Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keindahan Pantai Pulau Jemur - Wisata Rokan Hilir

Keindahan Pantai Pulau Jemur - Wisata Rokan Hilir

Wisata Pulau Jemur Menikmati Keindahan Panorama Pulau Jemur
Objek wisata Pulau Jemur yang tercantum dalam Peta Wisata Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) - Tourism Map of Rokan Hilir - Riau - Indonesia, bisa dikatakan sebagai objek wisata andalan Kabupaten Rokan Hilir, Riau. Sebagai salah satu daerah yang memiliki potensi wisata bahari yang prospek, Rokan Hilir memiliki pulau yang masih alami dan memiliki keindahan laut yang cukup terkenal. Pulau Jemur merupakan gugusan pulau yang terdiri dari Pulau Tekong Simbang, Pulau Tekong Emas, Pulau Labuhan Bilik dan pulau-pulau kecil lainnya yang memiliki suasana pantai yang sangat indah.

Dengan luas mencapai 250 hektar, kawasan Pulau Jemur berbatasan langsung dengan Selat Malaka. Lokasinya berada di Kecamatan Pasir Limau Kapas, Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau. Pulau Jemur terletak sekitar 45 mil dari pusat Kota Bagansiapi-api. Berbatasan langsung dengan negara Malaysia serta Provinsi Sumatera Utara. Pulau ini disebut juga dengan istilah ‘pak-ku’ yang dalam bahasa Hokkian artinya penyu dari utara. Di kawasan laut yang ada di pulau ini memang kaya dengan habitat penyu. Bila ingin melihat penyu hijau yang berukuran besar juga bisa dilihat di laut atau pantai yang ada di Pulau Jemur.

Pada musim-musim tertentu, penyu yang ada di laut akan naik ke daerah pantai dan bertelur sebanyak 100 hingga 150 butir per ekor. Penyu ini akan mudah dilihat dan muncul ke daratan terutama pada malam hari. Pemandangan indah istimewa yang bisa Anda saksikan di tempat wisata tersebut.

Keistimewaan pantai yang ada di Pulau Jemur adalah suasananya yang lebih tenang dan masih asri. Jauh dari hiruk pikuk keramaian kota. Dari pulau ini juga bisa dilihat pemandangan negeri seberang. Sebagai daerah terluar, pulau ini perlu mendapatkan perhatian serius dari pemerintah dalam hal pengembangan dan penjagaan.

Di pulau terdapat beberapa tempat menarik yang bisa dikunjungi, diantaranya kawasan pantai berpasir kuning emas dengan warna air kebiruan, goa jepang, perigi tulang, sisa-sisa bangunan pertahanan Jepang, menara suar dan banyak lagi yang lainnya. Kawasan pulau ini juga sangat prospek dijadikan sebagai pusat wisata resort yang menarik kalangan wisatawan. Di sini cukup potensial dikembangkan sebagai pusat wisata bahari seperti berselancar, menyelam, dayung dan sebagainya.

Meskipun memiliki berbagai potensi alam yang menarik, kondisi fasilitas wisata di pulau ini masih terus perlu pengembangan. Mulai dari transportasi menuju ke pulau, jaringan telekomunikasi di pulau seperti tower sinyal hanphone, pelabuhan dan dermaga yang memadai, berbagai mess yang bisa dijadikan tempat bermalam pengunjung dan perawatan kawasan wisata alam beserta fasilitas di tempat seperti toilet, tempat peristirahatan, sajian kuliner dan sebagainya. Ini merupakan fasilitas penunjang yang harus terus ditingkatkan oleh pemerintah untuk membantu menarik minat wisatawan datang ke pulau tersebut.

Keindahan Pantai Pulau Jemur - Wisata Rokan Hilir

Cara Menuju ke Lokasi Wisata Pulau Jemur
Untuk bisa sampai ke daerah wisata di Rokan Hilir tersebut, Anda harus melakukan perjalanan lebih dulu menuju ke pusat ibu kota, Bagansiapi-api. Dari Pekanbaru, Kota Bagan bisa ditempuh dalam rentang waktu 6 hingga 7 jam perjalanan normal. Bisa menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum seperti travel. Untuk kenyamanan berwisata, Anda juga bisa rental mobil dari daerah tempat tinggal Anda.

Setelah sampai di pusat kota Bagansiapi-api, Anda bisa melanjutkan perjalanan menyebrangi perairan menggunakan speed boat dengan lama perjalanan normal sekitar 2 jam. Barulah Anda akan sampai di kawasan pulau wisata sebagai daerah terluar Provinsi Riau yang berbatasan dengan Malaysia. Karena perjalanan yang cukup panjang, kawasan ini kurang cocok dijadikan sebagai lokasi wisata keluarga. Lebih cocok dikunjungi oleh para pecinta alam sejati, para peneliti atau penulis yang ingin merekam banyak hal di pulau yang indah tersebut.

Untuk perjalanan yang lebih mengesankan, Anda bisa membawa perbekalan makanan yang dibeli di pusat ibu kota Bagansiapi-api. Jangan lupa juga membawa peralatan kesehatan selama perjalanan. Bagi Anda yang tak biasa menempuh perjalanan laut harus sedikit menguatkan stamina selama perjalanan. Namun kepenatan akan berakhir dengan suguhan pemandangan pulau yang masih asri dan alami. Menikmati pantai yang jernih dengan pemandangan lautnya yang masih alami.

Foto dan Video Pulau Jemur Rohil : www.LensaWisata.com



[RiauMagz | Wisata Riau | Wisata Rokan Hilir]