Tugu Khatulistiwa, Kampar Riau Titik Laluan Matahari

Tugu Khatulistiwa, Kampar Riau Titik Laluan Matahari

RiauMagz.com - Tinggal di Riau tentu tak asing lagi dengan cuaca panas. Salah satu penyebabnya karena memang Riau dilalui oleh garis khatulistiwa. Garis laluan tersebut lalu diabadikan dalam suatu monument tugu khatulistiwa. Di Riau terdapat dua tugu khatulistiwa yang bisa dikunjungi, pertama di Desa Pangkalan Lesung, Kabupaten Pelalawan. Dan yang kedua di daerah Lipat Kain, Kampar Riau. Tugu khatulistiwa Kampar terletak di Lipat Kain Selatan, Kampar Kiri, Kampar Regency, Riau.

Bangunan tugu khatulistiwa Lipat Kain berada pada koordinat 0°: 00’00”LU- 101° dan 12’ 13” BT. Bangunan komplek tugu kurang dari 10 meter tersebut sekilas tampak biasa saja. Kawasan sekitarnya juga terlihat kurang terawat. Pagar-pagar batu beberapa meter terlihat mengelilingi bangunan tersebut. Tak ada yang istimewa dengan bangunan tugu tersebut sehingga masyarakat menganggap bangunan ini seperti tugu-tugu yang ada di jalan pada umumnya. Padahal tak semua daerah di Sumatera hingga Indonesia yang bisa menemukan tugu ekuator atau tugu khatulistiwa tersebut.

Mengunjungi kawasan tugu ini tak ada hal lain yang bisa Anda lakukan selain berfoto. Tempat yang membuktikan keistimewaan kondisi geografis Riau ini memiliki arti penting bagi posisi dan kondisi alam di Provinsi Riau.

Untuk meningkatkan ketertarikan orang berkunjung ke Lipat Kain, khususnya menyaksikan bukti penting bangunan tugu khatulistiwa yang ada di daerah tersebut, di kawasan tugu ini pun digelar berbagai acara pertunjukan tradisi, hiburan dan budaya masyarakat setempat. Semacam festival yang dilakukan untuk meningkatkan icon tugu khatulistiwa bagi masyarakat luar Kampar. Di sepanjang area tugu digelar pertunjukan kesenian seperti tarian, panggung hiburan, dan acara-acara tradisi setempat.

Beberapa waktu yang lalu, di kawasan tugu ini juga digelar touring dengan menghadirkan ribuan kendaraan yang melakukan pawai sebagai bagian dari kegiatan promo icon wisata tugu khatulistiwa. Sebanyak 2000 uang dan 50 kendaraan roda empat meramaikan kegiatan festival tugu equator yang diselenggarakan pada akhir 2017 yang lalu. Kegiatan ini juga memadukan acara promosi kekayaan kuliner Kampar, aneka seni music, perlombaan anak-anak, touring dan acara hiburan lainnya. Kegiatan ini mengandeng dinas pariwisata untuk mempromosikan icon tugu ekuator. Sepanjang pelataran tugu digunakan untuk berbagai kegiatan seni dan hiburan.

Jadi untuk berkunjung di saat yang lebih menarik, mungkin Anda bisa menunggu kegiatan festival tahunan tersebut. Kegiatan wisata menjadi lebih menarik, tak hanya sekedar berfoto di depan bangunan tugu. Jangan lewatkan, saat berkunjung ke kawasan ini, Anda juga bisa sekalian menikmati aneka kuliner khas Kampar lainnya yang juga menjadi icon kebanggaan masyarakat Kampar. Jalan-jalan belum lengkap rasanya tanpa diakhiri dengan menikmati kuliner yang terkenal di suatu daerah.

Untuk meningkatkan kunjungan wisatawan, selain dengan mengadakan festival untuk promo tugu, kebersihan dan keasrian kawasan wisata ini juga harus ditingkatkan. Misalnya dengan membangun wahana-wahana menarik yang bisa dinikmati pengunjung. Semacam taman atau wahana permainan anak. Dengan demikian bagi wisatawan yang datang tak hanya sekedar melihat bangunan tugu dan berfoto. Menjaga kebersihan kawasan wisata juga menjadi hal penting yang akan menentukan minat pengunjung apakah akan betah atau tidak.

Cara Menuju ke Lokasi Tugu Khatulistiwa, Lipat Kain Kampar
Tugu khatulistiwa yang berada di Lipat Kain, Kabupaten Kampar akan lebih dekat Anda kunjungi jika memulai perjalanan dari Pekanbaru. Jarak tempuh dari Pekanbaru ke sekitar 75km, atau jika ditempuh menggunakan kendaraan pribadi berkisar kurang dari 2 jam perjalanan. Anda bisa menggunakan kendaraan roda empat atau roda dua untuk sampai ke lokasi tersebut. Jalanan yang ditempuh cukup halus dan bagus. Rute ini adalah rute yang menuju ke arah Kabupaten Kuansing.

Jam buka tugu ini tidak terbatas alias bisa dikunjungi kapan saja selama 24 jam. Tidak ada tiket masuk, dan lokasinya pun berada di tepi jalan. Anda bisa langsung masuk ke kawasan tugu ini, berfoto dan melihat langsung bukti-bukti fisik kondisi geografis Provinsi Riau. Untuk akomodasi penginapan, makan dan sebagainya disarankan tetap Anda lakukan di Pekanbaru yang lebih lengkap dan murah.


RiauMagz, Wisata Riau, Tugu Khatulistiwa, Kampar Riau Titik Laluan Matahari.