis
  19. Kue Bangkit Santan khas Bengkalis
  20. Kue Bangkit Sagu khas Bengkalis
  21. Kue Apam khas Bengkalis
  22. Kue Satu Lapis Bijan khas Bengkalis

  1. Kue Nam Hiong atau Pong pia nam hiong khas Meranti Selatpanjang
  2. Sesagon khas Meranti Selatpanjang
  3. Srikaye Ketulang Sagu khas Meranti Selatpanjang
  4. Anta Sukma Sagu Rendang khas Meranti Selatpanjang
  5. Bolu Keju Sagu khas Meranti Selatpanjang
  6. Bolu Sagu Naga Merah khas Meranti Selatpanjang
  7. Kue Kerucut Sagu khas Meranti Selatpanjang
  8. Kue Kelapa Sagu khas Meranti Selatpanjang
  9. Kue Pandang Sagu khas Meranti Selatpanjang
  10. Kue Susu Sagu khas Meranti Selatpanjang
  11. Cokelat Chips Sagu khas Meranti Selatpanjang
  12. Cokelat Kacang Sagu khas Meranti Selatpanjang
  13. Sagu Kulit Manis khas Meranti Selatpanjang
  14. Milo Sagu Renyah khas Meranti Selatpanjang
  15. Sagu Jahe khas Meranti Selatpanjang
  16. Kue Sagu Buah khas Meranti Selatpanjang
  17. Sagu Kacang Nanas khas Meranti Selatpanjang
  18. Sagu Dua Rasa khas Meranti Selatpanjang
  19. Sagu Kacang khas Meranti Selatpanjang
  20. Sagu Wijen khas Meranti Selatpanjang
  21. Semprit Sagu Keju Pandan khas Meranti Selatpanjang
  22. Sukade Sagu khas Meranti Selatpanjang
  23. Sagu Hitam Putih khas Meranti Selatpanjang
  24. Sagu Lemak khas Meranti Selatpanjang
  25. Sagu Rendang khas Meranti Selatpanjang
  26. Sakakpia Taosa Asin khas Meranti Selatpanjang
  27. Opak Asin, Cabe Merah, Cabe Hijau, Kunyit khas Meranti Selatpanjang

  1. Kue Bakar Bangkit khas Siak
  2. Madu Kelulut Siak
  3. Kue Roiko khas Siak
  4. Tapai Ketan khas Siak
  5. Kue Pasir Eropa khas Siak
  6. Kue Bolu Kemojo khas Siak

Sebenarnya masih panjang lagi daftar kue kering dan makanan ringan khas Melayu Riau yang tersebar di berbagai daerah ini. Ada bentuknya sama tapi nama berbeda. Ada yang bentuknya berbeda tapi namanya sama, dan beragam hal lainnya.
 
Sudah punya menu cemilan atau suguhan kue lebaran tahun ini? Kue-kue kering khas Melayu Riau di atas bisa jadi referensi pilihan kamu dan dapat dibeli di toko oleh-oleh di Pekanbaru. Selamat menikmat dan berburu kuliner.



RiauMagz, Wisata Riau

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel