Riau Memiliki Air Terjun Tertinggi di Sumatera

Air Terjun Batang Kapas
Src. Rani dan Arika

Riau Memiliki Air Terjun Tertinggi di Sumatera

Penasaran dengan hasil perhitungan tim terdahulu dan dokumentasi yang tak begitu banyak serta angka yang beredar berbeda-beda tentang ketinggian Air Terjun Batang Kapas, maka Tim BertuahTv memutuskan untuk berkunjung ke Air Terjun Tertinggi di Riau ini. Apalagi adanya dorongan dari teman yang telah berkunjung kesana (Rani) serta dukungan dari pemuda setempat (Arika), rasa penasaran ini makin membuncah.

Ya, BertuahTv harus berkunjung ke Lubuk Bigau khususnya ke Air Terjun Batang Kapas yang sebagian orang menyebutnya Air Terjun Pangkalan Kapas karena air terjun ini masuk wilayah Kenegerian Pangkalan Kapas yang dahulunya merupakan Desa Pangkalan Kapas. Rencana kesana pun dipersiapkan, informasi dari segala pihak ditampung dan direkam dalam ingatan dan catatan tim. Dokumentasi lain mulai dikumpulkan dan dibicarakan ulang. Transportasi tak lupa dicari.

Hal ini termasuk perencanaan cara mengukur ketinggian air terjun tersebut serta tingkat kesulitan yang bakal dihadapi. Setelah semua perencanaan matang, tim ini pun berangkat dengan semangat membara yang hasilnya akan disebar luaskan ke berbagai media sosial yang dikelola oleh Komunitas Blogger Bertuah Pekanbaru.

Mengenai posisi, cara menuju ke lokasi secara umum, pengalaman, telah kami posting artikel terkait :
Batang Kapas – Riau, Air Terjun Terindah di Sumatera
Posisi dan Cara Menuju Lokasi Air Terjun Batang Kapas
• Kontur Air Terjun Batang Kapas
• Perjalanan Panjang Menuju Keindahan Air Terjun Batang Kapas – Pengalaman BertuahTV dan kawan-kawan






Riau Memiliki Air Terjun Tertinggi di Sumatera

Data Awal Ketinggian Air Terjun Batang Kapas :
Berbagai tulisan yang beredar mencantumkan angka ketinggian air terjun Batang Kapas ini secara berbeda-beda. Angka beredar mulai dari 120 meter, 130 meter, 150 meter, 200 meter bahkan 250 meter. Hal ini sedikit membingungkan pembaca mengenai angka pasti ketinggian air terjun terindah ini. Bisa jadi kepastian atas angka tersebut akan memberikan status kepada Air Terjun Batang Kapas ini sebagai air terjun tertinggi di Sumatera kedua, ketiga atau keempat.

Hal ini mengingat angka air terjun tertinggi di Sumatera yang beredar adalah :
  1. Air Terjun Sigura-gura 225 meter - Sumatera Utara
  2. Air Terjun Lembah Harau 150 meter - Sumatera Barat. Masih butuh informasi pasti karena di Lembah Harau terdapat 4 air terjun yaitu Air Terjun Akar Berayun, Air Terjun Sarasa Bunta, Air Terjun Sarasa Murai, dan Air Terjun Sarasa Luluh. Belum dapat informasi yang pasti mengenai air terjun manakah yang tertinggi dari ke-empat air terjun di Lembah harau tersebut.
  3. Air Terjun Batang Kapas 130 meter - Kampar Riau, berdasarkan perhitungan Tim UIN.
  4. Air Terjun Sipiso-piso 120 meter - Sumatera Utara

Metode Pengukuran Ketinggian Air Terjun
1. Metode Ukur Derajat Busur
2. Metode Ukur Meter Laser
3. Metode Ukur Lempar Tali

Metode Ukur Derajat Busur merupakan hal tidak sulit asal diketahui jarak antara pengamat dengan dasar air terjun serta besarnya sudut kemiringan pengamat ke atas air terjun. Sudut kemiringan ini dapat menggunakan busur derajat yang biasa digunakan anak sekolah atau alat busur lain yang lebih akurat.

Metode ini ternyata mengalami kesulitan berdasarkan informasi yang disampaikan oleh Arika Harmon, seorang pemuda Desa Lubuk Bigau yang akan mengantarkan kami ke lokasi air terjun. Kontur bagian dasar air terjun untuk pengukuran menggunakan metode ini tidak tegak lurus terhadap puncak air terjun. Sehingga akan membentuk 2 sudut yang harus diperhitungkan. Walaupun ada cara menghitung 2 sudut tersebut, tetapi tim Bertuah memutuskan untuk tidak menggunakan metode ini.



Contoh pengukuran tinggi air terjun :
Tentukan jarak air terjun ke pengamat --> 50 m
Cari sudut pengamat ke puncak air terjun --> 70 derajat
Cari tangen 70 derajat --> 2.7475

Hitung :
tan 70 = tinggi air terjun / 50 m
tinggi air terjun = tan 70 x 50 m
tinggi air terjun = 2.7475 x 50 m
tinggi air terjun = 137.37 m

Metode Ukur Meter Laser juga bukan merupakan hal yang sulit. Faktor yang perlu diperhatikan adalah langsung berdiri di bagian dasar air terjun dan menembakkan laser dari alat meter tersebut ke bagian puncak air terjun.

Kesulitan yang akan dialami adalah tidak adanya bahan yang bisa memantulkan cahaya laser tegak lurus ke alat meter laser secara langsung yang diletakkan di puncak air terjun. Selain itu akan timbul bias karena kemungkinan adanya pantulan atau pembelokan cahaya laser oleh percikan air terjun. Akhirnya metode ini pun tidak dipakai oleh tim BertuahTV.

Metode Ukur Lempar Tali
Ini metode termudah yang dilakukan, dan hal ini telah dilakukan oleh tim lainnya yang menghasilkan ukuran ketinggian air terjun Batang kapas adalah 130 meter. Tim BertuahTV memutuskan menggunakan metode ini mengingat kontur air terjun, kemudahan, dan biaya yang murah. Tetapi keakuratan pengukuran dapat dijaga. Tali yang digunakan adalah tali plastik biasa tetapi yang berkualitas baik. Tingkat peregangan tali hampir 0 (nol) dalam arti bahwa tali tidak mungkin meregang karena ditarik.

Tali akan dilempar oleh Tim 1 dari bagian puncak air terjun ke arah dasar air terjun Batang Kapas. Tim 2 akan meletakkan tali yang dilempar tersebut tepat di dasar air terjun serta menegangkannya. Tim 2 akan memberi tanda pada tali tersebut dan meminta kepada tim 1 di atas untuk menjatuhkan seluruh tali untuk diukur. Tim 1 berdasarkan permintaan tim 2 akan menjatuhkan keseluruhan tali dengan memberi tanda pada tali terlebih dahulu tepat di puncak air terjun.

Hal ini dilakukan Tim BertuahTv untuk pengukuran ketinggian Air Terjun Batang Kapas yang diduga akan menjadi air terjun tertinggi di Sumatera kedua. Panjang tali adalah sama dengan ketinggian air terjun Batang Kapas.

Keseriusan Tim BertuahTV merencanakan hal tersebut sampai membuat salah seorang anggota tim menulis di status facebooknya yang sebaiknya tidak diikuti :
Metode ke empat pengukuran ketinggian air terjun :
• Lempar pengamat dari atas
• tunggu di bawah
• kasi makan dan minum
• bikinkan kopi

Hasil Pengukuran Air Terjun Tertinggi di Riau

Mengingat Tim BertuahTv sampai di Desa Lubuk Bigau dari Air Terjun Batang Kapas telah malam sekitar pukul 19.00 wib. Kemudian keseluruhan tim dalam keadaan kondisi fisik tidak memadai dan harus pulang malam itu juga ke Pekanbaru, maka tim memutuskan untuk membawa tali hasil ukuran tersebut ke Sekretariat Komunitas Blogger Bertuah di Jalan Sakinah I no 2B Tangkerang Utara – Pekanbaru.

Setelah kondisi memungkinkan, maka Tim BertuahTv memutuskan untuk melakukan pengukuran ketinggian air terjun dengan mengukur panjang tali yang telah dilempar.

Pengukuran tali ini dilakukan pada tanggal 23 Agustus 2016 jam 20.00 wib dan disiarkan secara langsung oleh salah seorang angota tim melalui streaming facebook.

Hasil dari pengukuran tersebut adalah 125 meter dengan catatan sebagai berikut :

Angka tersebut terjadi pada saat air terjun memiliki debit air kecil dimana saat itu tidak terjadi hujan selama 6 minggu. Air terjun hanya mengalirkan air dari lubuknya di bagian atas.

Perkiraan lain, jika debit air besar, maka jatuhnya air ke dasar air terjun berubah posisi dimana terjadi perbedaan 8 meter. Maka jika pengukuran dilakukan pada saat debit air besar maka ketinggian Air Terjun Batang Kapas adalah 133 meter.


Kesimpulan :
Daftar Peringkat Air Terjun Tertinggi di Sumatera :
  1. Air Terjun Sigura-gura 225 meter - Sumatera Utara
  2. Air Terjun Lembah Harau 150 meter - Sumatera Barat (perlu dipastikan nama salah satu air terjun dari 4 air terjun di wilayah tersebut : Air Terjun Akar Berayun, Air Terjun Sarasa Bunta, Air Terjun Sarasa Murai, dan Air Terjun Sarasa Luluh)
  3. Air Terjun Batang Kapas 133 meter - Kampar - Riau
  4. Air Terjun Sipiso-piso 120 meter - Sumatera Utara

Daftar peringkat air terjun tertinggi di sumatera ini bisa akan berubah jika ada kepastian dari perhitungan ketinggian air terjun lainnya.

Jadi, Air Terjun Batang Kapas - Lubuk Bigau Kampar Kiri Hulu merupakan air terjun tertinggi di Sumatera ketiga setelah air terjun Sigura-gura dan Lembah Harau dan Air Terjun Batang Kapas menjadi air terjun yang tertinggi di Riau.

Video pelemparan tali pengukuran air terjun Batang Kapas - Lubuk Bigau




Bagian Atas Batang Kapas – Riau, Air Terjun Terindah di Riau Sumatera




Bagian Bawah Batang Kapas – Riau, Air Terjun Terindah di Riau - Sumatera



Pengukuran ketinggian Air Terjun Batang Kapas menggunakan metode panjang tali yg dilempar dari pangkal atas ke dasar air terjun

Pengukuran ketinggian Air Terjun Batang Kapas menggunakan metode panjang tali yg dilempar dari pangkal atas ke dasar air terjun.

Oleh : BertuahTv dan Persatuan Pemuda Kenegerian Pangkalan Kapas (Pangkas)
Dikirim oleh Attayaya Yar Zam pada 23 Agustus 2016

Riaumagz

Semua tentang Riau & Indonesia
TWITTER & INSTAGRAM : @riaumagz
Repost : tandai & ikuti kami Gambar dilengkapi keterangan.
#riau #riaumagz #pekanbaru