Kawasan Wisata Danau Buatan - Wisata Riau


Kawasan Wisata Danau Buatan
Salah satu wisata alam yang ada di Kota Pekanbaru adalah wisata danau buatan. Danau yang mulai melejit namanya pasca PON tahun 2012 di Provinsi Riau ini terletak di Desa Limbungan Kecamatan Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru sebagai ibukota Provinsi Riau. Dulunya, kawasan ini merupakan kawasan irigasi, lalu dengan biaya yang tidak sedikit, irigasi ini disulap menjadi sebuah danau kecil yang lebih akrab dengan sebutan danau buatan. Sementara pemerintah sendiri telah mengganti nama danau ini menjadi Danau Bandar Kayangan Lembah Sari atau Danau Kayangan.

Dahulu Danau Buatan atau Danau Kayangan ini hanyalah merupakan sebuah aliran sungai yang disebut Sungai Ambang. Bagian Sungai Ambang yang melebar tersebut dibendung sehingga membentuk sebuah danau.

Danau Kayangan memiliki luas area 14 hektar dengan kondisi pemandangan alam yang masih asri. Sangat cocok untuk melepaskan penat dan kejenuhan suasana Kota Pekanbaru yang cukup padat. Pepohonan hijau yang berjajar di sepanjang area danau menghadirkan suasana kesejukan angin yang teduh. Sangat cocok dikunjungi di siang hari, pada saat cuaca Pekanbaru panas terik. Pada tahun 2012, Danau Kayangan ini dijadikan sebagai salah satu tempat pelaksanaan pertandingan olahraga ski air. Para peserta pun mengaku puas terhadap kondisi suasana danau yang kondusif dengan kedalaman yang pas untuk dijadikan sebagai area lomba.

Di sepanjang kawasan danau, selain bisa menikmati suasana air yang tenang dan terbentang luas, para pengunjung juga bisa duduk santai di sebuah panggung terbuka dengan deretan kursi yang rapi. Di tempat ini kerap diadakan pertunjukan dan festival untuk menghangatkan lagi suasana danau yang teduh dan tenang. Di sekitar area danau, terdapat beberapa tambak ikan yang dikelola warga setempat, menandakan danau ini juga digunakan sebagai tempat mata pencaharian penduduk.

Selain menikmati pemandangan yang teduh, kawasan wisata Danau Kayangan juga menyuguhkan hiburan musiK di hari-hari libur, permainan sepeda air, naik getek atau perahu yang ditarik mesin. Di sekitar area wisata kita juga bisa menikmati berbagai kuliner. Jadi meskipun lokasi danau ini sedikit jauh dari jalan raya, pengunjung tetap bisa menikmati kuliner yang disajikan di tempat tersebut. Wisata Danau Kayangan ini masih memungkinkan pengembangan jenis wisata lainnya seperti berenang, memancing, dan aneka permainan air. Banyak investor yang tertarik mengembangkan tempat wisata alam di Pekanbaru tersebut.

Di tempat ini juga dapat membuat acara khusus semisal panggung musik atau puisi. Acara menjadi lebih spesial karena di belakang panggung terbentang sebuah danau dengan suasana yang tenang dan teduh. Untuk bisa menikmati pemandangan yang lebih indah di kawasan danau, kamu bisa berkunjung menjelang petang hari. Pemandangan sunset di danau Buatan akan bisa kamu nikmati, berpadu dengan pantulan cahaya matahari senja yang jatuh ke air danau. Tempat ini umumnya ramai dikunjungi wisatawan pada hari libur, karena selain aksesnya yang dekat dengan kota, biaya masuk ke lokasi ini pun cukup terjangkau.


Cara Menuju Kawasan Wisata Danau Buatan
Akses menuju ke lokasi danau buatan cukup mudah. Berjarak sekitar 10 kilometer dari pusat Kota Pekanbaru. Dari pusat kota, Anda berkendara menuju ke Kecamatan Rumbai Pesisir tepatnya melalui Jalan Limbungan lalu menuju ke Desa Limbungan. Di kawasan ini kendaraan relatif lebih jarang dan sedikit. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi, seperti mobil atau motor. Bisa juga menggunakan kendaraan umum yang disewa. Di tepi jalan raya, Anda bisa menemukan plank penunjuk arah lokasi Danau Buatan. Dari tepi jalan, Anda masuk ke jalan aspal selama lebih kurang 10 menit. Di kawasan ini, Anda sudah mulai bisa menikmati suasana yang lebih tenang dan sejuk, sebelum akhirnya Anda sampai di kawasan danau dan segala wahana yang ada di tempat tersebut.

Jika Anda tak memiliki kendaraan pribadi, kendaraan taksi juga bisa Anda sewa untuk sampai ke lokasi. Angkot umum tujuan Rumbai juga bisa Anda sewa sebagai kendaraan untuk sampai ke lokasi. Jika berkunjung pada petang hari, sebaiknya Anda jangan sendirian karena jalanan menuju lokasi yang masih relative sepi dan banyak ditumbuhi hutan liar. Bila Anda ingin menginap, sebaiknya mencari hotel atau penginapan yang ada di kawasan Rumbai Pesisir atau Rumbai.

[RiauMagz | Wisata Riau]

Riaumagz

Semua tentang Riau & Indonesia
TWITTER & INSTAGRAM : @riaumagz
Repost : tandai & ikuti kami Gambar dilengkapi keterangan.
#riau #riaumagz #pekanbaru