Peta Wisata Kabupaten Meranti - Tourism Map of Meranti - Riau - Indonesia


#AyoKeRiau
Peta Wisata Kabupaten Meranti - Tourism Map of Meranti - Riau - Indonesia
Tempat menarik :
  1. Kebun Kopi Luwak Khas Meranti
  2. Kebun Kopi Liberica Kedaburapat
  3. Pulau Dedap Durhake
  4. Pantai Ceria di Desa Centai, Pulau Merbau
  5. Pantai Dorak
  6. Pesisir Pulau Rangsang
  7. Sungai Bokor di Desa Bokor
  8. Tasik Air Putih melalui Desa Teluk Samak atau Desa Tanjung Samak
  9. Tasik Nambus
  10. Perang Air Cian Cui

Selatpanjang juga banyak memiliki bangunan tua di daerah sekitar pasar serta bangunan-bangunan rumag melayu tua yang masih ditempati dan terjaga dengan baik oleh pemilik bangunan. Ada juga bangunan tua bernama Bioskop Megah Selat Panjang yang tidak berfungsi lagi. Mengenai bangunan tua, dapat dibaca selengkapnya di Bangunan Tua Kota Selat Panjang Kabupaten Meranti


Foto : www.attayaya.net

Selain itu ada juga wisata Kabupaten Meranti lainnya :
  1. Tasik Putri Pepuyu di Desa Tanjung Pandang, Pulau Padang
  2. Pulau Legenda Dedap Durhaka
  3. Wisata Mangrove (Pantai Impian)
  4. Pantai Motong atau Tanjung Motong di Desa Permai (d/h Desa Bantar)
  5. Wisata Manggrove di Desa Setatah, Rangsang Barat
  6. Kolam Telaga Bening di tengah Kota Selatpanjang
  7. Vihara Hoo Ann Kiong di tengah Kota Selatpanjang. Vihara atau kelenteng atau Tua Pek Kong (tepekong) ini adalah yang tertua di Provinsi Riau diperkirakan berdiri awal tahun 1800.
  8. dan beberapa tempat lainnya.

Perang Air Cian Cui

Selatpanjang sebagai ibukota Kabupaten Meranti (Merbau, Rangsang, Tebingtinggi) memiliki penduduk keturunan Tionghoa sehingga budaya Tionghoa hadir di masyarakat Meranti misalnya perayaan Imlek dan Perang Air Cian Cui. Salah satu admin kami, ketika masih kecil dulu, pernah merasakan perang air sejenis ini juga di Kisaran, Sumatera Utara pada malam hari kedua Hari Raya Idul Fitri.

Perang Air atau Cian Cui di Selatpanjang merupakan perang siram-siraman air antara pengendara/penumpang becak atau kendaraan lain yang melintasi jalan dengan orang-orang yang berada di pinggir jalan. Berbagai alat untuk menyiram digunakan seperti kantong berisi air, ember, pistol air bahkan selang air. Bagi yang melintasi jalan juga membawa perbekalan air untuk membalas siraman dari orang-orang dipinggir jalan.


Perang Air Cian Cui - www.lensawisata.com

Perayaan ini yang bersempena dengan Perayaan Imlek dilaksanakan selama 6 hari pada beberapa ruas jalan di kota Selatpanjang yang dirubah menjadi 1 arah khususnya pada Jalan Diponegoro, Kartini, Imambonjol, dan A Yani. Perang Air baru boleh dimulai pukul 16.00 WIB dan berakhir pukul 18.00 WIB.

Sagu Selatpanjang

Sagu Selatpanjang atau sagu yang berasal dari Kabupaten Meranti merupakan produk bahan pangan berupa tepung sagu yang dapat diolah menjadi bahan pangan lainnya seperti mie sagu,

Sagu di Meranti adalah yang terbaik di Indonesia. Bahan-bahan sagu ini dipasok dari sekitar 45-54 ribu hektar kebun sagu yang berasal dari pohon rumbia dimana Sagu Meranti atau Sagu Selatpanjang yang berasal dari tanaman sagu di Meranti dapat digolongkan menjadi tiga jenis, yakni Bemban (tidak berduri), Duri (berduri banyak) dan Sangka (berduri sedikit). Semua hasil produk kebun sagu ini akan memasok sekitar 60 pabrik sagu yang merubah batang-batang sagu menjadi tepung sagu.

Selain Mie Sagu Selatpanjang yang terkenal baik yang berkuah ataupun mie sagu goreng, terdapat sekitar 350 jenis makanan dari olahan bahan sagu Selatpanjang atau Meranti ini, mulai dari Sempolet (Bubur Sagu), Mie Sagu, Lempeng Sagu, Cendol Sagu, Sagu Rendang, Gobak Sagu, Sagu Lemak (butirannya lebih besar dari Sagu Rendang), Sagu Kumpal, Sagu Sagon, Degup, Kepurun, Ongol-Ongol, Pizza Sagu, Burger Sagu, Tekwan Sagu, Sop Sagu, Selendang Mayang Coktail Sagu, Sagu Mocca Kelapa, Bolu Marmar Sagu, Kue Sagu Kukus Mutiara, Kue Sagu Pisang, Bika Sagu, Cucur Sagu Gula Merah, Tahu Sagu Fantasi, Mengkasam Sagu, Kue Sagu Pauh Dilayang, dan bahkan Pisang Bubble Sagu.

Kopi Liberika Meranti

Di Kabupaten Meranti khususnya di Kota Selatpanjang, sebagaimana kota-kota lain yang dihuni keturunan Tionghoa, maka kedai kopi akan menjadi ciri khas utama. Mereka menggunakan kopi berdasarkan resep masing-masing keluarga, ada yang dari kopi jenis Robusta, ada juga yang menggunakan jenis Arabika. Tetapi sekarang telah ada juga dari jenis Liberika.

Kopi jenis liberika ini beraroma buah nangka dan umumnya diekspor ke Malaysia yang biji kopinya berasal dari perkebunan kopi di Pulau Rangsang. Kopi Liberika adalah jenis kopi yang berasal dari Liberia, Afrika Barat. Kopi ini dapat tumbuh setinggi 9 meter dari tanah. Pada abad-19, jenis kopi ini didatangkan ke Indonesia untuk menggantikan kopi Arabika yang terserang oleh hama penyakit.

Orang Inggris menyebutnya Baraco Coffee, orang Filipina menyebutnya Kapeng Barako, sedangkan orang Temanggung menyebutnya Kopi Boriah. Biji kopinya lebih besar di banding Arabica dan Robusta dan dapat tumbuh di daerah bergambut dengan lahan dengan ketinggian mulai dari 0 meter dari permukaan laut.

Pada tulisan di Kopi Liberika Riau Menyapa Dunia, kopi liberika Meranti berasal dari perkebunan Desa Bina Sempian Kecamatan Rangsang Pesisir yang dahulunya merupakan satu desa dengan Desa Kedaburapat. Di Provinsi Riau, hanya ada 3 kabupaten yang memiliki perkebunan Kopi Liberika yaitu Kabupaten Pelalawan, Indragiri Hilir dan Kepulauan Meranti.

Kopi ini sangat harum. Dari segi rasa, kopi ini mirip dengan kopi robusta, full body dan pahitnya sangat dominan, namun ada rasa manis di after taste nya.

Hebatnya.... Kopi Liberika Sempian Meranti kini telah berhasil melahirkan 2 varietas unggul yang diakui oleh Kementrian Pertanian RI. Dua varietas unggul itu yaitu Kopi Liberoid Komposit Meranti - 1 (LIM-1) dan Kopi Liberoid Komposit Meranti - 2 (LIM-2) yang merupakan hasil penelitian kerjasama Balittri dengan Dinas Kehutanan dan Perkebunan, Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau.

Citarasa kedua varietas kopi tersebut tergolong kategori “excellent” dengan skor ≥ 80 dan berpotensi untuk menghasilkan kopi spesialti (specialty coffee).

Tulisan Kopi Liberika Meranti ini hasil kerjasama dengan admin http://kopicurah.id/ "Eksotisme Kopi Riau" dengan akun Instagram @KopiCurah, serta admin http://www.kopimat.com.


Hal menarik lainnya :
  1. Mie Sagu Selat Panjang
  2. Kerajinan Tangan
  3. Agrowisata
  4. Tepian Laut (Pelabuhan) Selat Panjang
  5. Permainan Gasing

#riau #riaumagz #wisatariau #meranti #selatpanjang #ciancui #bokor #pesonariau #wisatameranti #photography #photooftheday #cameraindonesia #indonesiabangga #indonesia_photography #indotraveller #likesforlikes #likeforlike #likes #like #pictures #pictoftheday #mapping #landscape #instagramers #instamoment #instalike #instago #instagood #aerialphotography

Sumber peta Dinas Pariwisata Prov. Riau

[RiauMagz | Wisata Riau]

Riaumagz

Semua tentang Riau & Indonesia
TWITTER & INSTAGRAM : @riaumagz
Repost : tandai & ikuti kami Gambar dilengkapi keterangan.
#riau #riaumagz #pekanbaru