Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian, Jenis dan Cara Mengatasi Spyware

RiauMagz.com - Pengertian, Jenis dan Cara Mengatasi Spyware




Tidak ada orang yang ingin ponsel maupun komputer mereka terkena spyware. spyware adalah ancaman yang bisa saja muncul kapan saja di komputer, ponsel maupun server Indonesia yang kamu gunakan saat ini, spyware digunakan untuk melakukan berbagai kejahatan cyber.

Semua perangkat yang ada di dunia ini, pada dasarnya memiliki resiko bisa terkena spyware ketika mereka sedang terkoneksi dengan internet. Lantas, apa itu spyware dan bagaimana cara kita mengatasi jika komputer maupun ponsel terkena serangan spyware ini? Yuk kita cari tahu melalui pembahasan berikut ini!


Pengertian Spyware

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang spyware seperti jenis-jenis spyware dan cara mengatasinya. Kita berkenalan dulu lebih dalam tentang spyware, Norton mengatakan bahwa spyware adalah perangkat lunak yang bisa masuk tanpa izin ke perangkat yang kamu miliki.

Perangkat bernama spyware ini bisa masuk tanpa kamu ketahui dan spyware bisa masuk ke perangkat melalui berbagai macam kesempatan. Seringkali juga, beberapa orang sukar untuk menyadari bahwa perangkat mereka telah dimasuki spyware.

Ketika software jahat ini berhasil masuk, biasanya akan memulai mencuri data pengguna dan informasi penting lainnya. Bahkan, tanpa kita sadari spyware bisa merusak perangkat yang kamu miliki, tanpa kita sadari.

Dan biasanya, informasi-informasi yang didapatkan tersebut akan dijual oleh sang pelaku kepada advertiser, firm dan lainnya. Informasi yang biasanya dicuri melalui spyware ini adalah sebagai berikut:

  1. Username dan password.
  2. Kode PIN.
  3. Browsing history.
  4. Nomor kartu kredit.
  5. Alamat email.
  6. Melacak ketikan keyboard.
  7. Jenis-Jenis Spyware

Di dunia ini kurang lebih ada empat tipe spyware yang perlu kita hindari, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Password Stealer

Spyware jenis ini biasanya akan mencuri password yang dimasukkan ke dalam sebuah perangkat yang kamu gunakan. Jenis spyware yang satu ini bisa dibilang mirip dengan jenis spyware yang lain yaitu keylogger, akan tetapi ini lebih khusus lagi.

Baca juga : Apa itu https?

2. Keylogger

Jenis berikutnya adalah keylogger yang kita mungkin lebih mengenalnya sebagai system monitor. Memang seperti namanya, jenis spyware yang satu ini memiliki kemampuan memantau setiap aktivitas kamu ketika menggunakan salah satu perangkat seperti komputer atau ponsel.

Termasuk ketika kamu memasukkan password dan juga username, keylogger secara otomatis akan merekam setiap aktivitas tersebut. Tidak hanya itu saja, keylogger juga bisa mengintip setiap history pencarian yang ada di internet seperti system credentials dan lainnya.

3. Infostealer

Jenis spyware berikutnya adalah infostealer, jenis spyware yang satu ini juga bisa mengambil username, password, alamat email, log files, spreadsheet, history browser, file media, dokumen dan lain sebagainya.

Biasanya, jika perangkat kamu terinfeksi spyware jenis ini. Semua data personal yang kamu miliki akan dicuri dengan sangat mudah.

4. Banking Trojan

Terakhir adalah banking trojan yang bisa memanfaatkan kelemahan sistem keamanan di browser yang kamu gunakan. Sehingga spyware ini bisa dengan mudah mengumpulkan segala informasi tentang keuangan seperti e-banking, dompet digital dan lain sebagainya.

Cara Mengatasi Spyware

Setelah kita mengetahui apa itu spyware dan jenisnya, saatnya kita atasi serangan spyware ini dengan menggunakan beberapa metode sebagai berikut:

Menonaktifkan Autorun
Agar tidak terkena serangan spyware, salah satu cara mengatasinya adalah dengan menonaktifkan autorun yang ada di perangkat kamu. Karena ketika kamu menjalankan sebuah program seperti membuka file dan lain sebagainya. Disarankan untuk terlebih dahulu diperiksa secara seksama.

Untuk menjaga kemungkinan file tersebut di serang oleh spyware. Tapi jika kamu sudah yakin bahwa ada beberapa file yang sudah terkena spyware, lebih baik jangan dibuka maupun menjalankannya. Karena bisa saja file tersebut adalah spyware.

Berhati-hati Ketika Download File
Paling sering spyware masuk ke perangkat yaitu melalui file yang kamu download di internet. Berhati-hati adalah cara terbaik, pastikan semua file yang kamu download berasal dari sumber yang menyakinkan dan bebas ancaman dari spyware.

Waspada Terhadap Lampiran Email yang Masuk
Spyware juga bisa masuk melalui lampiran email yang orang lain kirimkan, jika kamu dapati ada orang yang tidak dikenal mengirimkan email berisi tautan atau lampiran file. Maka kamu perlu waspada dan lebih baik tidak di download maupun di klik, karena dikhawatirkan itu spyware.

Gunakan Antivirus dan OS Versi Terbaru
Komputer kamu akan selalu terlindungi jika dilengkapi dengan program antivirus dan juga OS dengan versi terbaru. Maka dari itu, jangan sampai lupa untuk mengupdatenya, karena sangat berperan penting dalam perlindungan perangkat yang kamu gunakan.

Lindungi Perangkat yang Kamu Gunakan dari Software Berbahaya!
Spyware adalah salah satu software berbahaya yang kamu harus hindari dan cara-cara menghindarinya bisa dengan memasang antivirus versi terbaru, tidak menggunakan software bajakan dan mendownload file hanya dari sumber terpercaya.

Semoga bermanfaat ya!


RiauMagz, Wisata Riau