Minuman Melayu Pekanbaru Riau Yang Khas Untuk Pelepas Dahaga



RiauMagz.com - Cuaca Riau yang panas membuat banyak masyarakat yang berkreasi membuat aneka minuman khas Riau yang segar dan cocok dinikmati di berbagai suasana. Terlebih lagi setelah seharian berpuasa di tengah panas yang terik, aneka minuman khas melayu Riau biasanya menjadi menu wajib pendamping takjil untuk berbuka. Minuman Khas Melayu Pekanbaru Riau misalnya, di kota ini bisa kita temukan berbagai jenis minuman khas dari berbagai daerah di Riau. Biasanya dijual di rumah makan melayu, di gerai-gerai khusus hingga outlet-outlet kecil di jalanan. Harganya cukup terjangkau sehingga minuman tersebut menjadi salah satu sajian berbuka puasa yang paling banyak dicari orang pada cuaca panas.

Minuman khas Pekanbaru Riau memiliki rasanya komposisi yang pas. Tidak terlalu manis dengan menggunakan bahan pemanis gula putih pada umumnya, dicampur dengan aneka buah, santan, susu dan bahan-bahan pembuat minuman lainnya. Ada juga minuman segar dari buah-buah alami seperti kelapa muda yang disajikan lebih khas.

"Minum Teh Tarik di Sultan Resto rasanya otentik", begitu komen salah satu pelanggan kami yang memang penggemar minuman ini. Begini lah cara kami menyiapkan setiap Teh Tarik yang dipesan. Setiap tarikan membuat rasa teh dan susu berpadu dengan sempurna. Rasa teh masih terasa, manisnya susu juga menggoda. Swipe ke kiri untuk melihat prosesnya. Sudah pernah mencoba teh tarik kami? _ Sultan Resto ♨ Masakan Khas Melayu, Minang & Ala Carte ℹ Meeting Room, Ballroom, Catering ⏰ 07.00-22.00 WIB 📱 081317571976 (WA), 0811762535 ☎ (0761) 8402248 #kulinermelayu #sultanresto #brosispku #masakanmelayu #melayufood #kulinerpku #kulinerpekanbaru #kulinerriau #pekanbaru #riau #makananpekanbaru #makananriau #masakanminang #sultanrestomelayu #pkulover #lancangkuning #siak #bumilancangkuning #kulinerindonesia #masakanindonesia #kulinernusantara #indonesia #makanenak #sedap #MenuSultanResto

Sebuah kiriman dibagikan oleh Sultan Resto (@sultanresto.pekanbaru) pada



Jenis-Jenis Minuman Khas Melayu Pekanbaru Riau
Bila berkesempatan datang ke Pekanbaru atau daerah Riau lainnya, Anda bisa mencoba mencicipi aneka jenis minuman khas Riau yang dijual dengan harga terjangkau. Rasanya enak, segar dan membuat Anda rindu ingin balik lagi ke Riau. Di Pekanbaru biasanya menjual minuman yang berasal dari berbagai daerah. Minuman ini tidak semuanya berasal dari Pekanbaru Riau, tapi minuman dari berbagai daerah di Riau yang ada di Pekanbaru. Minuman khas ini [un telah merata-rata tersebar Jadi dengan mengunjungi satu kota, Anda bisa mencicipi banyak rasa.

Berikut ini beberapa jenis minuman tersebut:
  1. Es Laksamana Mengamuk
    Pertama kali mendengar nama minuman ini mungkin akan membuat Anda penasaran, seperti apa sih bentuknya. Minuman es laksamana mengamuk yang asli dapat Anda temukan di daerah Bengkalis, dibuat oleh orang-orang tempatan dengan rasa dan aroma yang khas. Es ini terbuat dari campuran buah kuini yang matang dan harum, dicampur dengan santan segar, sedikit susu dan serutan es batu. Aroma kuini yang harum tersebut lah yang membuat rasa es ini benar-benar khas. Di Pekanbaru kadang buah kuini yang sedikit sulit ditemukan akan diganti dengan buah mangga yang masak. Namun cita rasanya tetap segar, karena menggunakan buah matang yang masih mentah dan segar.

    Minuman Khas Riau Pelepas Dahaga Es Laksamana Mengamuk Pekanbaru

  2. Es Campur Kacang Merah (Es Gunung)
    Kacang merah bukan hanya nikmat dijadikan campuran masakan rendang, namun juga bisa dijadikan bahan pembuat minuman. Es campur biasanya berisi tapai, cendol, delima, cincau, santan, ketan hitam, beberapa potongan buah, susu dan serutan es batu yang dibentuk menggunung. Ada juga yang mencampurinya dengan sirup warna tertentu. Selanjutnya kacang merah akan ditaburkan pada es campur tersebut yang akan semakin menambah kelezatan rasanya.

    Es Campur Kacang Merah sebagian orang menyebutnya Es Gunung tergantung daerah masing-masing. Salah satu es campur yang ada di Pekanbaru adalah Es Campur buatan Kak Erza yang merupakan es campur berasal dari Dabo Singkep Kepulauan Riau, sangat mirip dengan Es Gunung Tanjung Pinang. Dengan porsi besar tetapi harga sangat bersahabat.
    Lokasi :
    Jl. Thamrin
    Samping SD Negeri 82
    Gobah - Pekanbaru

    Es Campur Kacang Merah Es Gunung - Street Food


  3. Teh Tarik Panas dan Dingin
    Kalau Anda tinggal di Pekanbaru, tentu sangat akrab dengan nama minuman yang satu ini. Di kedai-kedai tradisional yang ada di pinggir jalan, minuman ini cukup sering dijual dengan harga yang terjangkau. Teh yang dicampur dengan susu dan dibuat dengan cara yang khas (menarik-narik) inilah yang membuat minuman ini dikenal dan disukai banyak orang. Bisa disajikan dalam keadaan dingin maupun panas. Minuman teh tarik dingin juga sudah bisa ditemukan di mini market dalam kemasan yang disimpan dalam kulkas. Untuk menghangatkan badan di suasana hujan, orang memilih teh tarik yang rasanya hangat.

    Minuman Khas Riau Pelepas Dahaga teh tarik panas dingin es pekanbarukuliner

  4. Kopi Tarik Panas dan Dingin
    Bila Anda penggemar kopi, ada baiknya mencicipi kopi tarik khas Pekanbaru. Sama dengan teh tarik, minuman ini juga menggunakan campuran susu dan dibuat dengan cara yang khas. Hampir sama dengan minuman kopi susu yang bisa Anda nikmati dalam keadaan panas dan dingin. Kopi tarik hangat cocok jadi teman di saat begadang di malam hari.

    Minuman Khas Riau Pelepas Dahaga kopi tarik aceh panas dingin es

    Minuman Khas Riau Pelepas Dahaga Kopi Tarik Panas Dingin

    Minuman Khas Riau Pelepas Dahaga Kopi Tarik Panas Dingin

    Minuman Khas Riau Pelepas Dahaga Kopi Tarik Panas Dingin

  5. Kopi Liberika Panas dan Dingin
    Kopi liberika merupakan jenis dari kopi meranti yang sudah mendunia. Kopi dengan rasa pahit yang khas ini menjadi salah satu minuman khas yang menjadi kebanggaan masyarakat Riau. Buat penggemar kopi, jika Anda berkunjung ke Riau jangan lupa mencicipi rasa kopi liberika yang unik tersebut.

    Info dan pemesanan :
    Telp/WA +6285278904001 Fiko
    WA/call +6281365901166 Shodik

    Minuman Khas Riau Pelepas Dahaga kopi liberika meranti kopicurah Pekanbaru nangcoffee

    Minuman Khas Riau Pelepas Dahaga kopi liberika meranti kopicurah Pekanbaru nangcoffee

    Minuman Khas Riau Pelepas Dahaga es kopi liberika Pekanbaru

  6. Es Kelapa Jeruk atau Es Jeruk Kelapa
    Menikmati es kelapa muda bagi orang Riau punya cara dan sensasi tersendiri yakni dengan mencapurnya dengan sedikit perasan jeruk nipis. Dengan rasa manis yang alami tanpa tambahan gula, minuman ini juga bagus diminum untuk Anda yang sedang diet. Biasanya minuman air kelapa ini disajikan secara alami di dalam kelapa mudanya. Anda akan diberikan beberapa butir es batu di dalam gelas jika ingin menikmatinya dalam suasana dingin. Minuman ini juga bisa membantu meredakan meriang tubuh karena menurunya daya tahan tubuh. Tentunya dengan tidak menambahkan es batu ke dalamnya.

    Minuman Khas Riau Pelepas Dahaga Es Kelapa Jeruk Kelapa

  7. Teh Serai Panas dan Dingin
    Keharuman rasa teh akan semakin istimewa jika Anda menikmatinya dengan sebatang teh yang juga harum. Inilah yang disebut dengan minuman teh serai. Anda bisa menikmati minuman teh hangat dengan sendok pengaduknya dari batang serai. Aroma dan rasanya semakin khas. Bisa dinikmati dalam keadaan dingin maupun hangat.

    Minuman Khas Riau Pelepas Dahaga Es Teh Serai Panas Dingin

  8. Teh Telur panas/Dingin
    Minuman teh telur panas banyak dikonsumsi orang untuk membantu meningkatkan stamina, mengurangi meriang dan sejenisnya. Minuman teh ini menggunakan campuran telur ayam kampung mentah sehingga memiliki rasa yang khas bagi yang menyukainya. Mau tau rasanya minuman ini? Bisa mencarinya di Pekanbaru.

    Minuman Khas Riau Pelepas Dahaga teh telur panas dingin ajo harapan raya

    Minuman Khas Riau Pelepas Dahaga teh telur panas dingin ajo harapan raya

    Minuman Khas Riau Pelepas Dahaga teh telur panas dingin kristal gula

  9. Es Durian
    Es durian menjadi salah satu minuman melayu favorit di Riau. Minuman ini banyak dijual di tepian jalan maupun bisnis-bisnis rumahan. Es durian biasanya dibuat dengan mencampur santan, cendol berwarna hijau dengan pewarna pandan atau daun suji, susu, buah durian segar yang diletakkan menggoda di bagian atasnya. Ditambah dengan serutan es batu dan gula. Gula yang digunakan bisa merah atau putih. Rasanya tak terlupakan dan harganya pun lumayan mahal, terlebih jika sedang tidak musim durian.

    Minuman Khas Riau Pelepas Dahaga Es Durian Pekanbaru

  10. Es Asam Somboy/Sun Boi/kiamboy (salted dried plum/prune candy)
    Minuman ini dibuat dengan cara yang sangat mudah. Larutkan gula pasir dengan air hangat, setelah itu masukkan somboy bubuk yang biasa ditabur untuk buah. Masukkan biji Somboy merah. Selanjutnya masukkan air perasan jeruk nipis. Aduk hingga rata dan tambahkan air dingin sesuai selera. Minuman ini lebih nikmat dikonsumsi pada saat dingin menggunakan es batu.

    Minuman ini bahan dasarnya adalah somboy/sunboi atau pun kiamboy/kiamoy. Sebagian menyebutnya sun boi, asam asin, asam manis, kiamboy, kiamoy, kumquets yang merupakan asinan atau manisan buatan China dari olehan buah plum/prune atau jeruk kumquats atau jeruk kietna yang dikeringkang. Rasanya asin dan asam serta manis. Rasa manis dari taburan gula diatas asinan tersebut. Sebagian orang menyebutny asinan karena prosesnya adalah penggaraman terhadap buah, walaupun sebagian lagi menyebutnya manisan. Asinan buah plum kering (salted dried plum or prune candy) banyak dijual oleh pedagang China maupun melayu di daerah pesisir timur pulau Sumatera dan pulau-pulau sekitarnya.

    Minuman ini diberi perasa tambahan dari jeruk kesturi/kasturi yang akan lebih menyegarkan.

    Minuman Khas Pekanbaru Riau Pelepas Dahaga soboy sunboi kiamboy kiamoy

    Minuman Khas Riau Es Asam Somboy Sun Boi kiamboy Pekanbaru

  11. Es Air Mata Pengantin
    Es air mata pengantin menggunakan campuran selasih yang mirip dengan berudu kecil berwarna hitam. Dengan menggunakan sirup berwarna-warni, campuran bahan lain seperti serutan kelapa, aneka buah, kolang kaleng, dan es batu. Biasanya dibuat tiga warna yang berbeda seperti rainbow. Bagian atas merah, tengah kuning dan atas hijau. Di tengah cuaca yang panas, bintik-bintik selasih berwarna hitam yang melambangkan air mata pengantin itu amat menggugah selera banyak orang. Minuman melayu Pekanbaru Riau ini wajib Anda coba saat berada di Pekanbaru.

    Minuman Khas Riau Es Air Mata Pengantin Pekanbaru

  12. Es Lancang Kuning
    Minuman khas melayu Riau lainnya yang bisa Anda nikmati di Pekanbaru adalah Es Lancang Kuning. Seperti namanya, minuman ini dominan dengan warna kuning yang berasal dari potongan buah mangga. Cara membuatnya cukup mudah, blender buah mangga yang sudah masuk lalu masukkan ke dalam gelas. Masukkan nata decoco, tambahkan air gula, bisa juga dengan menambah santan dan susu. Bila ingin rasa buah yang lebih teras, mangga cukup dipotong-potong menyerupai laksamana mengamuk.

  13. Es Degup-Degup
    Kreasi bahan sagu ternyata juga disajikan orang dalam ragam minuman khas Riau. Minuman dari bahan sagu yang tak banyak dikenal orang cukup baik dikonsumsi oleh Anda yang menderita penyakit maag. Minuman ini menjadi salah satu minuman melayu Pekanbaru Riau yang khas.

  14. Es Lilin Sagu Mutiara
    Olahan sagu menjadi bahan dasar sebagian makanan-makanan khas Riau, termasuk juga minuman. Sagu mutiara banyak digunakan orang untuk campuran makanan seperti bubur, es dan minuman segar lainnya. Sagu mutiara tanpa warna, berwarna-warna atau satu warna biasanya dimasukkan ke dalam santan, serutan es, gula putih, susu, pewarna dan pengharum alami seperti pandan. Rasanya benar-benar tak terlupakan. Cocok diminum di cuaca yang panas terik seperti cuaca Kota Pekanbaru.


Datang langsung ke Pekanbaru Riau untuk mencicipi aneka jenis minuman khas melayu Riau. Beberapa jenis minuman di atas mungkin ada juga di daerah lainnya, namun rasa dan racikan minuman melayu yang ada di Riau jelas akan berbeda dibandingkan tempat lainnya. Yuk jalan-jalan ke Pekanbaru untuk menikmati aneka minuman melayu Pekanbaru Riau
Jumlah kata: 1200

Sumber :
IG @KopiCurah
IG @NangCoffee
IG @SultanResto.Pekanbaru
IG @PekanbaruKuliner

[RiauMagz | Wisata Riau | Kuliner Melayu | Minuman Melayu ]