Pantai Tanjung Senekip - Teluk Pambang - Wisata Bengkalis

Pantai Tanjung Senekip Teluk Pambang Wisata Bengkalis

Pantai Teluk Pambang
Pantai Tanjung Senekip berada di Dusun Parit Tiga, Desa Pambang, Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis. Pantai yang sangat panjang ini, kurang lebih empat sampai lima kilometer, mencakup beberapa dusun diantaranya Desa Teluk Lancar, Kembung Luar, Parit Tiga sampai ke Desa Pambang Pesisir. Sehingga terkadang penyebutan nama pantai tersebut menjadi berbeda-beda berdasarkan lokasi dusunnya. Penyebutan Pantai Teluk Pambang menjadi penyebutan secara umum.

Desa yang yang diapit Tanjung Senekep dan Tanjung Parit di kawasan pesisir Bengkalis ini sangat dekat dengan negara jiran Malaysia. Bahkan Malaysia menjadi pemandangan yang bisa dilihat langsung dari tepi Pantai Teluk Pambang. Meskipun memiliki pasir yang berwarna kecoklatan, Pantai Teluk Pambang menjadi salah satu desa yang membuat orang rindu berkunjung ke Bengkalis. Suasana di desa ini begitu khas dan banyak menjadi tujuan wisata warga luar Bengkalis, terutama mereka yang ingin menyaksikan suasana pesisir dengan aneka kuliner yang khas.

Pantai Tanjung Senekip Teluk Pambang Wisata Bengkalis

Di Pantai Teluk Pambang, selain kita bisa menikmati suasana pantai pada umumnya, tempat ini juga menjadi syurganya para pecinta makanan seafood. Makanan seperti udang, ketam atau kepiting, ikan tenggiri, ikan parang dan sebagainya merupakan makanan seafood populer di daerah ini. Selain itu, makanan khas yang sudah sangat terkenal di Bengkalis adalah belacan Bengkalis bisa dinikmati sepuasnya di daerah ini.

Desa Pambang merupakan salah satu desa di Kabupaten Bengkalis yang dihuni mayoritas suku Jawa. Di tempat ini, warga menggunakan bahasa Jawa dalam dialog sehari-hari. Sepanjang jalan desa, berdiri rumah-rumah papan panggung, sebagian juga telah dikombinasikan dengan bangunan batu, namun tetap ada kombinasi dengan papan. Air di daerah ini seperti pada umumnya daerah di pesisir, berwarna merah dan coklat seperti teh. Jarak rumah berdekatan dengan pohon nyiur yang cukup banyak dan menjadi tumbuhan utama di setiap lahan rumah warga. Bila ingin menikmati suasana pesisir yang lebih khas, maka pengunjung bisa datang ke kawasan pantainya di Pantai Teluk Pambang. Pantai ini memiliki hamparan daratan yang cukup luas, panorama matahari terbenam (sunset) yang indah di petang hari bisa dinikmati di tempat ini. Hembusan angin segar membuat banyak pasangan muda-muda senang berlama-lama di tempat ini. Bahkan tak jarang pula yang menjadikan lokasi Pantai Teluk Pambang sebagai spot untuk pengambilan foto prewedding, dan ada juga yang menjadi foto-foto unggulan untuk diunggah ke sosial media seperti instagram.

Pantai Tanjung Senekip Teluk Pambang Wisata Bengkalis

Begitu eksotiknya suasana di Desa Pambang dan pantai-pantai yang ada di daerah ini sehingga dari desa ini pula lahir para sastrawan Riau seperti Marhalim Zaini, Sobirin Zaini yang dikenal dengan karya-karya bernuansa pesisir. Selain untuk tempat wisata menikmati segala macam pemandangan alam dan sajian kuliner, kawasan di Pambang ini ternyata juga sangat inspiratif untuk dijadikan sebagai bahan aneka tulisan. Berdiri di tepian Pantai Teluk Pambang akan bisa membuka banyak cakrawala pikiran yang ada di kepala kita. Bila kita datang dari jauh luar Bengkalis, sejenak kita bisa melupakan suasana atau masalah yang kita hadapi. Ditambah lagi menikmati kuliner seafood segar yang membuat banyak orang terkenang dan ingin berkunjung lagi ke tempat ini.

Pantai Tanjung Senekip Teluk Pambang Wisata Bengkalis

Cara Menuju ke Lokasi Pantai Teluk Pambang, Bengkalis
Bila Anda belum memiliki tempat tujuan menarik di musim liburan, tak ada salahnya mengunjungi Desa Pambang dengan beragam hal menarik yang disajikan. Cara menuju ke lokasi Pantai Teluk Pambang Bengkalis bisa ditempuh pertama kali dengan jalur darat. Anda harus berkendara kendaraan darat dari arah Kota Pekanbaru menuju ke pelabuhan yang ada di Sungai Pakning, Bengkalis. Sebelumnya Anda akan melintasi Kabupaten Siak, lama perjalanan 4 hingga 5 jam. Selanjutnya setelah sampai di pelabuhan, Anda harus menyeberang menggunakan kapal Roro selama kurang lebih setengah jam menuju ke pulau Bengkalis.

Dari pusat Kota Bengkalis ini, Anda harus menempuh perjalanan darat selama kurang dari satu jam sebelum sampai di kawasan Desa Pambang, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis. Sepanjang jalan, Anda akan melalui jalanan aspal. Kecepatan kendaraan harus diatur agar suasana yang lebih nyaman. Pemandangan rumah panggung yang cukup rapat di kanan kiri merupakan pemandangan asri yang akan Anda saksikan memasuki kawasan Pambang. Pohon nyiur dan warna air yang khas. Tiupan angin pantai serta seafood yang dijual di berbagai tempat dengan harga yang sangat murah. Menikmati suasana Pantai Teluk Pambang dengan kuliner yang khas tak harus ke Bali, ke Bengkalis pun Anda bisa menikmati sajian tersebut.


[RiauMagz | Wisata Riau]