Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Objek Wisata Air Terjun Tertinggi di Sumatera

5 Objek Wisata Air Terjun Tertinggi di Sumatera

Wisata Air Terjun di Sumatera
RiauMagz.com - Objek air terjun menjadi destinasi yang sangat menarik untuk dikunjungi. Salah satu jenis wisata alam favorit banyak orang yang sering dikunjungi adalah air terjun. Meskipun untuk mencapai destinasi air terjun biasanya harus menempuh medan yang sulit. Namun kepuasan batin akan kita rasakan saat telah melihat kucuran air alam yang deras dan menyejukkan.

Pulau Sumetera memiliki keistimewaan, karena di pulau inilah terdapat air terjun tertinggi di Indonesia, tepatnya di daerah Sumatera Utara. Selain itu, beberapa daerah lain seperti Sumatera Barat yang juga dikenal dengan wisata alamnya, hingga Riau yang lebih dikenal dengan cuaca panasnya, ternyata juga memiliki objek wisata air terjun dengan ketinggian yang lumayan. Air terjun tinggi ini disebabkan karena Pulau Sumatera memiliki Bukit Barisan yang memanjang dari Aceh sampai ke Lampung. Hal inilah yang menyebabkan Sumatera banyak memiliki air terjun.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa air terjun di Sumatera dengan ketinggian yang maksimal dan menarik dijadikan sebagai tujuan wisata:
  1. Air terjun Si Gura-gura - Sumatera Utara
    Air terjun si gura-gura menjadi kebanggaan masyarakat Sumatera Utara karena merupakan air terjun tertinggi di Indonesia. Ketinggian air terjun ini mencapai 250 meter. Terletak di daratan tinggi tepian Danau Toba, atau tepatnya berada di Kabupaten Toba Samosir. Turis yang berkunjung ke Danau Toba biasanya juga akan menyempatkan diri berkunjung ke air terjun tersebut, merasakan kesejukan air yang mengalir turun dari dinding yang curam. Air terjun ini bersumber dari Sungai Asahan. Tampak seperti air terjun raksasa yang mengeluarkan bunyi dentuman sangat keras. Air terjun ini juga disebut air terjun Ponot.

    Air terjun Si Gura-gura - Sumatera Utara
    Foto : https://sipohonlontar.blogspot.co.id

  2. Air terjun Payakumbuh, Ngarai Harau - Sumatera Barat
    Air terjun Payukumbuh Ngarai Harau terletak di Sumatera Barat. Menjadi salah satu icon wisata Sumbar yang sangat terkenal. Air terjun ini memiliki ketinggian 150 meter dan terletak di tepi jurang yang dalam dengan di bagian bawahnya sebuah lembah yang menjadi destinasi wisata. Wisata lembah Harau dikenal menyajikan salah satu air terjun tertinggi di Pulau Sumatera tersebut. Memiliki 4 air terjun yang berdekatan dalam kawasan Lembah Harau yaitu Air Terjun Akar Berayun, Air Terjun Sarasa Bunta, Air Terjun Sarasa Luluh, dan Air Terjun Sarasa Murai.

    Air terjun Payakumbuh, Ngarai Harau - Sumatera Barat
    Foto : User Google Local Guide : Rocky Jakob

  3. Air terjun Batang Kapas di Lubuk Bigau - Riau
    Air terjun Lubuk Bigau memiliki ketinggian yang sama dengan air terjun Payakumbuh yakni 150 meter, namun masih sedikit dikunjungi orang sebagai destinasi tempat wisata. Air terjun ini terletak di daerah Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Untuk bisa sampai ke lokasi air terjun, pengunjung harus sampai ke Desa Pangkalan Kapas lebih dulu, tepatnya di Kecamatan Kampar Kiri Hulu.

    Dari desa tersebut pengunjung harus berjalan kaki selama kurang lebih 2 hingga 3 jam perjalanan melintasi perkebunan warga, sungai-sungai hingga pemandangan hutan yang masih asri. Akses yang masih sulit inilah membuat air terjun Lubuk Bigau masih jarang dikunjungi wisatawan. Selain itu, kondisi air terjun di tempat ini juga masih membutuhkan banyak perawatan hingga menarik untuk dikunjungi banyak wisatawan.

    Air terjun Batang Kapas di Lubuk Bigau

    Air terjun Batang Kapas di Lubuk Bigau
    Foto : BertuahTv, RiauDaily, RiauMagz, Arika Harmon, Rani, Ulung, dkk

    Silahkan baca :
    >>> Riau Memiliki Air Terjun Tertinggi di Sumatera

  4. Air terjun Sipiso-piso - Sumatera Utara
    Air terjun sipiso-piso terletak di Dusun Hutabaringi, Desa Tongging, Kecamatan merk, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Memiliki ketinggian yang membuat air terjun ini masuk dalam daftar 10 air terjun tertinggi di Indonesia, yakni 120 meter. Berada di daerah perbukitan dengan ketinggian 800 dpl dan dikelilingi dengan hutan pinus yang indah. Nama sipiso-piso diambil dari nama gunung yang ada di dekat kawasan tersebut, gunung Dolok Sipso-Piso dengan ketinggian 1.860 dpl. Berkunjung ke Danau Toba bisa sekalian Anda lakukan dengan mengunjungi destinasi air terjun sipiso-piso tersebut.

    Air terjun Sipiso-piso - Sumatera Utara
    Foto : http://bckualanamu.beacukai.go.id

  5. Air terjun Curup Tenang, Bedegung - Sumateera Selatan
    Air terjun ini terletak di Desa Bedegung, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan. Memiliki ketinggian 99 meter dengan pemandangan hijau dan deburan air yang sangat indah. Keistimewaan air terjun ini bisa dikunjungi dengan akses jalan yang cukup mudah, bisa menggunakan kendaraan roda empat. Hanya sekitar 2 jam perjalanan dari pusat Kota Palembang, pengunjung sudah bisa sampai di kawasan wisata alam favorit di Sumatera Selatan tersebut.

    Air terjun Curup Tenang, Bedegung - Sumateera Selatan
    Foto : User Youtube Sumatera Selatan

Mengunjungi wisata alam air terjun memang menjadi kesukaan tersendiri bagi beberapa orang. Sentuhan alam memberikan ketenangan batin dari segala hiruk pikuk suasana kota. Petualangan pun menjadi alasan banyak orang untuk memilih wisata air terjun. Dengan akses jalan yang baik, air terjun juga cocok dijadikan sebagai tempat wisata keluarga di hari libur. Data ketinggian air terjun di Sumatera ini didapat dari berbagai sumber yang berbeda-beda ukuran ketinggiannya. Perlu dilakukan pengukuran ketinggian air terjun supaya didapat data yang lebih valid.

[ RiauMagz | Wisata Riau | Wisata Air Terjun ]