Wisata Air di Daik Lingga yang Sangat Menakjubkan

Salah satu sudut Dermaga Pelabuhan Tanjung Buton
Daik Lingga

LINGGA BUNDA TANAH MELAYU, itulah julukan bagi negeri Kerajaan Riau-Lingga yang sekarang menjadi Kabupaten Lingga sejak tahun 2003 ini dan beribukota di Daik. Daerah ini kemudian berkembang dan mensejajarkan posisinya dengan saudara tuanya kabupaten-kabupaten lain di Kepulauan Riau. Berbagai infrastruktur, sarana dan prasarana gencar dibangun.

Daik, merupakan ibukota Kabupaten Lingga yang baru terbentuk tahun 2003. Tak banyak orang yang tahu tentang keberadaan Daik. Mungkin juga tak banyak orang yang tahu tentang keberadaan Kabupaten Lingga. Begitu kabupaten ini mulai dijalankan berdasarkan undang-undang pembentukan kabupaten tersebut, Kota Daik dan daerah-daerah lainnya di Kabupaten Lingga mulai menggeliat menunjukkan keberadaan mereka di tengah kancah wilayah pemerintahan Republik Indonesia. Geliat pembangunan terasa di sana-sini.

Satu hal yang sangat menarik perhatian adalah keindahan alam yang diberikan oleh Sang Maha Pencipta kepada negeri "Bunda Tanah Melayu" ini. Sungguh tepat julukan Bunda Tanah Melayu melekat erat untuk menyebut seluruh wilayah Kabupaten Lingga. Bukan saja karena kondisi alam yang sangat indah dengan ratusan pulau-pulau yang terhampar, tetapi juga karena di Lingga-lah peradaban Melayu makin berkembang walau kemudian meredup karena kejayaan Pulau Penyengat.

Banyak bukti sejarah yang menunjukkan bahwa daerah ini adalah pusat pemerintahan kerajaan yang besar di negeri Melayu. Wisata sejarah yang memberikan gambaran kejayaan Kerajaan Melayu Riau-Lingga pun terdapat di seantero pulau Lingga. Replika Bangunan Gerbang dan Istana Damnah, Situs Istana Damnah, Situs Pondasi Istana 44, Situs Istana Robat, Benteng Bukit Cening, Benteng Bukit Pasir Panjang, Benteng Tanjung Cengkeh, Benteng Kuala, Benteng Pulau Mepar, maupun Benteng Kubu Parit. Semuanya membuktikan bahwa daerah ini adalah pusat pemerintahan dan perkembangan kebudayaan Kerajaan Melayu di Riau.

Ketika memandang dari sisi kiri dermaga Pelabuhan Tanjung Buton
berlatar belakang Gunung Daik
Daik Lingga

Menikmati secangkir kopi, sambil menyaksikan momen matahari tenggelam di sebelah barat laut Lingga dihiasi pemandangan indah si cabang dua Gunung Daik, merupakan sebuah kenikmatan yang dapat kita rasakan saat bersantai di taman pelabuhan Tanjung Buton (TB), Daik Lingga.



Pantai Pasir Panjang
30 menit perjalanan dari kota Daik

Pantai Pasir Panjang Karang Bersulam Terletak di Kecamatan Lingga tepatnya di Dusun Mala Kabupaten Lingga. Wisata Pantai Daik Lingga ini menjadi menawan dengan pasir pantai yang putih sepanjang pantai yang berbentuk teluk atau laguna.


Air Terjun Resun
Objek wisata air terjun Resun, Desa Resun Kecamatan Lingga Utara



Desa Pancur Lingga yang sangat eksotis
rencananya akan diadakan kegiatan oleh pekerja dan penggiat seni
"Pancur Lagoon Poetry Reading"