Objek Wisata Riau - Kolam Hijau Kabupaten Siak

Objek Wisata Riau - Kolam Hijau Kabupaten Siak

RiauMagz.com - Siak menyimpan banyak objek wisata sejarah peninggalan kerajaan Siak dan keturunannya di masa lampau. Salah satunya yang berada tak jauh dari Sungai Siak adalah kolam hijau. Sebuah objek wisata berupa kolam dengan warna air hijau memiliki sejarah penting pada masa kerajaan Siak. Kolam ini dahulunya digunakan untuk kegiatan mistis anggota kerajaan dengan memandikan senjata-senjata seperti pedang dan keris di dalam kolam tersebut. Warna hijaunya semakin lama berkurang.

Dahulunya warna hijau cukup pekat sehingga orang menyebutnya kolam hijau. Lokasi objek wisata kolam hijau terletak di jalan lintas Siak-Bengkalis, tepatnya di Desa Buantan, Kecamatan Siak, Kabupaten Siak. Dahulunya kolam ini dijadikan sebagai tempat pemandian Raja Kecik sebagai salah satu pendiri Kerajaan Siak.

Sebuah kolam yang tak begitu luas dengan warna air hijau pekat tersebut ditumbuhi bunga teratai di bagian airnya. Tanaman bunga bongsai tertanam rapi di sekelilingnya. Sekilas hampir tak ada yang istimewa, sama dengan kolam-kolam pada umumnya. Namun kolam ini cukup populer dikunjungi para wisatawan, termasuk juga para wisatawan mancanegara yang ingin melihat langsung bukti sejarah Kerajaan Siak. Tak jarang para wisatawan tersebut juga membawa senjata yang mereka miliki untuk ikut dicuci di air kolam.
Kawasan di sekitaran kolam hijau cukup rimbun dengan tanaman dan pohon-pohon yang nyaman untuk dikunjungi. Namun kondisi ini sering disalah gunakan fungsinya oleh para pengunjung. Kebiasaan penyakit masyarakat melakukan mesum misalnya, sering dilakukan di kawasan yang dilindungi tersebut. Hal ini terungkap dari laporan warga kepada anggota dewan. Perlu dilakukan pengawasan dan penjagaan pada tempat-tempat wisata yang dilindungi sehingga tidak memberikan citra buruk terhadap tempat wisata.

Berkunjung ke kolam ini bisa memberikan informasi bukti sejarah nyata bagi Anda. Cukup berfoto dan berfose di depan kolam, lalu buatlah caption di sosial media tentang sejarah kolam hijau tersebut. Lokasinya mudah dijangkau sehingga bisa Anda kunjungi sejenak meski hanya sekedar melintas di perjalanan ke Siak atau Bengkalis. Meski tak seramai objek wisata yang ada di pusat kota, untuk para peneliti, jurnalis, sejarawan atau penulis cukup penting mengunjungi kolam ini sebagai pengenalan bukti sejarah otentik tentang keberadaan Kerajaan Siak di masa lampau.

Kurang cocok untuk dijadikan sebagai tujuan wisata keluarga, terlebih jika Anda membawa anak-anak. Karena tentu saja akan repot menjaga anak-anak agar tak bermain di tepi kolam atau bahkan ingin masuk ke kolam. Bila ingin berkunjung, cukup datang sejenak lalu berfoto.

Kondisi sekitar kolam harus selalu dijaga termasuk juga kebersihan airnya. Adanya tanaman teratai di bagian atasnya membuat kondisi air semakin dingin dan hijau. Beberapa jenis ikan pun hidup dengan nyaman di bawah bunga-bunga tersebut. Tapi jangan coba-coba memancing di tempat bersejarah ini karena dilindungi.

Objek Wisata Riau - Kolam Hijau Kabupaten Siak

Cara Mengunjungi Objek Wisata Kolam Hijau, Kabupaten Siak
Untuk dapat sampai ke objek wisata kolam hijau di Kabupaten Siak, Anda cukup melakukan perjalanan darat baik menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Dengan waktu perjalanan 2-3 jam saja Anda sudah bisa sampai ke Desa Buantan, Kecamatan Siak, Kabupaten Siak. Perlu diingat, sebelum mengunjungi tempat ini, sebaiknya Anda membawa akomodasi yang cukup. Bila ingin bermalam, sebaiknya mencari penginapan di pusat Kota Siak yang cukup lengkap. Demikian juga kuliner, Anda bisa mengisi perut lebih dulu di pusat kota sebelum melanjutkan perjalanan ke berbagai lokasi wisata di Siak termasuk kolam hijau.

Jangan lupa mengabadikan tempat bersejarah ini dalam kamera Anda. Promosikan di akun sosial media untuk membantu mendatangkan wisatawan lainnya ke tempat-tempat wisata bersejarah di Siak. Berkunjung ke kolam hijau akan lebih baik Anda lakukan di pagi hari atau petang hari saat cuaca belum panas atau sudah tidak panas lagi. Pasangan muda-mudi banyak berkunjung ke area lokasi wisata tersebut. Anda bisa mencari lokasi yang nyaman untuk berfoto dengan posisi yang terbaik. Jangan lupa membaca informasi dan menanyakan banyak hal pada warga sekitar tentang tempat bersejarah tersebut.


[RiauMagz | Wisata Riau | Wisata Siak | Kolam Hijau ]