Sungai Batang Gansal Indragiri Hulu, Segarnya Air Taman Nasional Bukit Tiga Puluh

Sungai Batang Gansal Indragiri Hulu, Segarnya Air Taman Nasional Bukit Tiga Puluh

RiauMagz.com - Sungai Batang Gansal merupakan sungai yang ada di Kecamatan Batang Gansal, Kabupaten Indragiri Hulu. Sungai ini diapit oleh beberapa desa seperti Desa Belimbing, Desa Penyaguhan, dan sebagainya. Sungai ini memiliki beberapa keistimewaan hingga masuk dalam daftar peta wisata Riau untuk daerah Kabupaten Indragiri Hulu.

Sungai Batang Gansal merupakan aliran sungai yang menyimpan banyak kekayaan seperti ikan-ikan mahal dengan ukuran yang besar. Salah satu tujuan orang berkunjung ke sungai ini salah satunya adalah untuk memancing. Dengan menggunakan perahu kayuh yang terbuat dari kayu, banyak para pemancing dari berbagai daerah yang turun menyusuri Sungai Batang Gansal. Warna air sungai yang jernih dan sedikit hijau menjadi pemandangan eksotik yang akan ditemukan para pengunjung di sungai tersebut.

Di bagian kanan kiri sungai terdapat hutan-hutan kecil yang terhubung langsung dengan desa-desa yang dihuni penduduk Suku Talang Mamak. Jadi saat menyusuri sungai, Anda juga akan disuguhkan pemandangan dengan suasana hijau yang menyejukkan mata.

Selain memancing, hal menarik lainnya yang bisa Anda lakukan di Sungai Batang Gansal ini adalah arung jeram. Di beberapa bagian tubuh sungai memang masih terdapat batu-batu terjal yang cukup menantang bagi para pecinta arung jeram. Air yang jernih terpancar dari balik batu-batuan, tetapi jangan dianggap sepele, arusnya juga cukup deras dan menantang.

Jika tak ingin menyusuri sungai, pengunjung cukup menikmati kesejukan aliran sungai di bagian tepian dengan duduk di area batu-batu yang ada. Akan lebih lengkap jika menikmati suasana sungai dengan makan cemilan kesukaan Anda. Spot untuk berfoto cukup banyak, terutama buat Anda yang tertarik menyusuri sungai menggunakan perahu kayu yang tersedia.

Meskipun menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup menarik di Kabupaten Indragiri Hulu, pada musim hujan sungai ini kerap meluap. Desa-desa yang berada di sepanjang Daerah Aliran Sungai tersebut sering dilanda banjir yang diakibatkan air sungai yang meluap. Curah hujan yang tinggi pada suatu ketika tak mampu lagi ditampung di badan sungai. Oleh karena itu, jika Anda ingin berkunjung ke sungai ini, sebaiknya jangan pada musim hujan. Kawasan sungai ini serta desa-desa yang ada di sekitarnya biasanya akan rentan terkena banjir.

Selain itu, jika ingin berkunjung ke Sungai Batang Gansal ini, Anda juga harus bertanya kepada warga sekitar tentang kondisi sungai tersebut. Beberapa waktu yang lalu di sungai ini ditemukan buaya yang sempat memangsa manusia. Sebaiknya bertanya kepada warga tempatan di mana area lokasi yang aman untuk dikunjungi. Mungkin untuk sekedar mengambil spot untuk berfoto cukup mungkin Anda lakukan.

Bila Anda merasa belum puas menikmati pesona wisata alam yang ada di Kecamatan Batang Gansal Kabupaten Indragiri Hulu ini, Anda bisa mengunjungi Air Terjun Empunawan yang juga masih berada di kecamatan yang sama. Lokasinya berada di komplek Taman Nasional Bukit Tiga Puluh. Terletak di Desa Rantau Langsat, Kecamatan Batang Gansal. Air terjun dengan ketinggian 31 meter tersebut dijamin akan mampu menghilangkan kepenatan perjalanan seharian yang Anda lakukan mengelilingi Kabupaten Indragiri Hulu.

Cara Menuju ke Lokasi Sungai Batang Gansal, Kabupaten Indragiri Hulu
Menuju ke lokasi Kecamatan Batang Gansal bisa ditempuh melalui jalur darat. Bila memulai dari pusat Kota Pekanbaru bisa ditempuh dalam waktu 5 hingga 6 jam perjalanan normal. Karena nantinya Anda akan masuk ke jalan kecamatan, maka akan lebih nyaman jika menggunakan kendaraan pribadi atau rental. Jika menggunakan travel maka bisa memakai travel jurusan Pekanbaru-Rengat, tetapi biasanya jarang yang mau antar alamat.

Setelah sampai di Batang Gansal, Anda bisa langsung sekalian mengunjungi Taman Nasional Bukit Tiga Pulu, Riauh dan tak ada salahnya juga mencari penginapan terdekat di sekitar tempat wisata tersebut. Lokasi terdekat adalah Kecamatan Rengat Barat yang ibu kotanya Pematang Reba. Di sini sudah ada penginapan yang layak dengan aneka kuliner khas Melayu daerah setempat. Bila ingin ke Kota Rengat pun tidak terlalu jauh, hanya sekitar 15 menit kendaraan roda empat atau roda dua dengan akses jalan yang sudah cukup bagus.

RiauMagz, Wisata Riau, Sungai Batang Gansal Indragiri Hulu, Segarnya Air Taman Nasional Bukit Tiga Puluh.