MTQ Tingkat Kota Pekanbaru - Kalender Event


MTQ Tingkat Kota Pekanbaru
Kalender event Kota Pekanbaru di bulan Maret tahun 2018 adalah pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kota Pekanbaru yang ke-51 dan akan dilaksanakan pada tanggal 31 Maret 2018. Pelaksanaan even tahunan ini dianggap sangat penting sebagai persiapan penyelenggaraan MTQ tingkat provinsi dimana Pekanbaru menargetkan untuk mempertahankan gelar juara umum yang diraih tahun 2017 yang lalu. MTQ tingkat Kota Pekanbaru rencananya akan digelar mulai 31 Maret hingga 4 April tahun 2018 mendatang. Pemerintah Kota Pekanbaru menargetkan pelaksanaan MTQ kali ini mampu melahirkan qori-qoriah terbaik yang akan membantu mempertahankan gelar juara umum Kota Pekanbaru.

Pelaksanaan MTQ tingkat Kota Pekanbaru kali ini dipercayakan pada Kecamatan Marpoyan Damai sebagai tuan rumah. Nantinya kegiatan akan dipusatkan pada dua tempat, yakni di SMP Madani yang ada di Jalan Kasah serta Masjid Yayasan Tabrani yang ada di Jalan Bakti. Kedua tempat tersebut akan menjadi pusat pelaksanaan event terbesar kota Pekanbaru di bulan Maret. Meskipun SMP Madani dijadikan sebagai tempat kegiatan MTQ, panitia memastikan kegiatan tersebut tidak mengganggu proses belajar mengajar yang dilaksanakan di SMP Madani. Justru diharapkan dengan adanya kegiatan MTQ di sekolah pemerintah tersebut akan memberi wahana pembelajaran baru bagi para siswa-siswi yang ada.

Pada penyelenggaraan MTQ tingkat kota Pekanbaru tahun 2018 akan menampilkan tujuh macam perlombaan, diantaranya adalah tahfidz, tilawah, khattil quran, fahmil quran, sarhil quran, tafsir serta menulis makalah Al Quran (MMQ) yang rencananya akan diikuti oleh 58 peserta dari utusan setiap kecamatan se kota Pekanbaru.

Apa saja yang bisa dinikmati pengunjung pada even tahunan kota Pekanbaru yang satu ini? berikut ini diantaranya:
  1. Kegiatan lomba yang diadakan
    Menyaksikan aneka lomba seperti tilawah Al Quran, tahfidz akan memberikan banyak pembelajaran bagi para pelajar maupun masyarakat umum. Untuk sekolah-sekolah yang biasa menyelenggarakan MTQ, ada baiknya datang ke acara tingkat kota untuk belajar lebih banyak tentang teknik lomba dan penyelenggaraan, termasuk kualitas peserta. Perlombaan khattil Quran yang menampilkan hiasan kaligrafi sebagai hasilnya juga bisa menjadi pembelajaran untuk Anda yang menekuni bidang tersebut. Biasanya pengunjung akan datang membawa alat foto, lalu bisa dijadikan pembelajaran dan referensi untuk perlombaan pribadi atau lembaga yang menyelenggarakan.
    Hasil lomba menjadi referensi banyak pengunjung yang juga biasa mengikuti MTQ di level bawah. Model-model khat, kualitas suara dan tajwid bacaan tilawah serta hal-hal baru untuk penyelenggaraan MTQ yang bisa dijadikan pelajaran pada level penyelenggaraan di tingkat kecamatan, kelurahan atau kampus dan pesantren.
  2. Menikmati bazar
    Pada penyelenggaraan MTQ tingkat kota Pekanbaru, 31 Maret 2018 rencananya akan menampilkan 25 stand pameran yang terdiri dari 12 stand kecamatan, 12 stand UMKM dan 1 stand Pemerintah Kota Pekanbaru. Kesempatan untuk Anda belanja produk-produk fashion muslim, pameran produk lokal kecamatan se Pekanbaru, serta info-info lain yang bisa Anda dapatkan dari stand pemerintah yang ada. Di stand UMKM nantinya Anda bisa belanja banyak barang, mulai dari makanan, pakaian, cindera mata dan sebagainya. Di hari-hari terakhir terkadang pedagang banyak yang mengobral barang dengan harga yang lebih murah, Anda bisa memanfaatkan ini jika rutin berkunjung ke stand-stand bazar yang ada selama penyelenggaraan acara.
  3. Spot berfoto
    Astaka MTQ yang indah bukan hanya bisa digunakan oleh para peserta untuk foto dan selfie, para pengunjung pun bisa menggunakannya untuk tempat berfoto dan diunggah ke media sosial. Bila Anda ingin mencari hal-hal baru yang mungkin belum pernah Anda saksikan sebelumnya tentang penyelenggaraan MTQ, bisa berkunjung ke even kota Pekanbaru tersebut.
  4. Pawai taaruf
    Diantara rangkaian acara MTQ yang terbilang spesial baik bagi peserta maupun yang menyaksikan adalah pawai taaruf yang biasanya dilaksanakan di awal pembukaan acara. Tiap kontingen biasanya akan berjalan sesuai dengan timnya dengan seragam khusus yang sudah disiapkan. Acara ini biasanya menjadi hal yang sering disaksikan masyarakat terlebih lagi untuk para sporter dan pendukung tim yang diunggulkan. Pawai taaruf ini cukup meriah dan biasanya disaksikan banyak orang.

Mengunjungi MTQ tingkat Kota Pekanbaru bisa Anda jadikan sebagai kegiatan jalan-jalan keluarga yang lebih edukatif. Mengajak anak-anak dan keluarga lebih dekat dengan Al Quran, dan mengajarkan mereka untuk suka belajar dan membaca Al Quran. Jadi bukan sekedar refreshing belanja atau melihat acara yang ada, jalan-jalan ke acara MTQ juga bisa bernilai edukasi bagi anak dan orang tua.

Pelaksanaan MTQ kota Pekanbaru biasanya berlangsung meriah meski tak semeriah pelaksanaan MTQ di daerah-daerah kabupaten lain di Riau. Namun dalam hal kualitas peserta dalam pertandingan, kualitasnya bersaing sangat ketat. Bisa dikatakan yang terbaik dari yang terbaik akan berlaga di pelaksanaan MTQ tingkat kota Pekanbaru. Sehingga yang terpilih memang benar-benar yang terbaik dan pantas menjadi wakil Pekanbaru di tingkat provinsi. Pelaksanaanya yang kurang lebih digelar dalam waktu satu minggu memberikan kesempatan yang panjang untuk warga kota Pekanbaru berkunjung ke arena acara. Biasanya waktu yang paling ramai adalah saat pembukaan pawai taaruf atau pengumuman di malam penutupan. Namun untuk kebutuhan belanja, sebaiknya Anda membeli di pertengahan hari acara dalam rentang seminggu, atau bisa juga di hari pertama, kedua dan ketiga. Di akhir-akhir biasanya barang sudah tidak lengkap dan banyak habis. Tapi bisa jadi juga di akhir acara akan banyak diskon. Siapkan uang dan waktu Anda bersama keluarga.

[RiauMagz | Wisata Riau]