-->

Perkenalkan Wisata Twin Island, Pantai Indah di Tengah Sungai


RiauMagz.com - Ombak Bono, siapa yang tidak kenal dengan ombak bono? fenomena alam yang sangat unik, ombak yang biasanya ada di laut, tetapi ini di Sungai Kampar terdapat ombak yang langka. Tepatnya di Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan. Yang menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi penduduk sekitar bahwa ombak ini sudah dikenal hingga internasional. Khususnya bagi peselancar profesional.

Ombak Bono sebagai fenomena alam langka yang ini, bagi warga sekitar menyebutnya Ombak Tujuh Hantu, atau ombak dengan tujuh lapis. Penyebutan seperti ini dikarenakan terdapat 6 (enam) ombak yang berada dibelakang mengikuti 1 (satu) ombak besar yang ada didepannya.

Jadi, jika anda sedang berkunjung ke Teluk Meranti untuk menikmati suasana dan serunya Ombak Bono yang mendunia, tidak ada salahnya anda berkunjung dan melanjutkan perjalanan wisata anda ke Pantai Twin Island yang terletak di Teluk Binjai, tempat wisata yang masih sangat baru dan wajib di kunjungi jika ke Teluk Meranti.

Pemandangannya yang ditawarkan tidak seperti pantai biasanya, anda akan merasa takjub dengan hamparan pantai yang satu ini, pantai ini akan cocok untuk anda menghabiskan akhir pekan dengan kawan-kawan. Dan catatan pentingnya adalah, pantai ini berada di Sungai Kampar, bukan di laut.

LOKASI PANTAI

Pantai ini terletak di Sungai Kampar tepatnya di Desa Teluk Binjai, Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, Riau. Berjarak kira-kira 20 kilometer dari Teluk Meranti bila ditempuh dengan jalur darat. Pantai ini berada di tengah-tengah Sungai Kampar di seberang desa Teluk Binjai.

RUTE JALAN KE PANTAI TWIN ISLAND

Perjalanan menuju pantai ini, anda dapat menggunakan kendaraan pibadi baik kendaraan roda dua atau yang lainnya. Untuk menyebrang ke pantainya, anda bisa menggunakan jasa dari perahu nelayan setempat.

Jika dari Pekanbaru, rute perjalanan yang dapat anda tempuh ialah menuju Pangkalan Kerinci sekitar 2 jam lalu menuju ke Teluk Binjai melalui jalan lintas Bono. Perjalanan melalui Lintas Bono mulai dari Simpang Bunut, sekitar 30 menit dari Pangkalan Kerinci sampai ke Desa Teluk Meranti. Desa Teluk Binjai berada sebelum Desa Teluk Meranti. Untuk menuju ke Twin Island dapat diakses dengan jalur darat sampai ke Desa Teluk Binjai, lalu anda harus menyeberang menggunakan perahu mesin nelayan setempat sekitar 15 menit, tetapi jika menggunakan speed boat anda bisa sampai dengan lebih cepat sekitar 5 menit.
Atau jika anda sudah berada di Teluk  Meranti anda bisa melewati Jalan Lintas Bono ke Desa Teluk Binjai dengan jalur darat sekitar 20 menit.

DAYA TARIK PANTAI TWIN ISLAND

Pantai ini tergolong objek wisata yang masih sangat baru dengan beberapa fasilitas pendukung seperti pondok-pondok, tempat-tempat duduk yang sedang dibangun oleh penduduk setempat. Wisata ini belum di kenal banyak oleh khalayak umum. Padahal, letaknya sangat unik yaitu berada di tengah Sungai Kampar, dengan pemandangan  sungai dari dua pulau yang berdekatan dan terhubung.

Yang menjadi daya tarik dari pantai tersebut yaitu hamparan pantai yang luas dengan pasir pantainya yang berwarna putih kecoklatan dan pemandangan yang unik dan jarang ditemukan yaitu pemandangan tepi pantai dari sebuah sungai. Anda bisa merasakan suasana di sebuah pulau dan pantai, tetapi bukan di laut melainkan di sungai. Di Pulau tersebut anda bisa menikmati piknik bersama teman-teman atau dengan keluarga karena sudah dibangun pondok-pondok untuk berteduh. Di sana anda bisa bermain air atau hanya duduk-duduk di tepi pantai sambil berfoto-selfie dengan kawan-kawan.

Ya... begitu anda tiba di sana, anda akan dibuat takjub akan sebuah keunikan. Bagaimana ada sebuah pulau dan pantai yang luas di tengah sungai? Di pantai ini, mata juga akan dimanjakan dengan pemandangan hutan yang rimbun dan luas pada kedua sisinya yang juga menjadi salah satu daya tarik bagi Twin Island. Jika air sedang pasang maka pantai tersebut akan menghilang dan menghasilkan dua buah pulau yang sebenarnya terhubung. Begitupun jika air surut maka kedua pulau seakan-akan menyatu dan ada pantai diantaranya.

Lalu... siapasih yang tidak terpesona dengan keindahannya matahari terbenam? Dari semua kalangan, mulai dari yang muda hingga yang tua pasti suka dengan matahari terbenam. Nah di Pantai Twin Island ini anda juga bisa menikmati pemandangan matahari terbenam yang sangat indah dari tepi pantai Twin Island ini. Apalagi jika cuaca sedang cerah, maka pantai Twin Island ini sangat cocok bagi anda pencinta pemandangan matahari terbenam. Sambil anda menikmati matahari terbenam anda juga bisa berfoto dengan latar matahari terbenam tersebut yang sangat indah dan cerah.

Nah... apakah anda tertarik berkunjung ke Twin Island? Jadi jika anda berkunjung ke Teluk Meranti jangan lupa ya berkunjung Twin Island.


Hafshah Hartini
Mahasiswa Universitas Riau.

Catatan redaksi :
Di bawah ini adalah lagu ciptaan anak Riau tentang kehebatan, keunikan dan pesona Ombak Bono Sungai Kampar. Lagu ini diciptakan oleh Tedja Fathasena, anak dari alm. Husni Thamrin yang juga telah banyak menciptakan lagu melayu Riau.

Bono Waves (Bono Surf Themes)
oleh : Tedja Fathasena
Musik : Jamalaya


RiauMagz, Wisata Riau, Wisata Pelalawan, Ombak Bono, Pantai Twin Island.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel