Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panorama Bukit Cokiak di Muara Lembu - Kuansing

Panorama Bukit Cokiak di Muara Lembu - Kuansing
RiauMagz.com - Bagi Anda yang mencari tempat rest area di Kabupaten Kuantan Singingi, saat ini sudah dikembangkan lokasi wisata Panorama Bukit Cokiak. Lokasinya berada di Kelurahan Muara Lembu, Kecamatan Singingi, Kabupaten Kuantan Singingi.

Tempat wisata ini merupakan tempat perhentian bagi masyarakat yang sedang melakukan perjalanan. Bila Anda letih maka bisa berhenti sejenak menikmati keindahan panorama perbukitan, pemandangan hijau dan sungai yang terbentang menyejukkan mata. Bila cuaca sedang cerah, dari lokasi wisata ini juga Anda bisa menyaksikan deretan pegunungan yang ada di daerah Sumatera Barat.

Menikmati Keindahan Suasan Panoraman Bukit Cokiak

Sebagai tempat wisata yang disuguhkan untuk fungsi rest area, tempat ini memang banyak dikunjungi para pengendara yang ingin beristirahat selama perjalanan. Namun, mereka yang ingin sekedar menghirup udara segar pun tetap bisa mengunjungi tempat ini.

Sebelum mencapai ke area Bukit Cokiak, Anda harus melalui medan yang berkelok-kelok, hampir mirip dengan kelok sembilan yang ada di Sumatera Barat. Kelelahan perjalanan akan terbayar saat Anda sudah sampai ke area puncak. Sepanjang perjalanan menuju ke puncak, Anda pun akan disuguhi pemandangan di kanan kiri jalan suasana yang indah dan asri. Setibanya di puncak, Anda akan melihat sebuah gerbang pertanda masuk ke kawasan tersebut. Letaknya di sebelah kiri jalan jika Anda dari arah Taluk Kuantan menuju Pekanbaru.

Di kawasan Panorama Bukit Cokiak ini terdapat beberapa pondok tempat istirahat para pengendara. Selain itu, terdapat juga selasar yang bisa Anda bentangi alas untuk santai dan beristirahat. Dari sini Anda bisa melihat pemandangan hijau di bawah, aliran sungai dan gunung-gunung yang terbentang. Istirahat menjadi lebih istimewa dan tentunya tak harus di tempat yang mewah. Selain itu, Anda akan disuguhkan pemandangan Tepian Pantai Muara Lembu, yaitu pantai pasir di tepi sungai hulu Sungai Kampar Kiri.

Bila Anda membawa perbekalan, di tempat ini juga sangat enak untuk makan bersama. Dengan suasana alam yang asri dan perut yang terasa lapar, santapan pun akan jadi semakin nikmat. Anda bisa beristirahat atau bahkan tidur sejenak di tempat ini sebelum melanjutkan perjalanan.

Namun, perjalanan perlu berhati-hati jika kondisi cuaca hujan. Pastikan Anda mengatur kecepatan kendaraan dalam ukuran normal karena di daerah ini juga rentan terjadi kecelakaan. Pihak kepolisian mengingatkan kepada masyarakat untuk lebih waspada selama berkendara di area menuju ke Panorama Bukit Cokiak tersebut.

Jangan lupa membawa kamera terbaik. Di sini Anda bisa memilih spot berfoto dengan latar belakang sawah, sungai dan pemandangan alam lainnya. Termasuk juga buat Anda yang mau ngevlog, lokasinya pun cukup keren untuk dijadikan sebagai konten wisata. Atau bahkan buat Anda yang sedang membuat film pendek. Lokasi di Panorama Bukit Cokiak ini juga cukup keren dijadikan setting film Anda. Bisa membawa keluarga atau orang-orang dekat ke tempat ini sebagai lokasi rest area.

Cara Menuju ke Lokasi Panorama Bukit Cokiak, Kuantan Singingi

Bila Anda ingin berkunjung ke Panorama Bukit Cokiak, Anda bisa menempuh rute perjalanan darat lebih dulu menuju ke Kota Taluk Kuantan. Dari Pekanbaru dapat ditempuh selama lebih kurang 4 jam perjalanan. Disarankan menggunakan kendaraan pribadi atau rental, karena perjalanan masih akan dilanjutkan setelah sampai ke Taluk Kuantan.

Dari Kota Taluk Kuantan, perjalanan dilanjutkan sejauh 35 kilometer lebih menuju ke area Panorama Bukit Cokiak. Di perjalanan ini Anda sudah mulai bisa menikmati keindahan suasana pemandangan di kanan kiri jalan. Pastikan Anda membawa sopir yang berpengalaman karena rute jalannya berkelok-kelok hampir mirip dengan kelok sembilan yang ada di Sumatera Barat.

Setelah sampai di lokasi, Anda bisa bersantai sepuasnya karena tempat ini gratis dan tidak berbayar. Jangan lupa membawa kuliner khas Kuantan Singingi untuk dinikmati di tempat ini agar Anda lebih bisa mendapatkan suasana yang khas daerah tersebut. Bila kebetulan Anda sedang melakukan perjalanan ke luar kota, tempat ini juga cocok dijadikan tempat singgah untuk beristirahat.

Pengembangan tempat ini sangat menjanjikan. Namun, kondisi di lapangan, perluasan dan pengembangan Panorama Bukit Cokiak disebutkan terhalang karena masalah kepemilikan lahan. Bila dikelola dengan baik dan profesional, tempat ini akan semakin menarik dikunjungi para wisatawan.



RiauMagz, Wisata Riau