Keindahan Wisata Pulau Jemur Rokan Hilir Riau

Keindahan Wisata Pulau Jemur Rokan Hilir Riau
Pulau Jemur merupakan salah satu pulau milik Indonesia yang berada di kawasan Selat Malaka, berdekatan dengan perbatasan negara Malaysia. Pulau Jemur memiliki luas sekitar 250 ha. Pulau Jemur terletak di Kecamatan Pasir Limau Kapas, Kabupaten Rokan Hilir, Propinsi Riau. Jaraknya sekitar 72,4 km dari Kota Bagansiapiapi dan sekitar 64,3 km dari arah Pelabuhan Klang di Malaysia. Pulau Jemur merupakan pulau terluas dalam gugus Kepulauan Arwah yakni gugusan sembilan pulau. Di antaran gugusan pulau-pulau tersebut adalah Pulau Jemur, Tokong Emas, Tokong Simbang dan Labuhan Bilik. Pulau Jemur berada pada titik koordinat 2 52'12.06"N - 100 33'30.19"E.

Melly Amir, seorang penyanyi asal Bagan Siapi-api menyenandungkan tentang keindahan pulau yang berbatsan dengan Malaysia ini dalam lagunya "Senandung Pulau Jemur". Lagu ini dia ciptakan dan nyanyikan sendiri.

Senandung Pulau Jemur

Melly Amir

Cahaya indah gemerlipan
Dibawah terik memancar bak pasir intan
Sungguh menawan bagai hiasan
Memukau jiwa teduh dimata

Lautnya tenang airnya biru
Terbentang indah alamnya menyentuh kalbu
Pulau Jemur nama diberi
jadi sebutan rakyat tempatan

Taman Syurgawi.......

#Reff :
Pulau Jemur laut melingkar
Indah terpandang bak tasik surga
Pulau Jemur laut melingkar
Jadi idaman setiap insan

Ini senandung Pulau Jemur
Lambang pusaka rakyat Rokan Hilir
Dendangan lagu anak Melayu negeri
Jadi azimat sepanjang zaman

Ini senandung Pulau Jemur
Anugerah Tuhan tiada setara
Jauh terdengar hati terpaut
Bagai lukisan tak jemu dipandang

Lautnya tenang airnya biru
Terbentang sayang... menyentuh kalbu
Pulau Jemur nama diberi
jadi sebutan rakyat tempatan

Pulau Jemur nama diberi
jadi sebutan rakyat tempatan

Taman Syurgawi.......


Pesona keindahan Pulau Jemur dikenal sebagai kawasan pesisir yang memiliki keindahan pantai dengan pasir berwarna putih. Panorama di pulau ini sempat diibaratkan ‘Pulau Bali’ ke dua milik Indonesia. Di pulau tersebut, kita bisa menyaksikan secara langsung keindahan panorama negeri seberang yang membentang di hadapan pandangan. Pulau Jemur juga dikenal sebagai kawasan yang kaya dengan habitat penyu hijau. Di samping penyu hijau, kawasan pesisir pantai Pulau Jemur juga dikenal sebagai daerah penghasil ikan yang cukup besar. Disamping dikenal dengan sebutan Pulau Jemur, terdapat juga sebutan lain untuk pulau indah yang satu ini, yakni 'Pak-ku' yang dalam dialek bahasa Hokkian berarti penyu dari utara.


Keindahan Wisata Pulau Jemur Rokan Hilir Riau

Pulau Jemur meskipun memiliki keindahan yang mempesona, namun pulau ini tidak dihuni orang. Para nelayan hanya menjadikan pulau ini sebagai tempat singgahan setelah letih mencari ikan. Sebuah pos milik TNI Angkatan Laut didirikan di Pulau Jemur sebagai tempat navigasi dan pengamatan terhadap daerah perbatasan. Pada bagian sisi pantai pulau yang dihuni oleh para prajurit Angkatan Laut tersebut, terdapat bangunan yang menjadi tempat tinggal sekaligus ada juga sebuah taman yang menghadap ke arah laut.

Pulau Jemur memiliki luas sekitar 250 ha. Pulau Jemur terletak di Kecamatan Pasir Limau Kapas, Kabupaten Rokan Hilir, Propinsi Riau. Jaraknya sekitar 72,4 km dari Kota Bagansiapiapi.

Pada tahun 2009, keberadaan Pulau Jemur sempat menjadi sengketa antara Indonesia dan Malaysia. Hal tersebut diawali dengan rencana Malaysia untuk mengelola Pulau Jemur sebagai tujuan wisata. Dalam keterangan situs traveljournals.net, kepemilikan Pulau Jemur termasuk gugusan Kepulauan Arwah menjadi hak milik sah Indonesia karena adanya kepemilikian sertifikat tanah yang dimiliki oleh Raja Siak. Konflik ini akhirnya mereda setelah ditemukan sebuah pulau bernama Pulau Jemor yang menjadi bagian dari Kesultanan Selangor.

Keindahan Wisata Pulau Jemur Rokan Hilir RiauBanyak orang belum mengenal keindahan pesona Pulau Jemur tersebut. Salah satu alasannya adalah sulitnya transportasi menuju ke Pulau Jemur. Disamping itu, perawatan dan pengelolaan yang kurang juga turut memperburuk kondisi. Untuk bisa sampai ke Pulau Jemur, Anda bisa memilih beberapa cara transportasi, yakni bisa dilakukan dengan menyewa kapal nelayan. Atau bisa juga dengan mengggunakan jasa penyewaan speedboat yang bisa menampung sekitar 60 sampai 100 penumpang, bergantung pada ukuran speed yang ada. Kita bisa menempuh perjalanan ke Pulau Jemur dari arah Pelabuhan Bagansiapiapi, yakni membutuhkan waktu lebih kurang sekitar 2 jam.

Keindahan Wisata Pulau Jemur Rokan Hilir RiauBagi kaum muslimin yang singgah di Pulau Jemur, juga terdapat masjid yang cukup bersih dan nyaman. Sebuah taman yang menghadap ke arah laut akan menambah kebetahan pengunjung berada di pulau tersebut. Di daerah ini juga terdapat jaringan ponsel sehingga kita tak perlu khawatir akan kehilangan kontak dengan orang-orang di luar. Adanya sinyal tersebut justru akan semakin membuat pengunjung betah menikmati suasana pantai yang indah dan alami. Habitat penyu laut yang ada di Pulau Jemur konon merupakan habitat yang khas dan hanya ditemukan di pulau tersebut. Meskipun program penangkaran penyu hijau yang dicanangkan Bupati setempat belum terkelola dengan baik, namun habitat penyu hijau masih tetap ada di daerah tersebut.

Keindahan suasana pantai Pulau Jemur semakin menarik dengan pemandangan pasir kuning keemasan. Ditambah lagi dengan warna air yang sangat jernih, menjadikan Pulau Jemur mendapat julukan sebagai Jamrud di Selat Malaka. Di bagian pantai yang lain, akan ditemukan pasir-pasir pantai berwarna putih. Di sepanjang pantai juga bisa ditemukan aneka batu karang yang cantik. Hal ini sangat berbeda dengan kondisi pantai di Pulau Bali.

Riaumagz

Semua tentang Riau & Indonesia
TWITTER & INSTAGRAM : @riaumagz
Repost : tandai & ikuti kami Gambar dilengkapi keterangan.
#riau #riaumagz #pekanbaru