Peta Wisata Kabupaten Siak - Tourism Map of Siak Sri Indrapura - Riau - Indonesia


#AyoKeRiau
Peta Wisata Kabupaten Siak - Tourism Map of Siak Sri Indrapura - Riau - Indonesia
Tempat menarik di Kabupaten Siak :
  1. Istana Kesultanan Siak
  2. Kapal Kato
  3. Balai Kerapatan Tinggi
  4. Desa Ekowisata Mempura
  5. Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah
  6. Kolam Hijau
  7. Makam Koto Tinggi
  8. Makam Raja Kecik
  9. Mesjid Syahbuddin
  10. Tangsi Belanda
  11. Danau Zamrud
  12. Monumen Pompa Angguk
  13. Taman Hutan Raya Sultan Syarif Hasyim
  14. Makam Sultan Syarif Kasim II
  15. Pusat Latihan Gajah
  16. Gudang Mesiu

Jangan tanya kalau soal wisata bangunan tua di Siak, sangaaaaaat banyak dan sudah banyak yang dikelola dengan baik (walaupun belum semuanya). Siak Sri Indrapura yang kini menjadi salah satu kota dalam jaringan Kota Pusaka makin menetapkan diri menjadi daerah wisata sejarah.

SMP NEGERI 1 KECAMATAN SIAK

Misalnya bangunan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri yang benar-benar pertama di Siak Sri Indrapura. Terletak di Jalan Pepaya - Siak Sri Indrapura. Bangunan itu tampak sangat unik, dan hampir 95 persen berkonstruksi kayu, atap seng dengan sedikit dari bahan semen di bagian tengah depan.

Pada masa dahulu ketika Siak masih merupakan sebuah kecamatan dari Kabupaten Bengkalis, itulah bangunan SMP pertama untuk seluruh kecamatan Siak.


SMP Pertama Siak - Bangunan Tua Siak Sri Indrapura
Tribun Pekanbaru

Dibangun tahun 1958 dengan nama SMP Penabur dengan desain bergaya Belanda. Diambil alih oleh Pemerintah Indonesia pada tahun 1967 dan dirubah namanya menjadi SMP Negeri 1 Kecamatan Siak Kabupaten Bengkalis yang menjadi SMP Negeri satu-satunya se-kecamatan Siak yang meliputi Siak Sri Indrapura, Koto Gasib, Mempura, Dayun, Tualang dan Lubuk Dalam.

Bangunan SMP Negeri 1 Kecamatan Siak ini digunakan dari 1967 sampai 1980 ketika dibangun bangunan baru sekitar 800 meter dari bangunan tua ini. Sampai saat ini bangunan tua ini belum termanfaatkan dengan maksimal.

BANGUNAN MERAH dan KELENTENG HOCK SIU KIONG

Bangunan Merah merupakan bangunan deretan toko-toko lama Tionghoa di sepanjang Jalan Sultan Ismail - Siak Sri Indrapura yang masih sederetan dengan Klenteng (Tua Pek Kong) Hock Siu Kiong yang berumur 140 tahun. Bangunan-bangunan berbentuk ruko (rumah toko) ini terbuat dari papan yang memanjang berhadapan sesuai blok jalan Sultan Ismail. Bangunan ini sudah cukup tua dan kami belum mengetahui tentang kapan dibangunnya Bangunan Merah ini dan sejak kapan pula berwarna merah.

Tentang Kelenteng Hock Siu Kiong, menurut Siak Heritage Community (SHC) kelenteng ini dibangun 1889 dan selesai tahun 1898 yaitu setelah selesainya pembangunan Istana Siak. Kelenteng ini dibangun oleh Kapitan Tiong Hoa yang juga membangun kelenteng di Tanjung Pinang. Penggunaan tahun 1898 sesuai dengan tulisan tahun di bawah patung singa. Tahun selesai dibangun Istana Siak Sri Indrapura adalah tahun dimulai pembangunan kelenteng Hock Siu Kong.

Sedangkan menurut Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Kabupaten Siak, Kelenteng Hock Siu Kiong dibangun oleh lima orang keturunan Tionghoa di Siak pada tahun 1871. Kelima orang Tionghoa ini adalah imigran dari Tiongkok.


Hal menarik lainnya :
  1. Kota Tua Siak Sri Indrapura
  2. Seni dan Budaya Siak
  3. Tour De Siak
  4. Tenun Songket Siak
  5. Makanan Khas Siak
  6. Suasana Tepian Sungai Siak

#siak #siaksriindrapura #siakwak #visitsiak #siaksriindrapura #istanasiak #sultansiak
#riau #wisatariau #riautravelling #visitriau #pesonariau
#sumatra #indonesiaku #indonesia
#riaumagz
#love #style #photooftheday #20likes #amazing #like4like #look #igdaily #instalike #picoftheday #instadaily #instafollow #instagood

[RiauMagz | Wisata Riau]