Komunitas Blogger Bertuah Pekanbaru

Komunitas Blogger Bertuah Pekanbaru

Tulisan asli tertanggal 15 Desember 2011

Sebagai sebuah hobi atau profesi, blogging atau ngeblog cendrung bersifat individual. Kemudian ia menjadi sebuah fenomena ketika para blogger (orang yang ngeblog) ini bergabung dalam sebuah perkumpulan atau komunitas. Fenomena munculnya komunitas blogger ini ternyata hanya ada di Indonesia. Di sini, berbagai komunitas blogger terus tumbuh dan berkembang. Komunitas-komunitas itu mulai dari yang berbasis kedaerahan, sampai yang berbasis platform, tempat blog mereka, atau berdasarkan jenis blognya.

Jumlah komunitas blogger di Indonesia saat ini mungkin sudah berada di angka ratusan. Satu di antara komunitas tersebut, adalah Komunitas Blogger Bertuah Pekanbaru. Sesuai dengan namanya, komunitas ini berbasis kedaerahan, tepatnya di kota Pekanbaru. Anggota Komunitas Blogger Bertuah Pekanbaru atau yang biasa disapa Blogger Bertuah sebagian besar berdomisili di Pekanbaru. Ada juga anggotanya yang berasal dari daerah lain di Riau, bahkan beberapa orang yang menjadi bagian dari komunitas ini berasal dari luar Riau dan luar negeri. Mereka yang berasal dari luar Riau ini disebut juga sebagai simpatisan.

“Komunitas Blogger Bertuah Pekanbaru didirikan pada tanggal 28 Februari 2009. Tidak mudah untuk mengumpulkan blogger-blogger yang ada di Pekanbaru. Saat itu saya mencoba melacak dari sekian banyak blog yang saya kunjungi, untuk mencari siapa-siapa aja yang berasal dari Pekanbaru. Kalau ketemu kemudian meninggalkan pesan di komentar atau melalui buku tamu yang ada di halaman blog yang dikunjungi itu mengenai jadwal kopdar (singakatan dari kopi darat, istilah untuk bertatap muka atau ngumpul-ngumpul: red). Akhirnya terkumpullah 11 orang yang kemudian menjadi pendiri dari Komunitas Blogger Bertuah Pekanbaru.” Ujar Prima atau yang sekarang dikenal Datuk Bertuah tentang ikhwal berdirinya komunitas ini.

Pertemuan demi pertemuan terus diadakan dan anggotanya pun terus bertambah. Namun sama halnya dengan hobi lain. Ada kalanya seseorang berhenti menjalani hobinya. Begitu pula para anggota Blogger Bertuah ada yang datang dan ada yang hilang.

“Itu sudah hukum alam. Biarkan saja.. Beberapa di antara yang berhenti ngeblog itu, kadang kembali lagi.” Kata Taufik, ketua Blogger Bertuah.

Lebih lanjut Taufik juga menceritakan tentang perkembangan Komunitas Blogger Bertuah Pekanbaru yang dulunya melaksanakan kopdar di tempat-tempat makan, sekarang sudah memiliki sekretariat sendiri, walaupun menumpang di garase salah seorang anggota. Namun di sekretariat tersebut tersedia akses internet wi-fi yang bisa digunakan para anggotanya yang datang kesana.

Komunitas Blogger Bertuah Pekanbaru

“Koneksi tersebut kita dapat setelah mengadakan MoU dengan PT Telkom Riau Daratan untuk pelaksanaan berbagai kegiatan pelatihan. Lumayan, teman-teman bisa berinternet secara gratis.” Jelas Taufik.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh komunitas ini sebagian besar memang seputar pelatihan. Berbagai kalangan pernah menjadi peserta pelatihan mereka. Siswa-siswi, guru, mahasiswa, sampai ibu-ibu yang tergabung dalam Dharma Wanita Propinsi Riau pernah mereka latih. Tidak hanya di Pekanbaru, peserta pelatihan juga berasal dari kabupaten/kota yang ada di Riau. Komunitas ini pun beberapa kali juga mengadakan pelatihan di luar kota Pekanbaru, seperti di Duri, Dumai, Bagan Siapiapi dan Teluk Kuantan. Pengetahuan para peserta pelatihan ini pun beragam, ada yang buta sama sekali dengan internet, bahkan sampai menggunakan komputer atau laptop pun masih gemetaran.

Komunitas Blogger Bertuah Pekanbaru

“Butuh kesabaran untuk melatih orang yang benar-benar awam atau buta dengan internet. Materi pun kadang benar-benar dari dasar tentang pengenalan komputer dan fitur-fiturnya.” Cerita Ais, yang khusus mengurusi pelatihan.

Dari awal berdiri hingga sekarang, komunitas ini telah memiliki hampir 300 anggota, yang terdiri dari berbagai kalangan. Ada pelajar, mahasiswa, pegawai kantoran, hingga ibu rumah tangga. Mereka ini memiliki blog dengan konten yang berbeda-beda. Ada yang menulis tentang kegiatannya sehari-hari, informasi seputar Pekanbaru atau Riau, tips dan trik atau tutorial komputer dan internet, dan sebagainya. Tidak ada pembatasan, anggota di komunitas ini dipersilahkan mau menulis tentang apa saja, sesuai dengan bidang atau minatnya.

Komunitas Blogger Bertuah Pekanbaru

Blog, sebagaimana teknologi lain yang berada di dunia internet berkembang sangat pesat. Karena itu, para anggota Komunitas Blogger Bertuah Pekanbaru terus meng-update kemampuan dan pengetahuan mereka tentang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) ini. Beberapa kali anggota komunitas ini mengikuti temu blogger berskala nasional di Jakarta, Bekasi, Solo dan Sidoarjo. Bertemu dengan teman-teman blogger dari berbagai daerah di Indonesia tentunya akan menambah pengetahuan dan wawasan para anggota blogger Bertuah.

Mudah-mudahan Komunitas Blogger Bertuah Pekanbaru ini dapat terus melakukan kegiatan-kegiatannya, sesuai dengan visi dan misi mereka untuk menjadikan masyarakat Riau melek internet, dan berinternet secara baik dan benar.

Komunitas Blogger Bertuah Pekanbaru


  • Sekretariat:  Jl. Sakinah 1 No. 2, Tangkerang - Pekanbaru
  • IG : @bloggerbertuah dan @bertuahtv
  • twitter: @bloggerbertuah dan @bertuahtv