Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejarah Profil Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau

Peta Lokasi Riau Logo Lambang Kabupaten Pelalawan

Sejarah Pelalawan Sebagai Kerajaan Pelalawan

Sejarah Kabupaten Pelalawan diawali dari sejarah Kerajaan Pelalawan. Kerajaan Pelalawan berasal dari Kerajaan Pekantua yang didirikan oleh Maharaja Indera pada tahun 1380 M. Dia adalah bekas orang besar di Kerajaan Temasik (Singapura), tepatnya setelah kerajaan tersebut dikalahkan oleh Kerajaan Majapahit di penghujung abad XIV. Kerajaan Pekantua di dirikan di Sungai Pekantua yakni anak Sungai Kampar, dimana sekarang termasuk ke dalam kawasan Desa Tolam, Kecamatan Pelalawan, Kabupaten Pelalawan. Kerajaan ini dibangun pada tempat yang bernama “Pematang Tuo” sedangkan kerajaannya di namakan ‘Pekantua’.

Pada masa selanjutnya, Kerajaan Pekantua dikuasai oleh Kerajaan Malaka setelah kerajaan ini mampu mengalahkan Kerajaan Pekantua. Raja Malaka bernama Sultan Mansyur Syah pun menjadi raja dari Kerajaan Pekantua. Nama Kerajaan Pekantua diubah menjadi ‘Kerajaan Pekantua Kampar’. Setelah Sultan Mansyur Syah wafat, ia di gantikan oleh Sultan Mahmud Syah I. Pada masa inilah Kerajaan Malaka kemudian diserang dan dikalahkan oleh Portugis yakni pada tahun 1511 M.

Pada masa pemerintahan Raja Maharaja Dinda II, yakni sekitar tahun 1725 M terjadi pemindahan pusat Kerajaan Pekantua Kampar ke daerah Sungai Rasau yang juga merupakan salah satu anak Sungai Kampar. Dan selanjutnya, nama Kerajaan Pekantua Kampar pun diganti nama menjadi Kerajaan Pelalawan. Didalam upacara tersebut, gelar beliau yang mulanya Maharaja Dinda II, disempurnakan menjadi Maharaja Dinda Perkasa atau sering juga disebut Maharaja Lela Dipati.

Pada waktu kemerdekaan Republik Indonesia, Raja dari Kerajaan Pelalawan bernama Tengku Said Harun bersama orang-orang besar lainnya dari Kerajaan Pelalawan, menyampaikan pernyataan taat, setia serta bersatu dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia yaitu tepatnya pada tanggal 20 Oktober 1945. Setelah Raja Tengku Said Harun mangkat, atas jasa-jasanya tersebut, beliau diberi gelar ‘Marhum Setia Negara’.

Istana Sayap merupakan salah satu peninggalan sejarah dari Kerajaan Pelalawan yang masih dikenal hingga saat ini. Istana ini awalnya dibangun oleh Sultan Pelalawan ke-29 yang bernama Tengku Sontol Said Ali (1886 – 1892 M). Sebelum istana tersebut selesai dibangun, beliau mangkat dan diberi gelar Marhum Mangkat di Balai. Selanjutnya proses pembangunan istana tersebut diteruskan hingga selesai oleh pengganti Tengku Sontol Said Ali, yakni Sultan Syarif Hasyim II (1892 – 1930 M).

Bangunan Istana Sayap terdiri atas bangunan induk dan bangunan anak. Bangunan Induk merupakan tempat Sultan beserta keluarga serta orang-orang yang bertugas di tempat tersebut. Di bangunan ini pula dibuat ruang Penghadapan atau ruang Peterakna,bilik tidur, serta ruangan anjungan yang diisi dengan segala macam alat dan perlengkapan kerjaaan.

Disebelah depan yang menyatu dengan bangunan induk, terdapat ruang Selasar Dalam dan ruang Selasar Luar, yakni tempat untuk menghadap rakyat dan orang-orang besar kerajaan. Sementara di bagian belakang dari bangunan Induk, ada ruangan Telo, di belakangnya lagi terdapat ruangan Penanggah yakni tempat kegiatan pekerja rumah tangga dari istana serta alat kelengkapan jamuan dan sebagainya.

Sejarah Pelalawan Sebagai Kabupaten

Sebelum pemekaran terjadi, Kabupaten Pelalawan termasuk ke dalam bagian Kabupaten Kampar yang saat itu memiliki kawasan yang sangat luas. Kabupaten Pelalawan resmi dimekarkan pada tanggal 12 Oktober 1999, yang kemudian disahkan melalui Undang-undang Nomor 53 tahun 1999 dengan ibu kotanya adalah Pangkalan Kerinci. Undang-undang ini kemudian ditegaskan melalui surat Dirjen PUOD No.138/1775/PUOD tanggal 21 Juni 1999 tentang pembentukan 9 (sembilan) Kecamatan Pembantu di Provinsi Riau. Kemudian berdasarkan SK Gubernur Provinsi Riau No. 136/TP/1443, Kabupaten Pelalawan dimekarkan kembali menjadi 10 (sepuluh) kecamatan. Setelah terbitnya Peraturan Daerah Kabupaten Pelalawan (Perda Pelalawan) Nomor 06 Tahun 2005, Kabupaten Pelalawan dimekarkan dan terdiri atas 12 kecamatan.

Kabupaten Pelalawan memiliki batas-batas wilayah dengan Kabupaten Siak dan Kabupaten Kepulauan Meranti di sisi utara. Berbatasan dengan Kabupaten Karimun dan Kabupaten Indragiri Hilir di sisi timur. Berbatas wilayah dengan Kabupaten Kuantan Singingi dan Pasir Penyu, Indragiri Hulu di sisi selatan. Sedangkan batas wilayah di sisi barat dengan Kabupaten Kuantan Singingi, Kabupaten Kampar dan Kota Pekanbaru.

Saat Kabupaten Pelalawan baru dimekarkan menjadi 12 daerah Kecamatan, terdiri atas 4 daerah Kecamatan Definitif serta 8 daerah Kecamatan Pembantu, diantaranya adalah sebagai berikut:
Kecamatan Definitif :
1. Kecamatan Langgam dengan luas 916,61 km2
2. Kecamatan Bunut dengan luas 1.339,96 km2
3. Kecamatan Pangkalan Kuras dengan luas 2.158,68 km2
4. Kecamatan Kuala Kampar dengan luas 4.656,34 km2

Kecamatan Pembantu:
1. Kecamatan Pangkalan Kerinci dengan luas 616,40 km2
2. Kecamatan Ukui dengan luas 407,73 km2
3. Kecamatan Pelalawan dengan luas 930,63 km2
4. Kecamatan Pangkalan Lengsung dengan luas 472,73 km2
5. Kecamatan Kerumutan dengan luas 773,86 km2
6. Kecamatan Teluk Meranti dengan luas 217,49 km2
7. Kecamatan Bandar Petalangan dengan luas 365,26 km2
8. Kecamatab Bandang sekijang dengan luas, 98,90 km2

Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 137 Tahun 2017 tentang Kode dan Data Wilayah Administrasi Pemerintahan, kemudian diperbaharui lagi melalui Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 72 Tahun 2019 tentang Perubahan atas Permendagri nomor 137 Tahun 2017 tentang Kode dan Data Wilayah Administrasi Pemerintahan, maka Kabupaten Pelalawan tetap memiliki 14 Kecamatan dan 104 kelurahan/desa yang definitif tanpa ada status Kecamatan Pembantu.

Kode 14.05.12 Kecamatan Bandar Petalangan
Kelurahan : Rawang Empat
Desa :
Air Terjun, Angkasa, Kuala Semundang, Lubuk Terap, Lubuk Keranji Timur, Lubuk Raja, Sialang Bungkuk, Sialang Godang, Tambun, Terbangiang.

Kode 14.05.11 Kecamatan Bandar Sei Kijang
Kelurahan : ---
Desa :
Kiab Jaya, Lubuk Ogung, Muda Setia, Sei Kijang Mati, Simpang Beringin.

Kode 14.05.08 Kecamatan Bunut
Kelurahan : ---
Desa :
Bagan Laguh, Balam Merah, Lubuk Mandian Gajah, Lubuk Mas, Merbau, Pangkalan Bunut, Petani, Sungai Buluh.

Kode 14.05.07 Kecamatan Kerumutan
Kelurahan : Kerumutan
Desa :
Banjar Panjang, Beringin Makmur, Bukit Lembah Subur, Mak Teduh, Lipai Bulan, Pangkalan Panduk, Pangkalan Tampoi, Pematang Tinggi, Tanjung Air Hitam.
Kode 14.05.10 Kecamatan Kuala Kampar
Kelurahan : ---
Desa :
Serapung, Sokoi, Sungai Solok, Sungai Upih, Tanjung Sum, Teluk, Teluk Beringin, Teluk Dalam.

Kode 14.05.05 Kecamatan Langgam
Kelurahan : ---
Desa :
Langgam, Langkan, Pangkalan Gondai, Penarikan, Segati, Sotol, Tambak.

Kode 14.05.02 Kecamaan Pangkalan Kerinci
Kelurahan : Pangkalan Kerinci Barat, Pangkalan Kerinci Kota, Pangkalan Kerinci Timur.
Desa :
Bukit Agung, Kuala Terusan, Makmur, Rantau Baru.

Kode 14.05.03 Kecamatan Pangkalan Kuras
Kelurahan : ---
Desa :
Batang Kulim, Beringin Indah, Betung, Dundangan, Harapan Jaya, Kemang, Kesuma, Meranti, Palas, Sialang Indah, Sorek Dua, Sorek Satu, Surya Indah, Talau, Tanjung Beringin, Terantang Manuk.

Kode 14.05.04 Kecamatan Pangkalan Lesung
Kelurahan : Pangkalan Lesung
Desa :
Dusun Tua, Genduang, Mayang Sari, Mulia Subur, Pesaguan, Rawang Sari, Sari Makmur, Sari Mulya, Tanjung Kuyo.

Kode 14.05.06 Kecamatan Pelalawan
Kelurahan : Pelalawan
Desa :
Batang Nilo Kecil, Delik, Kuala Tolam, Lalang Kabung, Ransang, Sering, Sungai Ara, Telayap.

Kode 14.05.09 Kecamatan Teluk Meranti
Kelurahan : ---
Desa :
Gambut Mutiara, Kuala Panduk, Labuhan Bilik, Pangkalan Terap, Petodaan, Pulau Muda, Teluk Binjai, Teluk Meranti.

Kode 14.05.01 Kecamatan Ukui
Kelurahan : Ukui I
Desa :
Ukui II, Air Emas, Air Hitam, Bukit Gajah, Bukit Jaya, Kampung Baru, Lubuk Kembang Bunga, Lubuk Kembang Sari, Silikuan Hulu, Tri Mulya Jaya.

Saat ini Kabupaten Pelalawan telah berkembang pesat dengan pembangunan fisik yang cukup terlihat. Sebagai kabupaten yang masih baru, Pelalawan bisa dibilang sebagai kabupaten yang cukup maju.

Wawasan lain mengenai sejarah Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau dapat dibaca juga pada artikel : Istana Sayap Kerajaan Pelalawan