-->

Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Cara Menurunkan kolesterol secara alami dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti menjaga asupan makanan setiap hari. Teliti dalam memilih bahan makanan dan minuman. Berolah raga secara teratur. Dan jauhi pola hidup tidak sehat. Salah satu yang menjadi penyebab tingginya kolesterol dalam tubuh seseorang itu bisa disebabkan karena faktor genetik atau faktor keluarga. Artinya jika dalam keluarga anda sudah ada yang terkena kolesterol tinggi atau trigliserida yang menyumbat pembuluh darah, maka kemungkinan besar beberapa orang dari keluarga dapat terkena masalah yang sama. Namun, walaupun begitu bukan berarti anda tidak dapat melakukan terapi untuk menurunkan kolesterol. Ada banyak cara alami yang bisa anda lakukan untuk menekan jumlah lemak jenuh dalam darah agar kolesterol dapat di turunkan.

Cara Menurunkan kolesterol secara alami

Dengan menjaga asupan makanan setiap hari adalah dengan cara memperhatikan bahan-bahan yang akan diolah menjadi makanan. Pilihlah makanan yang rendah lemak. Seperti sayuran hijau, daging tanpa lemak, susu rendah lemak dan konsumsi buah setiap hari. Pilih menu makanan yang khas dan tidak terlalu menggunakan minyak goreng atau minyak kelapa dalam proses pemasakannya. Untuk anda yang sudah memiliki kolesterol di atas rata-rata lebih baik mengkonsumsi makanan yang di rebus dan mengganti nasi yang biasa anda makan. Misalnya saja nasi merah yang terkenal lebih sehat dibanding nasi putih. Mengkonsumsi buah-buahan secara teratur setidaknya 2 kali dalam sehari juga akan menjadi cara menurunkan kolesterol dalam tubuh. Pilih buah yang dapat membantu menurunkan kolesterol seperti belimbing manis dan alpukat.

Kolesterol juga dapat diturunkan secara alami dengan cara berolah raga teratur. Bagi anda yang memiliki aktifitas yang tinggi dan tidak punya waktu untuk pergi ke tempat olah raga, anda bisa melakukannya di rumah. Berjalan pagi secara teratur minimal 30 menit setiap hari dapat membantu kerja jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Lakukan olah raga ringan secara berterusan. Anda juga bisa mengkonsultasikan pada dokter anda tentang olah raga apa yang sesuai untuk menurunkan kolesterol anda.

Perhatikan lagi siklus hidup anda. Jika selama ini anda sering mengabaikan waktu istirahat anda dengan melakukan kegiatan di luar rumah, usahakan untuk meluangkan waktu bersama keluarga. Beristirahat secara teratur dapat menurunkan kolesterol. Orang yang sering mengabaikan waktu tidur malamnya sangat rentan terkena berbagai penyakit. Begitupula jika anda seorang perokok, usahakan untuk mengurangi rokok atau bahkan menghentikannya. Sudah bukan rahasia lagi jika rokok sangat tidak baik bagi kesehatan sebab dapat menimbulkan berbagai penyakit salah satunya yang berkaitan dengan kolesterol adalah penyumbatan pada pembuluh darah yang memicu terjadinya serangan jantung. Menjalani pola hidup sehat itulah kunci cara menurunkan kolesterol secara alami.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel