Tempat Wisata di Kota Pekanbaru

Tempat Wisata di Kota Pekanbaru Simpang Mall SKA

Peta Wisata Kota Pekanbaru
Tempat Wisata di Kota Pekanbaru
Pekanbaru sebagai ibu kota Provinsi Riau memiliki beberapa destinasi wisata yang sudah masuk dalam peta wisata Riau saat ini. Mulai dari objek wisata sejarah, objek wisata alam, budaya hingga religi ada di Kota Pekanbaru. Beberapa tempat wisata tersebut juga cocok dijadikan lokasi wisata keluarga dengan tarif yang terjangkau. Apa saja objek wisata tersebut?

  1. Kawasan Wisata Danau Buatan
    Objek wisata Danau Buatan terletak di daerah pinggir kota Pekanbaru, tepatnya di Desa Limbungan, Kecamatan Rumbai Pesisir. Objek wisata ini menyuguhkan panorama air tawar yang ditata sedemikian mungkin dengan dilengkapi beberapa fasilitas hiburan di sekitarnya. Area danau ini sempat digunakan sebagai lokasi even olahraga nasional untuk perlombaan cabang dayung. Berkunjung pada sore hari akan membantu Anda mendapatkan panorama terindah. Namun karena area jalan masuknya cukup jauh dari pusat kota, sebaiknya Anda bersama beberapa orang saat berkunjung.

    Baca artikel lengkapnya : Kawasan Wisata Danau Buatan - Wisata Riau

    Lokasi : 0°35'03.9"N 101°28'32.2"E

    Tempat Wisata di Kota Pekanbaru Kawasan Wisata Danau Buatan

  2. Komplek Bandar Seni Raja Ali Haji
    Komplek Bandar Seni RAH lebih akrab disebut komplek MTQ oleh masyarakat Pekanbaru. Terletak di Jl. Sudirman, sekitar 5 menit dari Bandara Sultan Syarif Kasim II, atau sekitar 10 menit dari pusat kota.

    Di kawasan ini pengunjung bisa menikmati miniatur aneka rumah adat dan simbol kedaerah tiap kabupaten di Riau. Pada malam hari, area paling menarik untuk dikunjungi di komplek ini adalah Gedung Idrus Tintin yang merupakan pusat pertunjukan budaya Melayu di Riau. Di gedung ini sering diadakan pertunjukan teater, panggung puisi, pemutaran film budaya dan sebagainya. Seperti bioskop, untuk menyaksikannya Anda harus membayar sejumlah tiket.

    Baca artikel lengkapnya : Kompleks Bandar Serai (Seni Raja Ali Haji) - Purna MTQ Riau

    Lokasi : 0°28'40.8"N 101°27'14.8"E

    Tempat Wisata di Kota Pekanbaru Kompleks Bandar Serai Raja Ali Haji - Purna MTQ Riau
    Foto Google Maps Nikola Ventola

  3. Komplek Makam Marhum Pekan
    Objek wisata sejarah ini terletak di Kecamatan Senapelan, Pekanbaru. Merupakan komplek pemakaman pendiri Kota Pekanbaru bersama keluarganya. Bangunan masjid yang megah berada di dekat komplek pemakaman yang banyak dikunjungi wisatawan. Makam ini pada hari-hari menjelang puasa atau hari-hari tertentu sering dijadikan pusat ziarah para pejabat. Bahkan acara tradisi petang magang yang sering digelar juga kerap menjadikan komplek pemakaman ini sebagai lokasi kegiatan.

    Baca artikel lengkapnya : Komplek Makam Marhum Pekan - Wisata Pekanbaru

    Lokasi : 0°32'17.0"N 101°26'33.3"E

    Tempat Wisata di Kota Pekanbaru Komplek Makam Marhum Pekan
    Foto Google Maps Nanda Maretama

  4. Museum Daerah Sang Nila Utama
    Museum yang memiliki banyak bukti sejarah melayu ini terletak di Jalan Sudirman, Pekanbaru. Tepatnya di depan kantor DPRD Provinsi Riau. Museum ini ramai dikunjungi para pelajar yang datang dari luar kota. Bangunan setinggi dua lantai yang namanya diambil dari pendiri Singapura memiliki banyak koleksi benda-benda bukti sejarah masa dulu. Hingga bentuk-bentuk tradisi dan kekayaan budaya di Riau pada saat ini. Buka setiap hari kecuali hari libur.

    Baca artikel lengkapnya :
    Museum Sang Nila Utama - Sejarah Perjalanan Riau
    Sejarah Berdirinya Museum Daerah Riau Sang Nila Utama Pekanbaru

    Lokasi : 0°29'38.1"N 101°27'16.9"E

    Tempat Wisata di Kota Pekanbaru Museum Sang Nila Utama
    Foto Google Maps Abdul Hadi As'ad al-Haj Mohammad

  5. Taman Makam Pahlawan Kerja
    Taman Makam Pahlawan (TMP) Kerja terletak di Jalan Sudirman, Pekanbaru. Di pemakam ini terdapat makam para buruh romusha yang hidup pada masa penjajahan Jepang. Mereka dipaksa bekerja secara tak manusiawai untuk pembangunan rel kereta api yang menghubungkan Pekanbaru dan Sumbar. Beberapa bukti gerbong kereta pada masa Jepang masih ditemukan di komplek pemakaman tersebut.

    Baca artikel lengkapnya : Taman Makam Pahlawan Kerja - Wisata Sejarah Pekanbaru

    Lokasi : 0°27'36.3"N 101°27'09.0"E

    Tempat Wisata di Kota Pekanbaru Tugu Kereta Api Taman Makam Pahlawan Kerja
    http://misteriduniahantu.blogspot.co.id

  6. Taman Rekreasi Alam Mayang
    Alam Mayang merupakan objek wisata alam yang paling terkenal di Pekanbaru. Terletak di Kecamatan Tenayan Raya. Di sini pengunjung bisa menikmati aneka wahana permainan dan hiburan, pemandangan perairan hingga kuliner. Di tempat ini sering dijadikan sebagai tempat berwisata dalam kota di hari libur yang pendek. Tiket masuk dewasa sebesar 15ribu rupiah. Anda bisa bermain seharian hingga pukul 17 petang di tempat wisata tersebut. Karena fasilitas bermain yang cukup banyak untuk anak-anak, Alam Mayang menjadi salah satu tujuan wisata keluarga yang digemari masyarakat dalam dan luar Kota Pekanbaru. Di hari-hari tertentu, di tempat ini juga diselenggarakan even-even daerah seperti MTQ tingkat kota, lomba memancing dan promo-promo hiburan lainnya oleh pihak pengelola. Bahkan sesekali pengelola menggratiskan tiket masuk ke Alam Mayang.

    Baca artikel lengkapnya : Taman Rekreasi Alam Mayang - Wisata Pekanbaru

    Lokasi : 0°29'45.9"N 101°30'04.6"E

    Tempat Wisata di Kota Pekanbaru Taman Rekreasi Alam Mayang
    Foto Google Maps Sita Suanda Pohan

Beberapa objek wisata lain di Pekanbaru yang bisa Anda kunjungi seperti misalnya Pasar Bawah yang merupakan pusat oleh-oleh, Masjid Agung Annur, Perpustakaan Soeman HS, Kebun Binatang dan sebagainya. Tiket masuk objek wisata Pekanbaru masih terbilang murah dan lebih banyak yang gratis. Meskipun Pekanbaru tak memiliki wisata alam yang wah seperti Sumbar, namun di sini pengunjung bisa menemukan berbagai bentuk budaya Melayu dan hal-hal unik yang tak ada di luar Pekanbaru. Kenali kota sendiri sebelum membanggakan kota lain.

Khusus untuk lokasi bersejarah di Kota Pekanbaru yang dapat menjadi Wisata Sejarah Kota Pekanbaru akan kami tulis khusus pada artikel lainnya. Terdapat sekitar 26 Lokasi Wisata Sejarah di Kota Pekanbaru.

Penasaran? Silahkan follow akun Google Plus kami https://plus.google.com/u/0/+RiauMagz Untuk mendapatkan informasi tercepat. Jangan Lupa Subscribe channel Youtube kami https://www.youtube.com/channel/UCT32lYMg3-REK2dKAAhOI2w

Artikel ini merupakan penjabaran sebagian dari artikel Peta Wisata Kota Pekanbaru - Tourism Map of Pekanbaru City - Riau - Indonesia
Foto diatas kami ambil tanggal 5 Maret 2018 jam 19.15 wib yang berlokasi di Simpang SKA Pekanbaru dengan menggunakan gawai Drone DJI Phantom 3 Profesional. Pilot : @attayaya untuk @RiauMagz dan @BertuahTV serta Arsip Kota Pekanbaru.

[RiauMagz | Wisata Riau]