Peta Wisata Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) - Tourism Map of Indragiri Hulu - Riau - Indonesia


#AyoKeRiau
Peta Wisata Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) - Tourism Map of Indragiri Hulu - Riau - Indonesia
Tempat Menarik di Indragiri Hulu :
  1. Istana Indragiri
  2. Tugu Julang
  3. Mesjid Raya Pauh Peranap
  4. Taman Beringin
  5. Taman Nasional Bukit Tiga Puluh
  6. Komplek Makam Raja Indragiri
  7. Sungai Batang Gansal
  8. Danau Raja
  9. Suku Talang Mamak
  10. Danau Menduyan
  11. Mesjid Raya Rengat

Tugu 5 Januari yang terletak di depan rumah Bupati Inhu merupakan tugu memperingati sejarah Agresi Belanda II dimana tanggal 5 Januari 1949 sebanyak kurang lebih 2600 jiwa dibuang ke Sungai Indragiri dimana salah satunya orang tua dari Chairil Anwar, penyair terkenal Indonesia yang kala itu menjabat sebagai pemimpin daerah Indragiri Hulu. Orang tua Chairil Anwar berasal dari Payakumbuh yang bernama Teoloes bin Haji Manan yang bekerja sebagai ambtenar pada zaman Belanda.

Selain danau-danau di atas, terdapat juga Danau Komang di Desa Redang Rengat Barat dan Danau Batang Pahit yang berjarak kurang lebih 40 Km dari kota rengat.

Sma seperti Kabupaten Kampar atau kabupaten lainnya yang berada di pinggir atau punggung Bukit Barisan, maka akan terdapat banyak air terjun misalnya :
  1. Air Terjun Denalo adalah salah satu objek wisata alam yang sangat menarik. Terletak di Kawasan Taman Nasional Bukit Tiga Puluh, Desa Alim, Kecamatan Batang Cenaku.
  2. Air Terjun Tangga Raja di Kecamatan Batang Cenaku.
  3. Air Terjun Tembulun Berasap adalah sebuah destinasi wisata alam yang sangat menarik dan masih terasa asri. Terletak di Area PT. Arvena, Desa Pejangki, Kecamatan Batang Cenaku.
  4. Air Terjun Air Itam di Desa Alim, Kecamatan Batang Cenaku.
  5. .
  6. Air Terjun Sultan Limbayang di Kecamatan Batang Gansal.
  7. Air Terjun Tualang di Desa Rantau Langsat, Kecamatan Batang Gansal.
  8. Air Terjun Granit di Desa Talang Lakat, Kecamatan Batang Gansal yang berada di dalam Kawasan Taman Nasional Bukit Tigapuluh. Air terjun terebut terbentuk dari hasil penambangan batu granit dimana sebelumnya terdapat aliran sungai yang terputus akibat proses penambangan yang menyisakan lubang besar dan membentuk air terjun.
  9. Air Terjun Papunauan di Dusun Lemang, Desa Rantau Langsat Kecamatan Batang Gansal.
  10. .
  11. Air Terjun Bukit Aseng di Desa Kelesa, Kecamatan Seberida.
    Menurut info terakhir dari @inhubackpacker bahwa Air Terjun Aseng ini berganti nama menjadi Air Terjun Siambul.

Di Kawasan Taman Nasional Bukit Tiga Puluh, selain banyak terdapat air terjun juga terdapat peninggalan Megalithikum berupa Dolmen. Dolmen merupakan bangunan megalithik yang memiliki banyak bentuk dan fungsi, sebagai pelinggih roh atau tempat sesaji pada saat upacara.

Selain itu juga terdapat goa misalnya Goa Anak Talang di Lubuk Kandis Desa Anak Talang.

Salah satu kekayaan seni budaya masyarakat Indragiri Hulu adalah Tari Rentak Bulian yang sangat kental dengan suasana dan unsur magis. Tarian Rentak Bulian merupakan tarian ritual untuk pengobatan, dimana kata Rentak Bulian diambil dari Kata Rentak dan Bulian. Rentak yang maksudnya merentak atau langkah atau menghentak, dan Bulian adalah sejenis rumah-rumahan atau pondok kecil untuk tempat ritual yang berguna sebagai tempat singgah mahluk bunian atau mahluk halus dalam bahasa daerah Indragiri Hulu.

Hal menarik lainnya :
  1. Tugu Ikan Patin dan Bunga Seroja
  2. Oleh-oleh Khas Rengat
  3. Kain Tenun Songket Indragiri
  4. Jembatan Trio Amanah
  5. Kota Tua Rengat
  6. Balai Adat Aur Molek
  7. Kerajinan Tangan Indragiri

#riau #riaumagz #ayokeriau #kitariau #rengat #indragirihulu #airmolek #danauraja #istanaindragiri #talangmamak #tenunsongket #songket #songketriau #ikanpatin #likes
#likesforlikes #likeforlike
#like4like
#tourism #wisatariau #wisatarengat #wisataindonesia #pictures #pictoftheday #photography #photooftheday #cameraindonesia #indonesia_photography #indonesia #riautravelling

Sumber peta Dinas Pariwisata Provinsi Riau

[RiauMagz | Wisata Riau]