Anambas Natuna - Lokasi Menyelam di Ujung Langit Utara Indonesia

Menyelam di Ujung Langit Utara Indonesia - Anambas Natuna

Menyelam di Ujung Langit Melayu
Atan Yahya
Tulisan ini pernah dimuat di Riau Pos, Ahad 20 Mei 2012

[Lokasi Menyelam - RiauMagz] - Gugusan Pulau Tujuh terdiri dari gugusan kepulauan Anambas, Natuna di utara dan Tambelan di selatan. Walau kadang beberapa orang menambahkan dengan gugusan kepulauan Badas yang dipisahkan dari gugusan kepulauan Tambelan. Gugusan ini terletak di Provinsi Kepulauan Riau dengan wilayah yang sangat luas, sebagian besarnya terdiri dari lautan. Gugusan ini juga merupakan garis terluar Indonesia yang berhadapan langsung dengan Malaysia, Thailand, Vietnam dan China.

Berada di ujung kaki langit Bumi Melayu nun jauh di utara Indonesia. Takkan nampak di mata jika hanya berdiri di pantai Ancol Jakarta, apalagi jika berdiri di Pantai Senggigi maupun Gili Trawangan dengan terumbu karang Blue Coral-nya. Kawasan yang luas didominasi laut dengan pulau besar dan kecil yang tersebar semerata langit.

Keindahan gugusan pulau ini menyebabkan sebuah portal berita terkenal CNN.com menobatkan gugusan Anambas sebagai 5 kawasan pulau terbaik se-Asia mengalahkan kawasan Koh Chang (Thailand), Langkawi (Malaysia), Halong Bay (Vietnam), Similan Islands (Thailand). CNN menyampaikan hal ini pada pertengahan April lalu berdasarkan review bersama Herman Ho (Boat Asia 2012 managing director) dan Stuart McDonald (founder and editor of Asian travel website, travelfish.org).

Menurut CNN, di sekitar Pulau Bawah, terdapat laguna yang terlindung dengan air yang begitu biru dan jernih serta ditumbuhi dengan karang-karang yang indah. Tak jauh masuk ke pulau, akan ditemui air terjun juga dengan air yang jernih dan menyejukkan.

Lokasi selam di Anambas lainnya misalnya di bagian utara terdapat lokasi Tokong Layar, Pulau Penjalin dan Damar Pinnacle. Sedangkan di bagian selatan kepulauan Anambas ini terdapat lokasi selam seperti Karang Katoaka, Malang Biru dan Seven Skies yang merupakan lokasi tenggelamnya kapal tanker bernama Seven Skies di sekitar Pulau Tioman tahun 1969.

Sebenarnya, bukan hanya Anambas yang memiliki titik atau lokasi selam maupun sekedar snorkling. Gugusan pulau Natuna, Tambelan dan Badas sendiri pun memiliki lokasi-lokasi selam yang menakjubkan dengan berbagai variasi karang dan biota laut. Jika tak menyelam, melakukan kegiatan snorkling pun tak usah jauh-jauh.

Sebut saja kawasan Pulau Tiga di Kecamatan Pulau Tiga Kabupaten Natuna. di Sekitar Selat Lampa juga memiliki areal lokasi yang indah untuk melakukan kegiatan snorkling. Bayangkan saja, rumah penduduk yang biasanya di tepi air, memiliki halaman berupa laut dangkal dengan bebatuan karang yang tidak diganggu, sehingga tetap asri terjaga dengan berbagai jenis ikan.

Duduk di tepi pelantar rumah penduduk di Pulau Tiga dan memandang ke bawah, maka terhamparlah batu-batu karang yang indah itu sebagai asesoris halaman rumah. Jika di darat, halaman rumah ditumbuhi bunga ros, lidah mertua, asoka dan lain-lain, maka di Pulau Tiga, halaman rumah penduduk yang berada di tepi air ditumbuhi dengan bunga karang dengan ikan-ikan karang yang berseliweran kesana-kemari. Inilah harta yang terserak di halaman rumah. Inilah Natuna. Tak Perlu menyelam.

Majalah Islands pada September 2006 menyebut kawasan Natuna sebagai "The Best Undiscovered Beach". Pantai yang belum terjamah sehingga keindahaannya sangat asri. Pantai-pantai yang terserak di seluruh pulau-pulau di kawasan Natuna, tidak terbilang jumlah dan indahnya. Sebut saja pantai Tanjung yang jaraknya tak jauh dari Batu Sindu.

Jika mau snorkling, tak usah jauh-jauh. Pergilah ke Pulau Senuar (Senoa) di depan Batu Sindu. Terumbu karang yang cantik dilengkapi cerita legenda tentang Pulau Senoa itu sendiri yang berbentuk perut wanita hamil. Terumbu karang di sekitar Pulau Senoa membuat biota laut tak berpindah tempat. Ikan langka pun semacam Napoleon Biru menginap di terumbu karang itu.

Jauh di ujung utara, terdapat Pulau Sekatung yang berjarak lebih dekat ke Ho Chi Minh (Vietnam) daripada ke Jakarta. Pulau ini termasuk dalam kecamatan Pulau Laut dengan luas 1,65 km2 yang dihuni oleh beberapa keluarga ditambah personil Satgas Marinir Divisi Navigasi karena terdapat mercusuar disana. Kawasan laut di sekitar pulau ini dipenuhi terumbu karang yang cukup lebar dengan berbagai jenis ikan hias serta penyu sisik. Keindahan ini ditambah lagi dengan lokasi-lokasi lainnya seperti pantai Cemaga, keelokan pulau Selaut, Kelarik dan Sedanau sebagai kota pulau kuliner.

Inilah Natuna, dengan pulau-pulau di Ujung Langit Bumi Melayu nun jauh di utara Indonesia yang tentu saja masih berada di dalam wilayah NKRI. Memandang alam Natuna akan membuat mata lebih sehat. Memiliki potensi wisata bahari yang besar, walau memiliki kendala transportasi. Siapa yang mau membantu?

Lokasi Menyelam Anambas - Natuna :

Tokong Layar
Pulau Penjalin
Damar Pinnacle
Karang Katoaka
Malang Biru
Seven Skies
Pulau Tiga
Selat Lampa
Pulau Senuar (Senoa)
Pulau Sekatung
Kelarik
Pantai Cemaga
Pulau Bawah

Pulau Bawah Anambas
Pulau tropik terindah se-Asia

Terletak di Desa Siabu Kecamatan Siantan Kabupaten Anambas, Kepulauan Riau.
Koordinat pulau bawah :
N2 30 58.0 E106 02 41.8

Foto dari FB @yuninakirmizi

Kepulauan yg terdiri dari 5 pulau besar Bawah, Sanggah, Merba, Lidi dan Elang, serta beberapa pulau kecil lainnya. Berjarak sekitar 7 jam naik pompong atau 3 jam naik speedboat dari Terempa. Memiliki laguna-laguna yang indah disekeliling pulau dengan susunan batu koral yang dramatik.

Inilah gugusan pulau di Kepulauan Riau yang diklaim sebagai Asia’s top five tropical island paradises yang diselenggarakan oleh CNN.com, mengalahkan Koh Cang dan Similan Island di Thailand, Langkawi di Malaysia dan Teluk Halong di Vietnam. Gugusan pulau yang menjadi lokasi menyelam terbaik di Indonesia.

#kepri #anambas #pulaubawah #kiabu #batam #natuna #riaumagz #beach #lagoon #laguna #blue #terempa #landscape #water #sea #PesonaIndonesia #wisataindonesia #indonesia_photography #indonesia #cameraindonesia #indonesiabangga #pictures #pictoftheday #photo #photooftheday #likesforlikes #likes #like4like #likeforlike #instalike

Riaumagz

Semua tentang Riau & Indonesia
TWITTER & INSTAGRAM : @riaumagz
Repost : tandai & ikuti kami Gambar dilengkapi keterangan.
#riau #riaumagz #pekanbaru