Gustav von Dippe : Sejarah Riau Dalam Buku Auf Großwild, Jagd- und Reiseabenteuer in den Tropen

Gustav von Dippe : Auf Großwild. Jagd- und Reiseabenteuer in den Tropen

RiauMagz.com - Seorang kawan yang bertugas sebagai Jupel Komplek Makam Marhum Pekan bernama Dadang Irham mengirim sebuah pesan melalui Whatsapp kepada kami yang bertanya tentang sebuah buku karangan Gustav von Dippe. Dalam pesannya tersebut terdapat teks berbahasa Belanda dan terjemahannya kurang lebih seperti di bawah ini :

Gustav von Dippe
Mijn oversteek van Sumatra 1910

Het eerste paar dat de Sumatra van west naar oost oversteekt. De vrouw van de auteur en de Raja van Kampar * De langste tandradroute ter wereld in de bergen van de Bovenlande * Woonboot op de rivier Siak * De reizigers op de evenaar House of Duitse consul in Padang * Moskee in het dorp Tratta Bulu De stroomversnellingen van de rivier Kampar * Dorpsstraat in Kota Baru * Een wilde aap in het junglepaleis van de Rajah van Kampar* Verlaten paleis van de sultan van Siak in Pakan Baru*.

Gustav von Dippe
Perjalanan saya di Sumatra 1910

Pasangan pertama yang melintasi Sumatra dari barat ke timur. Istri penulis dan Raja Kampar * Rute roda gigi terpanjang di pegunungan di Tanah Atas * Rumah kapal di Sungai Siak * Wisatawan di Rumah Khatulistiwa Konsul Jerman di Padang * Masjid di Desa Tratta Bulu di tepi Sungai Kampar * Jalan desa di Kota Baru * Seekor monyet liar di istana hutan Raja Kampar * Istana yang ditinggalkan Sultan Siak di Pakan Baru *.


Pencarian kami awalnya mengarah kepada buku-buku atau foto-foto digital berbahasa Belanda sesuai dengan bahasa yang disampaikan melalui pesan tersebut. Hasil yang kami dapat masih kurang memuaskan.

Kemudian kami mengarah kepada pencarian nama. Nama Gustav von Dippe agak susah ditelusuri secara digital melalui Google. Beberapa perpustakaan digital telah kami coba telusuri, tetapi tidak mendapatkan hasil yang memuaskan. Kami menginginkan hasil pencarian buku digital yang dapat dibaca sebagian secara umum.

Beberapa buku yang menuliskan nama Gustav von Dippe yang kami temukan :
  1. Annual Report of the Alien Property Custodian for the Year 1924.
    Massage from The President of The United States transmitting a communication from the Alien Property Custodian, submitting his annual report of the proceedings had under the trading with the enemy act, for the year ended December 31, 1924. Diterbitkan oleh Washington Government Printing Office 1925. Buku laporan ini berada di Sicillum Universitatis Californiensis atas pemberian dari US Superintendent of Documents.

    Pada halaman 271 buku ini dalam tabel Annual Report of the Alien Property Custodian, 1924, kolom Claim No tertulis 25907 : Gustav von Dippe, pending.
    https://books.google.co.id/books?id=DMJGAQAAIAAJ

  2. Catalogue of Copyright Entries Part 1: Books Group 1, New Series Volume 8 for the year 1911, Nos. 1-134, Published by authority of the Acts of Congress of March 3, 1891, of June 30, 1906, and of March 4, 1909. Buku katalog ini diterbitkan oleh Washington Government Printing Office pada 2 Februari 1911, bekerjasama dengan Library of Congress Copyright Office. Buku ini dimiliki oleh Harvard College Library berdasarkan pemberian dari Government of The United States.

    Pada halaman 101 buku katalog ini, nama Gustav von Dippe tercatat dalam kelompok nama pengarang berawalan huruf D.

Berdasarkan buku Catalogue of Copyright Entries inilah pencarian kami menemukan titik terang. Buku katalog ini menyantumkan judul buku karangan Dippe dengan tahun yang sangat berdekatan dengan pesan yang disampaikan melalui whatsapp tersebut diatas. Inilah buku Gustav von Dippe.

Gustav von Dippe

https://books.google.co.id/books?id=vug480CmwhcC&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false

https://books.google.co.id/books?id=vug480CmwhcC&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_book_other_versions#v=onepage&q=Auf%20Gro%C3%9Fwild%20gustav%20von%20dippe&f=false

Menerbitkan buku berbahasa Jerman dan dengan Judul
Auf Großwild. Jagd- und Reiseabenteuer in den Tropen.
mit 24 vollbildern in lichtdruck u. 125 textilluftrationen.

Buku ini pertama kalinya diterbitkan Josef Singer : Hofbuchhandlung tahun 1911 di Strasbourg dan Leipzig.

Buku yang judulnya diterjemahkan kira-kira berarti "Di perjalanan besar. Berburu dan Melakukan Perjalanan Petualangan di Daerah Tropis", menggunakan huruf Jerman (atau mungkin disebut huruf Gothic) yaitu aksara latin dengan penambahan huruf Umlaut (dwititik), Eszett atau Scharfes S.

Terdapat 2 bagian tulisan yang berhubungan dengan Sumatra yaitu :
5. Drei Wochen in den Dschungeln Sumatras. Halaman 169. (Tiga minggu di hutan Sumatra).
6. Fine Durchquerung Sumatras. Halaman 207. (Menyeberangi Sumatra)

Google melakukan digitalisasi atas buku ini pada 17 Mei 2012 dari University of Wisconsin - Madison. Buku yang didigitalkan oleh Google berasal dari buku asli yang diterbitkan ulang oleh Salzwasser-Verlag GmbH pada 26 Oktober 2012. Buku yang aslinya memiliki 360 halaman setelah diterbitkan ulang menjadi 422 halaman tetap dengan bahasa Jerman dan huruf aslinya. Terbitan kedua ini memiliki 2 ISBN yaitu ISBN-10: 3846010456 dan ISBN-13: 978-3846010457. Dalam hal ini, Google hanya menampilkan beberapa bagian saja karena buku ini masih memiliki hak cipta.

Amazon menjual buku ini seharga US$54.90. Pada Zvab.com (Zentrales Verzeichnis Antiquarischer Bucher) dijual seharga Eur120. Sedangkan di JPC.de dijual seharga Eur49.90.

Gustav von Dippe : Auf Großwild. Jagd- und Reiseabenteuer in den Tropen
Foto kulit buku dari www.zvab.com

Keterbatasan dana membuat kami tidak sanggup membeli buku tersebut yang isinya sangat memungkinkan bercerita panjang tentang beberapa daerah Riau yang dilaluinya seperti Teratak Buluh, Kampar, Pekanbaru dan terutama Siak. Jika ada pihak yang berkenan untuk membeli dan menghibahkan ke Perpustakaan Umum Kota Pekanbaru ataupun ke Perpustakaan Soeman Hs sehingga dapat dibaca khalayak ramai akan menjadi sesuatu yang sangat berharga bagi pengetahuan sejarah di Sumatera khususnya Riau.

Silahkan hubungi kami di riaumagz@gmail.com
RiauMagz, Sejarah Riau.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel