Tour de Siak 2018, Pariwisata Riau yang Mendunia

Tour de Siak 2018, Pariwisata Riau yang Mendunia

RiauMagz.com - Tour de Siak menjadi salah satu event yang dinantikan baik masyarakat lokal, nasional bahkan mancanegara. Pariwisata Olahraga Internasional ini berhasil menyedot perhatian sehingga menyebabkan kunjungan ke kota Siak pun membludak setiap event ini diselenggarakan.

Event Tour de Siak ini menjadi event olahraga yang mampu membuat Kabupaten Siak sebagai Kabupaten Pariwisata dan Olahraga yang mampu memacu pertumbuhan sektor pariwisata di Provinsi Riau.

Balap sepeda menjadi momentum pariwisata Tour de Siak ini berhasi membuat Kabupaten Siak dikenal dikancah internasional. Maka tidak heran jika banyak orang yang kemudian tertarik untuk mengunjungi kota Siak saat event ini diselenggarakan.

Event pertama dari Tour de Siak ini diselenggarakan pada tahun 2013 lalu. Pemerintah Kabupaten Siak berkomitmen untuk menjadikan Tour de Siak sebagai langkah awal untuk pengembangan pariwisata di Provinsi Riau. Ternyata usaha tersebut berhasil dan respon positif dari berbagai pihak.

Event besar ini ternyata tidak hanya berhasil menyedot perhatian, namun juga berhasil memberikan nilai tambah bagi promosi dan investasi daerah, pembangunan infrastruktur dan perekonomian.

Nuansa Melayu dan hidangan kuliner khas Melayu yang dipersembahkan dalam event Tour de Siak ini akhirnya membuat Siak mendapatkan julukan sebagai “Siak The Truly Malay”.

Tidak hanya menjadikan Siak sebagai pusat destinasi Wisata Riau namun juga sebagai pusat sejarah dan kebudayaan melayu. Ternyata rencana tersebut berhasil, hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya wisatawan dari dalam dan luar daerah untuk berkunjung ke Siak setiap akhir pekan karena penasaran dengan kabupaten yang berjuluk Negeri Istana ini.

Untuk meningkatkan kunjungan ke Kabupaten Siak, pemerintah juga senantiasa melakukan pembenahan dan peningkatan destinasi wisata baik itu alam, budaya, iven, dan juga buatannya.

Pada tahun 2018 ini, Tour de Siak rencanyanya akan diselenggarakan pada Sep 18 2018 - Sep 21 2018 berdasarkan jadwal pada Ikatan Sport Sepeda Indonesia (Indonesia Cycling Federation) dapat dibaca di https://www.icf.id/icf-events/tour-de-siak-2018/. Biasanya, event ini akan diawali dengan Fun Bike para pembalap sepeda berkeliling kota sambil dihibur dengan kesenian rakyat.

Puncaknya, para pembalap yang mengikuti Tour de Siak ini akan adu kayuh sepeda sampai ke finish melewati etape yang sudah disediakan. Tentu saja etape yang sudah dipersiapkan tersebut juga mengandung unsur wisata serta budaya dari Kabupaten Siak itu sendiri.

Jika pada tahun sebelumnya hanya ada tiga etape yang dilalui, berbeda dengan tahun 2018. Pemkab Siak menambah satu etape lagi untuk dilalui para peserta yang berasal dari Indonesia dan luar negeri tersebut.

Sepanjang etape ini, para peserta akan memacu adrenalin kecepatan mereka dengan peserta lainnya. Namun hal yang tidak boleh terlewatkan adalah pemandangan yang disajikan dari atas jembatan nan megah ini. Para raider akan dimanjakan dengan keasrian dan kesejukan pepohonan serta perkebunan kelapa sawit yang ada di kanan-kiri jalur lintasan.

Peserta juga akan disuguhi dengan pemandangan persawahan terlebih lagi ketika melewati kecamatan Bungaraya. Setelah itu, barulah peserta akan menaiki jembatan Tengku Abdul Jalil Rakhmadsyah dan memasuki perkampungan warga yang masih asri.

Di etape ketiga jaraknya lebih jauh lagi. Dimana jalur tersebut tidak selamanya lurus. Namun juga terdapat beberapa tikungan patah sampai dengan menuju Kota Perawang dengan melintasi Jembatan Sultan Syarif Qasim. Tentu saja diperlukan kehati-hatian ekstra untuk melintasi jalur tersebut. Sedangkan di tetapi terakhir berada di kota Siak. Pembalap akan melewati rute di dalam Kota.

Kejelian Pemkab Siak untuk melihat potensi wisata yang ada di wilayah ini patut diapresiasi. Terlebih lagi Event Tour de Siak yang menyuguhkan kompetisi bersepeda menarik antar negara yang sayang untuk dilewatkan terlebih bagi masyarakat yang tinggal di kabupaten tersebut.

Membludaknya penonton dan wisatawan mancanegara tentu juga menjadi pekerjaan rumah tersendiri bagi pemerintah Kabupaten Siak untuk mengembangkan Wisata Riau yang satu itu. Yakni mengenai sosialisasi untuk tidak membuang sampah sembarangan. Maka dari itu, tetaplah jaga kebersihan selagi kita menyaksikan event akbar tersebut.

“Jangan Buang Sampah Sembarangan di lokasi wisata ini !!!”

Tour de Siak Incaran Wisatawan Domestik dan Mancanegara

Artikel ini pernah dimuat di blog RiauMagz tahun 2016 dan telah diubahsuaikan untuk Tour de Siak 2018.

[ RiauMagz | Wisata Riau | Wisata Siak ]