Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Danau Rawang Udang Berair Jernih di Talontam Kuansing

RiauMagz.com - Salah satu objek wisata danau yang menarik untuk dikunjungi di Kabupaten Kuantan Singingi adalah Danau Rawang Udang. Danau ini terletak di Desa Talontam, Kecamatan Benai, Kabupaten Kuantan Singingi-Riau. Letaknya sekitar 18 km dari Kota Taluk Kuantan.Danau dengan air yang jernih ini menjadi salah satu pusat destinasi wisata keluarga masyarakat Kuantan Singingi. Tempat ini mulai ramai dikunjungi sejak tahun 1999. Danau ini letaknya cukup strategis, yakni tak jauh dari jalan utama. Itulah sebabnya masyarakat Benai menjadikan tempat ini salah satu wisata favoritnya, hingga masuk ke dalam Peta Wisata Kabupaten Kuantan Singingi. Di tempat ini pula sering diadakan perkemahan. Sebagai sumber air yang jernih, area di sekitar danau juga mendukung untuk dijadikan lokasi kegiatan perkemahan.

Menikmati Keindahan Wisata Danau Rawang Udang, Kuantan Singingi

Berkunjung ke kawasan Danau Rawang Udang menyuguhkan suasana keindahan alam yang asri. Pemandangan air yang jernih dan sejuk membuat pikiran menjadi lebih tenang dan nyaman. Di dalam perairan danau, pengunjung juga bisa menikmati fasilitas sepeda air yang ada. Sepeda air berbentuk bebek yang menjadi favorit anak-anak untuk menaikinya.

Duduk santai di tepian danau sambil melepas kepenatan di petang hari menjadi hal yang bisa Anda lakukan di tempat wisata ini. Spot-spot terbaik bisa Anda temukan dengan membawa kamera terbaik. Termasuk bagi Anda yang suka ngevlog, tempat ini juga bisa Anda jadikan background sekaligus bahan untuk membuat konten.

Objek wisata Danau Rawang Udang ini merupakan lokasi wisata keluarga yang cukup menarik. Di tempat ini juga tersedia berbagai wahana bermain untuk anak-anak. Pengunjung bukan hanya bisa menikmati keindahan danau, tetapi juga bisa bermain dengan fasilitas yang ada. Terdapat sebuah panggung hiburan yang biasa diisi untuk aneka kegiatan hiburan masyarakat setempat.

Di tepian danau terdapat pondok-pondok untuk bersantai, mushola, toilet dan lokasi parkiran. Bagi pengunjung yang lelah dan lapar, di tempat ini juga tersedia tempat makan yang menyediakan aneka pilihan kuliner lezat untuk dinikmati. Pengunjung tempat wisata ini bukan hanya masyarakat tempatan. Wisatawan dari luar kabupaten pun banyak yang menghabiskan waktu di tempat wisata ini.

Waktu berkunjung yang ramai biasanya akhir pekan atau hari-hari libur, sama seperti tempat wisata pada umumnya. Masyarakat pun banyak yang melakukan pertemuan seperti rapat atau bertemu rekan di tempat ini. Pengunjungnya cukup ramai dan memang menjadi lokasi wisata keluarga favorit masyarakat setempat.

Danau Rawang Udang terbentuk secara alami. Saat ini pengelolaannya dilakukan oleh swasta dan menjadi salah satu destinasi yang cukup ramai dikunjungi warga. Bukan hanya fasilitas rekreasi danau, tempat ini juga menjadi lokasi yang strategis untuk bermain, wisata kuliner hingga menjalin kerja sama dengan mitra-mitra bisnis.

Cara Menuju ke Lokasi Danau Rawang Udang, Kuantan Singingi

Rute perjalanan menuju ke Danau Rawang Udang bisa dilakukan dengan menempuh jalur darat. Bisa menggunakan kendaraan pribadi atau rental. Jarak perjalanan dari pusat Kota Pekanbaru ke Desa Talontam, Kecamatan Benai sejauh 183 km. Bisa ditempuh dengan kendaraan roda empat dalam waktu 5 jam perjalanan dengan kecepatan normal. Dengan adanya bantuan GPS akan memudahkan Anda sampai ke lokasi meskipun sebelumnya tidak pernah berkunjung.

Bila Anda telah sampai di pusat Kota Taluk Kuantan, maka sekitar 20 menit lagi perjalanan akan sampai di lokasi tujuan. Di tempat wisata tersebut Anda bisa beristirahat. Pohon-pohon yang rindang dan beberapa fasilitas wisata yang ada cukup memudahkan aktivitas Anda sebagai wisatawan.

Wisata di Danau Rawang Udang ini juga bisa menjadi destinasi wisata hemat bagi Anda karena Anda bisa masuk ke tempat wisata ini tanpa biaya alias gratis. Apalagi di tempat ini sudah lengkap dengan tempat wisata kuliner, Anda bisa lebih nyaman berkunjung meskipun seharian. Selamat liburan di Kuantang Singingi, jangan lupa singgah ke tempat-tempat wisata lainnya ya.



RiauMagz, Wisata Riau