Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pesona Wisata Air Terjun Guruh Gemurai di Kuantan Mudik Kuansing

RiauMagz.com - Air terjun Guruh Gemurai menjadi satu dari 23 air terjun yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi. Air terjun ini sangat memesona dengan ketinggian airnya yang bertingkat sebanyak tujuh tingkat, sehingga tak heran jika Guruh Gemurai masuk dalam daftar peta wisata Kabupaten Kuantan Singingi.

Air terjun Guruh Gemurai terletak di Desa Kasang, Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuantan Singingi, Riau. Lokasinya sekitar 30 km dari Kota Taluk Kuantan menuju ke Kiliran Jao dan  berbatasan langsung dengan Sumatera Barat.

Air terjun ini memiliki ketinggian 20 km dan namanya diambil dari bahasa setempat. Guruh artinya suaranya bergemuruh seperti guruh, dan gemurai artinya suaranya bergemercik kemana-mana menimbulkan percikan-percikan yang besar. Walaupun ketinggiannya standar, tetapi karena memiliki tingkat yang cukup banyak yakni sebanyak tujuh tingkat, maka air terjun termasuk air terjun andalan Kabupaten Kuantan Singingi.

Ada banyak wisatawan yang berkunjung ke air terjun Guruh Gemurai. Jumlah wisatawan biasanya akan meningkat secara signifikan pada musim pelaksanaan pacu jalur. Mereka yang datang ke Taluk Kuantan untuk menyaksikan Pacu Jalur biasanya juga akan singgah menikmati kesejukan suasana di air terjun Guruh Gemurai.

Menikmati Keindahan Air Terjun Guruh Gemurai

Air terjun Guruh Gemurai memiliki keindahan suasana yang berbeda dengan air terjun pada umumnya. Kebanyakan para wisatawan yang berkunjung ke air terjun ini mengungkapkan suasana di sini tenang dan masih alami. Kesejukan suasana hutan yang mengelilingi air terjun sangat terasa. Apalagi jika pengunjung mau berenang menikmati air sejuk dan dingin di bawah deburan air terjun tujuh tingkat.

Setiap tingkat dari air terjun tersebut memiliki ketinggian yang berbeda-beda. Para pengunjung umumnya menikmati suasana pada tingkatan pertama. Pada bagian kanan kiri air terjun terdapat batu-batu yang masih alami dan di bagian tengah air terjun terdapat kolam yang dijadikan tempat berenang oleh para pengunjung.

Suasana dan udara di kawasan air terjun ini masih segar dan bersih. Akan tetapi kadang-kadang kebiasaan para pengunjung yang suka membuang sampah sembarangan membuat lingkungan sedikit tercemar.

Kawasan wisata ini memiliki beberapa fasilitas yang bisa dimanfaatkan pengunjung seperti parkir, toilet, mushala, dan sebagainya. Untuk mencapai satu tingkat ke tingkat selanjutnya, Anda bisa melalui tangga yang terbuat dari beton. Tangga itu cukup curam dan licin, Anda harus berhati-hati jika ingin menyusurinya. Karena keterbatasan fasilitas yang tersedia, tidak semua tingkatan air terjun dapat dikunjungi. Ada juga pengunjung yang mencari jalan lain untuk bisa sampai ke tingkatan air terjun yang diinginkannya.

Ada banyak spot berfoto yang indah di kawasan wisata ini. Namun, menikmati kesegaran suasana alam dengan bermain air dan mendengarkan deburan air terjun merupakan hal paling menarik dan banyak dilakukan para pengunjung.

Pengunjung yang datang ke air terjun ini cukup beragam. Para wisatawan dari Pekanbaru pun banyak yang menghabiskan akhir pekan di air terjun ini. Alasannya karena air terjun Guruh Gemurai menyajikan suasana yang berbeda, tak sama dengan air terjun lainnya.

Cara Menuju ke Lokasi Air Terjun Guruh Gemurai, Kuantan Singingi

Akses menuju ke lokasi air terjun Guruh Gemurai dapat dilakukan menggunakan tranportasi darat. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau rental menuju ke arah Kiliran Jao, yang berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatera Barat. Lanjutkan perjalanan sampai bertemu dengan Pasar Lubuk Jambi. Setelah melewati pasar, Anda akan menemukan jalan simpang dua. Ambil jalur kiri dan Anda akan memasuki kawasan Desa Koto. Daerah di tempat ini agar menanjak. Jadi pastikan Anda berhati-hati selama berkendara. Selang sekitar 15 menit, Anda bisa menemukan sebuah plank besar bertuliskan, Selamat Datang di Objek Wisata Air Terjun Guruh Gemurai. Posisinya berada di sebelah kanan jalan besar.

Untuk masuk ke kawasan air terjun ini, Anda dikenakan tiket masuk. Termasuk juga biaya parkir kendaraan yang Anda bawa. Lama perjalanan hingga sampai ke lokasi jika ditempuh dari pusat Kota Pekanbaru sekitar 5-6 jam. Kepenatan Anda selama perjalanan akan terbayar dengan keindahan dan keasrian suasana air terjun yang cukup terkenal di Kabupaten Kuansing. Belum punya tempat liburan dalam waktu dekat? Tak ada salahnya berkunjung ke air terjun Guruh Gemurai.



RiauMagz, Wisata Riau salah satunya berwisata di air terjun Guruh Gemurai di Kuantan Mudik, Kuansing.