Musim Menyelam di Wakatobi Sulawesi Tenggara

Musim Menyelam di Wakatobi Sulawesi Tenggara

RiauMagz.com - Di Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Anda dapat menikmati menyelam 365 hari setahun. Tidak ada masa atau musim tertentu untuk menyelam di Wakatobi. Iklim yang lebih kering daripada daerah lain di Indonesia, dan lokasi cukup dilindungi oleh terumbu karang dan pulau-pulau sekitarnya. Wakatobi memiliki potensi sumberdaya alam laut yang bernilai tinggi baik jenis dan keunikannya, dengan panorama bawah laut yang menakjubkanb dengan pantai lantai sampai jarak beberapa ratus meter dan di beberapa tempat terdapat tubir curam. Kedalaman laut di Wakatobi bervariasi dari 0 meter sampai yang terdalam yaitu 1.044 meter.

Wakatobi memiliki 25 gugusan terumbu karang utama dengan panjang pantai seluruhnya 600 km. Di dalam lautnya terdapat 112 jenis karang dari 13 famili. Dan tentunya laut Wakatobi memiliki ikan yang berjumlah 93 jenis ikan untuk konsumsi dan perdagangan serta ikan hias. Di udara laut perairan Wakatabi terdapat berbagai jenis burung dari yang kecil sampai predator yang besar.

Waktu kunjungan terbaik ke Wakatobi untuk menyelam adalah berkisar bulan April, Mei, Juni kemudian bulan Oktober, NOvember dan Desember. Kondisi umum cuaca di Wakatobi untuk memperkirakan waktu menyelam tertera di bawah ini.

Angin
Secara umum Wakatobi memiliki dua musim angin yaitu angin timur dari bulan Juni sampai Oktober, dan angin Barat antara Desember sampai April. November dan Mei biasanya bulan transisi. Juli dan Agustus ada sedikit peningkatan dalam kecepatan angin, dan riak laut agak meninggi, dengan visibilitas masih baik. Cuaca di bulan ini sedikit lebih dingin, sehingga waktu yang tepat untuk mengunjungi bagi mereka yang lebih memilih untuk tidur tanpa menggunakan AC di malam hari.

Suhu Air
Wakatobi memiliki suhu air yang hangat di lapisan air bagian atas sekitar akhir Oktober, ketika temperatur dapat mencapai maksimum 30 derajat Celcius (86 derajat Fahrenheit). Waktu paling bagus jatuh di paruh kedua bulan Agustus dengan suhu minimum yang hampir 26 derajat Celcius (78 derajat Fahrenheit).

Dari bulan Maret sampai Mei rata-rata suhu 28 derajat Celcius (82,4 derajat Fahrenheit), Juni rata-rata 27 C (80,6 F), 26 Juli C (78,8 F), September adalah antara 26 - 27 C (78-81 F), 28 Oktober 30 C (82-86 F). Dari November sampai Maret rata-rata suhu 28 - 29 C (82,4 F-85 F). Kisaran suhu air yang ideal untuk pertumbuhan karang dan tidak ada pemutihan karang di Wakatobi.

Suhu Udara
Suhu udara di Wakatobi mirip dengan daerah lain di Indonesia yaitu berkisar antara 26 - 30 derajat Celcius. (78,8-86 Fahrenheit).

Curah hujan
Jumlah curah hujan tahunan sekitar empat kali lebih rendah dari rata-rata Indonesia. Wakatobi adalah salah satu daerah yang lebih kering di Indonesia dengan sinar matahari di hampir setiap hari, dan kelembaban udara adalah sebagian besar hanya sekitar 65 sampai 75%.

Visibilitas bawah air
Visibilitas bawah air adalah sebagian besar berjarak antara 20 m dan 50 m, dengan rata-rata 35 m atau 100 kaki. Hal ini terjadi karena tidak ada sungai atau danau membawa sedimen tanah ke laut, sehingga visibilitas tidak terpengaruh oleh hujan.

Selamat Menyelam di Wakatobi...


Republish dari tanggal 8 Mei 2013
RiauMagz, Wisata Sultra, Wisata Sulawesi Tenggara, Wisata Indonesia.