Batang Kapas – Riau, Air Terjun Terindah di Sumatera

Sumber gambar dari video Khatulistiwa Wisata

Batang Kapas – Riau, Air Terjun Terindah di Sumatera

Ini air terjun terindah yang memiliki kelebihan-kelebihan menakjubkan :
1. Air Terjun Batang Kapas itu sendiri sudah sangat indah.
2. Hutan yang masih terpelihara.
3. Ada 2 area tempat tidur terindah, salah satunya bisa menjadi tempat tidur terpanjang di dunia.

Riau masih menyimpan kekayaan alam yang berlimpah. Ya, Riau yang memiliki kekayaan alam berupa minyak bumi dan tanah yang subur, juga memiliki hutan-hutan yang masih tersisa sebagai paru-paru dunia. Dan didalam hutan-hutan yang tersisa tersebut, terdapat berbagai keindahan yang masih perlu di-eksplorasi untuk mengetahui lebih banyak tentang keindahan tersebut dan kemudian dikembangkan untuk kemakmuran negeri Bumi Lancang Kuning ini.

Salah satunya adalah Air Terjun Batang Kapas yang sangat indah ini. Tim BertuahTV dari Komunitas Blogger Bertuah Pekanbaru melakukan eksplorasi ke air terjun, yang kemudian kami sebut sebagai air terjun terindah di Riau dan Sumatera ini, pada tanggal 20-21 Agustus 2016. Tujuan eksplorasi ini ini adalah melakukan pengukuran ulang ketinggian air terjun Batang Kapas serta dokumentasi gambar dan video untuk melengkapi hasil-hasil eksplorasi terdahulu, baik yang dilakukan oleh Mapala UIN tahun 2000, Artepak di 2015, perorangan maupun kelompok dan lain sebagainya.

Tim BertuahTv didukung oleh beberapa teman yang salah satunya pernah mengunjungi lokasi air terjun Batang Kapas serta Persatuan anak Negeri Pangkalan Kapas (Pangkas). Hasil dari ekplorasi itu akan disebarluaskan ke berbagai media sosial yang dikelola oleh BertuahTv dibantu dari berbagai akun media sosial lainnya. Admin RiauMagz ikut serta dalam tim ini.

Apa yang ditemukan oleh Tim BertuahTV di lokasi Air Terjun Batang Kapas – Desa Lubuk Bigau?
Keindahan yang menakjubkan, sehingga salah seorang tim berteriak, “Allahu Akbar!”. Tim sampai ke lokasi sekitar jam 15.00 wib pada tanggal 20 Agustus 2016 setelah menempuh perjalanan panjang dari Pekanbaru.

Lihat Postingan tentang Perjalanan Panjang Menuju Keindahan Air Terjun Batang Kapas

Wisata Petualangan ke Batang Kapas – Riau, Air Terjun Terindah di Sumatera

Air Terjun Batang Kapas yang terletak di Desa Lubuk Bigau Kecamatan Kampar Kiri Hulu Kabupaten Kampar - Riau ini, jika dilihat dari berbagai sudut menghasilkan pemandangan menakjubkan. Pepohonan di sekitarnya yang masih terjaga oleh masyarakat Desa Lubuk Bigau, dasar air terjun yang bebatuan, aliran sungai setelah air terjun yang dingin dan memuaskan mata memandang. Air yang mengalir diantara rongga-rongga bebatuan menambah rasa atas keindahan yang dapat didengar. Sejuk dan segar serta menenangkan.




Batu-batu di sekitar air terjun tidak begitu licin walau sebagian ditumbuhi lelumutan. Dengan batu-batu yang besar diselingi batu-batu kecil, kita dapat melompat dari satu batu ke batu yang lainnya, bahkan untuk mencapai lokasi tidur malam hari yang berada di patahan agak sedikit naik ke atas air terjun, kita dapat memanjat bebatuan tersebut.

Berbagai jenis pohon meranti dan kulim berada di sekeliling dasar air terjun, dimana lokasi ini telah dibersihkan masyarakat sebagai tempat berkumpulnya para pengunjung air terjun. Areal di bawah pohon-pohon besar itu kami perkirakan dapat menampung 500 orang. Sehingga untuk tempat berkemah pun dapat dilakukan disana dengan memandang air terjun. Selain itu ada lokasi yang dapat menjadi lokasi tempat tidur terindah di dunia.

Lokasi Tempat Tidur Terindah dan Terpanjang
Lokasi tempat tidur terindah pertama adalah areal kemping yang telah kami sebutkan di atas. Lokasi ini akan memperlihatkan jatuhnya air terjun dari puncak sampai ke dasar. Areal ini sangat luas dapat menampung 500 orang dan dilindungi pepohonan besar. Di posisi ini, kita tidur sambil menghadap bagian depan air terjun.


Lokasi tempat tidur terindah kedua adalah di patahan jurang tepatnya di bagian sedikit ke atas dari dasar air terjun Batang Kapas. Patahan tebing ini membentuk gua-gua kecil dan dataran yang cukup untuk tidur dan berlindung dari angin malam dan hujan. Di area ini tidak diperlukan tenda, jika terjadi hujan dan anginnya mengarah tebing, kita dapat berlindung di dalam gua-gua kecil tersebut. Panjang tempat tidur di area kedua ini kurang lebih 1 km. Wooow… bisa jadi tempat tidur terpanjang di dunia. Mungkin bisa menampung 500 orang untuk tidur berjajar secara bersamaan.





Di posisi ini, kita tidur sambil menghadap bagian belakang air terjun. Kelebihan tempat tidur terindah di area kedua ini adalah dapat melihat matahari secara langsung tanpa perlu membangunkan tubuh dari alas tidur. Ya, cukup sambil baringan kita bisa melihat matahari terbit di timur yang muncul di sela-sela perbukitan di depannya. Sungguh besar keindahan yang diciptakan Sang Maha Kuasa untuk Desa Lubuk Bigau ini.


Di area kedua ini juga, kita juga akan dapat melihat biasan matahari sore hari ketika terbenam. Memandang setengah dari jatuhnya air dari air terjun seakan-akan air tersebut jatuh dari pepohonan atau malah kadang terlihat seperti jatuh dari langit-langit tebing.

Mau melihat yang lebih indah lagi dari Air Terjun Batang Kapas yang sudah indah ini?

Bagian Hulu Air Terjun Batang Kapas yang Indah

Jika bermalam di Air Terjun Batang Kapas, kami sangat menyarankan untuk naik ke hulu lubuk mata air dari air terjun ini. Perjalanan mendaki ini memakan waktu sekitar 1-2 jam tergantung kekuatan fisik pendaki.

Dari tempat tidur area kedua, kita mengarah ke kiri dari air terjun dan terus mendaki sampai di puncak tebing. Pendakian dilakukan karena kontur tanah yang cukup terjal bahkan ada 2-3 lokasi memiliki kontur tanah dengan kemiringan 90 derajat. Kondisi ini menyebabkan pendaki harus memanjat tebing batu atau tanah dengan berpegangan pada akar-akar pohon di sekitarnya. Dari puncak tebing perjalanan agak sedikit santai karena kontur tanah yang cukup datar walau ada beberapa kontur tanah yang turun naik dengan suduk kemiringan sampai 25 derajat.

Apa yang didapat? Wooow… lagi-lagi kami bersyukur kepada Sang Maha Pencipta atas karunia ini. Di bagian atas air terjun ini terdapat lubuk mata air yang mengalir dan membentuk kolam-kolam bulat dengan kedalaman sekitar 2-3 meter dan diameter bervariasi antara 2-4 meter.




Terdapat juga beberapa air terjun kecil yang menambah indahnya lokasi bagian atas Air Tejun Batang Kapas ini. Hutannya yang masih perawan dengan beberapa pohon besar dan kecil. Dilengkapi dengan beberapa aliran air kecil yang mengarah ke arah tebing.

Hati-hati jika ingin melihat ke bawah terutama ketika memotret atau mengambil video pemandangan indah dari atas Air Terjun ke dasarnya. Batu yang berada di bagian atas sedikit agak miring dan tanpa penghalang. Jangan sampai tergelincir.

Kami menggunakan tali webbing untuk mengikatkan diri ke pepohonan ketika pengambilan foto dan video yang dishare di channel Youtube BertuahTv dari Komunitas Blogger Bertuah Pekanbaru https://www.youtube.com/user/BertuahTv


Lebih baik bersusah-susah mengikatkan diri agar keselamatan diri terjaga. Gunakan tali yang kuat untuk mengikat diri misalnya Cernmantle Rope (tali Karmantel), hardness (pengikat tubuh), Carabiner (alat penghubung) atau peralatan lainnya yang disesuaikan. Mohon tidak menggunakan tali plastik. Semua peralatan ini didukung dengan 1 tali utama yaitu tali persahabatan.

Dimanakah posisi Tempat Tidur Terindah dan Terpanjang ini? Silahkan simak ulasan kami di
Posisi dan Cara Menuju Lokasi Air Terjun Batang Kapas

Pesona keindahan air terjun tertinggi di Riau juga dapat dibaca di Pesona Wisata Air Terjun Batang Kapas yang Masih Alami

Batang Kapas – Riau, Air Terjun Terindah di Riau Sumatera Bagian Atas



Batang Kapas – Riau, Air Terjun Terindah di Riau Sumatera Bagian Bawah


Saran untuk Pengunjung Air Terjun Batang Kapas
  1. Berwisata ke Air Terjun Batang Kapas yang tinggi dan indah ini membutuhkan kemampuan mendaki yang cukup dalam arti bahwa kondisi fisik pengunjung terutama kekuatan kaki sangat diperlukan. Selain itu kekuatan bahu untuk menyandang tas juga harus dipertimbangkan.
  2. Bawalah air minum secukupnya hanya untuk di perjalanan sampai ke shelter 1 untuk mengurangi beban tas. Di shelter 1 akan ditemukan air terjun kecil yang cukup bersih untuk diminum langsung atau dimasak terlebih dahulu.
  3. Isi lagi persediaan air minum di Shelter 1 untuk menuju ke lokasi air terjun walau di beberapa titik sebelum mencapai lokasi air terjun akan ditemukan juga mata air atau sungai kecil yang bersih.
  4. Terdapat 3 Shelter untuk berteduh jika menghadapi hujan sebelum sampai ke lokasi air terjun. Shelter 1 ketika memasuki hutan setelah kebun karet masyarakat desa. Berupa tebing miring mirip seperti tebing di lokasi air terjun Batang Kapas. Shelter 2 dan 3 berupa jatuhan batu yang tertahan oleh batu lain sehingga bagian bawahnya cukup untuk berteduh sekitar 10 orang.
  5. Bawalah jaket untk perlindungan dari dinginnya angin malam. Demikian juga kaos kaki, celana panjang.
  6. Sleeping bag atau matras dapat dibawa, walaupun pemuda desa telah meninggalkan beberapa tikar di lokasi tersebut dan tak dibawa pulang untuk dapat digunakan semua orang. Tolong dipelihara.
  7. Menggunakan sepatu untuk mendaki lebih bagus jika tidak terbiasa memakai sendal.
  8. Makanan dapat dimasak di lokasi.
  9. Jagalah api agar tidak membakar hutan di sekelilingnya.
  10. Jagalah kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.
  11. Jagalah hati, jangan kau nodai. Jagalah hati, lentera hidup ini. (AA Gym)
  12. Jagalah diri dan jangan takabur.
  13. JANGAN MEMBAWA PULANG PERALATAN YANG DITINGGALKAN PEMUDA DESA DI LOKASI AIR TERJUN BATANG KAPAS YANG INDAH INI, berupa kuali, ceret, panci maupun tikar. Peralatan itu boleh digunakan, peliharalah dan kembalikan ke tempat semula.