Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Punca Sebunyi, Geliat Musik Etnik Melayu Riau



RiauMagz.com - Punca Sebunyi berdiri sejak tannggal 25 Agustus 2014 merupakan grup musik etnik Melayu Riau yang mengambil dasar-dasar musik melayu Riau pesisir. Kekayaan ragam musik melayu sangatlah luas dan umumnya terbagi atas 2 (dua) wilayah yaitu Riau daratan dan Riau Pesisir. Di Riau daratan ragam musik melayu bernuansa silat dengan menggunakan alat musik calempong, gendang, dan lain-lain yang tersebar di beberapa daerah seperti di Kampar, Kuansing dan beberapa daerah lainnya. Sementara Riau Pesisir lebih bernuansa zapin, joget, mak inang, langgam dan lain-lainnya yang tersebar di wilayah Siak, Bengkalis, Meranti dan sebagainya.

Punca Sebunyi lebih terinspirasi idiom-idiom musik zapin yang ada di Riau hingga menghasilkan satu karya musik kekinian dengan maksud karya tersebut dapat mengangkat kearifan lokal dan diterima oleh kalangan manapun.




============

Personel Punca Sebunyi


Iwan Landel atau Syaf Irwan terlahir di Sungai Pakning yang telah mengenal musik sejak masih SMP. Penggagas grup Punca Sebunyi ini suka bermain band dan akhirnya mendalami musik di Akademi Musik Riau. Iwan apik memainkan instrumen gambus tradisi, walaupun di dalam dirinya roh musik rock mengalir deras yang tercermin pada beberapa karya Punca Sebunyi.


Salim Violin atau Agus Salim lahir di Teluk Belitung menjadi ujung tombak dalam tiap komposisi karya musik Punca Sebunyi. Gesekan biola/violin Salim dihasilkan dari kecerdasan mengolah tiap-tiap rangkaian melodi yang membuatnya lebih dikenal sebagai violinis Riau.


Hafis Tisan atau disapa Hafis lahir di Payakumbuh dan telah menyelesaikan pendidikan sarjana di ISI Padang Panjang dengan mendalami instrumen tiup khususnya flute dan Oboe. Tiupan oboe dari Hafis menjadi karakter tersendiri pada musik karya Punca Sebunyi.


Micko atau Sutra Harmicko merupakan cellois dengan karakteristik rock dalam setiap gesekan cellonya. Pria alumni AKMR ini sangat berperan dalam perjalanan karakter Punca Sebunyi.


Andysya Firdaus NKL dengan sapaan Andy NKL ini semakin melengkapi musik Punca Sebunyi dengan bunyi tetabuhan. Pria yang lahir di Rokan Hilir bernaung di AKMR menabuh drumnya walau usia masih muda.

Eman atau Nurazman berperan penting dalam memeting bass elektrik. Pada dasarnya Eman memiliki ilmu akademik pada violin, tetapi keterbukaannya dalam memperluas ilmu musik membuatnya lebih senang memegang bass.


Rafis atau Muhammad Rafis Edrianto menjadi pelengkap dengan musik akordeonnya. Rafis menggantikan Temon atau Hendri Faizal dalam memencet tuts akordeon bagi Punca Sebunyi.


Silahkan lihat-lihat Instagram @puncasebunyi dan personelnya :
@iwan_landel
@salimviolin
@rafiiizz__
@mickocello
@hafiztisyan
@andy_nkl12
@emanviul

==============

Punca Sebunyi
Meretas Sunyi Mengoyak Sepi


Meretas Sunyi Mengoyak Sepi merupakan album Punca Sebunyi yang baru dirilis beberapa waktu lalu. Album dalam bentuk CD ini direkam melalui Bebob Studio dengan komposer Iwan Landel berisikan beberapa lagu diantaranya :
Geliat Senja
Belangkah
Lempuk
Sahaja
Buih-buih Rindu
Riuh Pekan
Kecamuk

punca sebunyi meretas sunyi mengoyak sepi

Album Punca Sebunyi kali ini mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT, Nabi Muhammad SAW, Bang Benie Riaw, Akademi Kesenian Melayu Riau, Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Dinas Kebudayaan Provinsi Riau, Bang Eri Bob, Pak Cik Ayen, Rino Dezapati, Itok, Riau Rythem, Atok Yos, FedlI Aziz, Rina Nazarudin, Tvri Riau, Rtv,Ceria Tv, Riau Pos, Bens Sani, Para Penggiat Seni Riau, Para Seniman, Bang Dandun, Leman Q, Tanrizon, Julisman, Adi, Bani, Rikal, Balai Seni Proco Rohul, Kawan-kawan yang sudah membantu suksesnya Soft Launcing Album Punca Sebunyi, Pemusik dan Penari, Keep Rock

Iwan Landel
Allah SWT, Nabi Muhammad SAW
Kedua Orang Tua, Istri, Anak, Bg Benie Riaw, AKMR, Bg Eri Bob, Bg Dandun, Bens Sani, Rino Dezapati, Itok, Riau Rythm, FedlI Azis, Rina Nazarudin, Rikal, Bani Sanggar Balai Seni Proco, Dinas Pariwisata, Begawai Musik, Seluruh Pegiat Seni Riau, Seniman Musik, Tari, Teater Seriau. Bone,Taufik thanks desain Iogonya, Indra Gondrong, Julisman, Pak Long Jepri, Tanrizon, Adi, seluruh kawan kawan yang sudah membantu atas terlaksananya Soft Launching Album Perdana Punca Sebunyi

Agus Salim
Terimakasih kepada kedua Orang Tua, Keluarga, Guru, Sahabat dan semua yang tidak bisa disebutkan satu persatu. Bersama Grup Musik Punca Sebunyi ini aku melangkah dan mohon restui dan semoga Allah meridhoi amin

Hafiz Tyzan

Puji Syukur Kepada Allah Subhanawataala atas rahmat dan karunianya serta selawat pada Rasullullah Muhammad Salallahualaihiwassalam. Melalui album ini saya mengucapkan terimakasih untuk mama dan papa, adik saya Afdhal dan Hani, seluruh keluarga sanak saudara, dosen dosen dan kawan kawan saya di ISI Padangpanjang, Bang Im dan keluarga di Bukittinggi, untuk Pak Bos Anggara Satriya dan Kak Erni, Bang Wawan, Pemusik Terharu, kawan kawan disanggar, Riau Philharmonic Orchestra, Riau Street Musician, Begawai Musik, dan pihak pihak yang ikut membantu rampungnya album ini. Semoga segala bentuk dukungan dan bantuan yang telah diberikan di balas dengan pahala yang berlipat ganda oleh Allah Subhanawataala. Amin

Micko Cello
Alhamdulillah Puji Syukur Kepada Allah SWT, sholawat dan salam untuk Nabiallah... Terimakasih spesial diucapkan kepada Ibu (Alm), Ayah dan Kakak (Santi) Kakak (Leni) juga kepada istriku Rika Harumi dan anakku (Hanum & Adelart) . Juga kepada AKMR, UIR, ISI Pandang Panjang, ISI Yogyakarta, Begawai Musik, Bg Beni Riaw, Bg Eri Bob, Bg Tasrizon, Bg Julisman, Bg Ben Sani, Bg Rino Dezapati, Bg Ltok, Taufik Latah Tuah, Bapak Budhi Ngurah, Bang Angga, Pak Cen, Pakde Cello, Bg Matrock, Bg Oktiber Windra, Bg, Eki Clasta, Bg Rikal, Seniman Riau, dan seluruh dosen, alumni, senior AKMR, Cellonesia.Pku, Riau Street Musician, Limuno, Opera Kuantan, MTEM, serta seluruh pendukung yang tak dapat disebut satu persatu. Terimakasih

Andy NKL
Allhamdulliah
First of all, let’s prise to God because of his blessing we are able here.
Secondary please and solution to our Prophet Muhammad SAW who has guided us from the darkness into the brightness. Thirdly we would like thanks to my parents, brothers and sisters, my wife and my children also.
Many Thanks For
AKMR, Islamic University Of Riau, Begawai Music, Betty, Beni Riaw, Eri Bob, Tasrizon, Julisman, Ben Sani, Rino Dezapati, Itok, Taufik Latah Tuah
And all of team who support soft launching of Punca Sebunyi album. I'm sorry for can not say thanks one by one for all of you.
I would like thanks for attention. Was

Nur Azman
Alhamdullah puji syukur kepada Allah SWT. Sholawat dan salam untuk Nabiallah. Terimakasih special diucapkan kepada ibu, kakak dan abangku serta alm. ayah juga kepada istri dan anak ku, AKMR, UIR, Begawai Musik, Bang Beni Riaw, Bg Eri Bob, Bg Tasrizon, Bg Julisman, Bg Ben Sani, Bg Rino Dezapati, Bg Itok, serta seluruh pendukung terselenggaranya yang tidak dapat disebut satu persatu. Terimakasih.

Rafiz
Puji syukur kepada Allah SWT, Terima kasih saya ucapkan kepada ibu bapak adik adik serta sanak saudara, AKMR, UIR, Begawai Musik, Bang Beni Riaw, Bg Eri Bob, Bg Tazrizon, Julisman, Bg Ben Sani, Bg Rino Dezapati, Bg Itok, serta seluruh pendukung terselenggaranya yang tidak dapat disebut satu persatu.Terimakasih.

Geliat Senja
Punca Sebunyi
Edit by media partner @RiauExpo

RiauMagz, Wisata Riau, Musik Etnik Riau, Musik Tradisional Melayu.