Menikmati Keindahan Wisata Pantai Solop di Indragiri Hilir

Menikmati Keindahan Wisata Pantai Solop di Indragiri Hilir

RiauMagz.com - Pantai Solop menjadi salah satu pantai andalan Kabupaten Indragiri Hilir, Riau. Pantai ini terletak di Kecamatan Mandah, Desa Pulau Cawan. Pantai Solop mulai populer saat mantan Gubernur Riau Rusli Zainal merilis lagu khusus untuk tempat tersebut. Hasilnya, pantai ini kini masuk dalam peta wisata Kabupaten Indragiri Hilir dan menjadi destinasi wisata paling populer di kabupaten tersebut.

Keunikan pantai ini bisa dilihat dari pasir putihnya. Tak sama dengan pantai-pantai lainnya, Pantai Solop memiliki pasir putih atau yang lebih sering disebut dengan pasir sirsak. Pasir ini terbentuk dari fosil-fosil kerang yang sudah hancur cukup lama hingga membentuk pasir-pasir putih di tepi pantai.

Selain itu, pantai ini juga dikelilingi tanaman mangrove atau bakau yang menjadi salah satu pemandangan menarik dan indah. Uniknya lagi, warna air di pantai ini coklat, berpadu dengan pasir putih yang berbeda dari pasir-pasir lain yang ada di Indonesia.

Pantai Solop terletak di jalur yang strategis, yakni menghubungkan perairan Indragiri Hilir dengan daerah pesisir lainnya yang ada di Riau seperti Bengkalis, Batam hingga ke Kepulauan Riau. Pantai ini juga dapat menghubungkan jalur perairan Indragiri Hilir dengan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

Pantai ini juga dikelilingi pulau-pulau kecil yang indah. Salah satu pulau yang menyimpan cerita rakyat tempatan adalah Pulau Sangkar Ayam. Legenda cerita rakyat Inhil cukup dikenal dari pulau tersebut.

Menikmati Keindahan Pantai Solop
Apa saja yang bisa Anda nikmati di Pantai Solop? Seperti umumnya wisata pantai, di sini para wisatawan bisa menikmati panorama yang indah. Pasir putih, air pantai yang unik berwarna coklat dan pemandangan mangrove yang indah. Banyak juga pengunjung yang berenang di air pantai. Ada juga yang hanya sekedar santai di tepi pantai menikmati pemandangan.

Bila Anda seorang vlogger atau fotografer, ada banyak spot menarik di sini yang bisa Anda abadikan dalam video dan gambar. Bahkan banyak pasangan yang memilih membuat foto prewedding di Pantai Solop. Pantai ini juga cocok untuk dijadikan lokasi syuting film pendek, apalagi film-film lokal bertema daerah setempat.

Buat Anda yang suka bermain di air, di pantai ini juga pengunjung bisa menikmati banana boat yang tersedia. Cukup menjadi hiburan untuk pengunjung yang ingin menikmati suasana pantai.

Di kawasan pantai ini, pengunjung juga bisa menikmati panggung hiburan pada waktu-waktu tertentu. Pemerintah setempat sengaja membuat acara-acara hiburan untuk menarik minat para wisatawan berkunjung ke Pantai Solop.

Pantai Solop sebenarnya menjadi destinasi wisata yang menjanjikan untuk wisata keluarga. Hanya saja karena akses menuju ke pantai ini harus melalui jalur perairan, maka pengunjungnya masih terbatas untuk segmentasi tertentu. Akan tetapi jika pantai ini dikelola oleh manajemen yang profesional dan berkualitas, bukan tidak mungkin akan ramai dikunjungi wisatawan meskipun akses menuju pantai tersebut terbilang sulit.

Cara Menuju ke Lokasi Pantai Solop
Cara menuju ke lokasi Pantai Solop dilakukan melalui perjalanan darat dan air. Bila Anda memulai perjalanan dari pusat Kota Pekanbaru, perjalanan bisa ditempuh menggunakan travel atau kendaraan pribadi selama kurang lebih 8 jam perjalanan menuju ke Kota Tembilahan. Selanjutnya dari Tembilahan, perjalanan dilanjutkan menggunakan kapal atau speed boat selama kurang lebih 2 jam perjalanan. Walaupun hanya dua jam, ongkosnya bahkan bisa lebih mahal dari rute perjalanan darat yang 8 jam dari pusat Kota Pekanbaru.

Jadi jika ingin menuju ke Pantai Solop, pastikan Anda mengalokasikan waktu selama beberapa hari. Karena untuk perjalanan PP dari Pekanbaru ke Tembilahan saja sudah 16 jam. Paling tidak Anda butuh 2-3 hari untuk bisa menikmati wisata Pantai Solop yang terkenal tersebut.

Di Kecamatan Mandah Anda juga bisa menikmati berbagai wisata kuliner laut yang menggugah selera. Aneka olahan seafood segar bisa Anda nikmati di kawasan wisata Pantai Solop, atau di daerah lain yang ada di Tembilahan. Anda juga bisa menikmati aneka olahan sagu seperti masakan mie sagu kuah, mie sagu seafood dan sebagainya. Kecamatan Mandah dikenal sebagai salah satu pusat penghasil sagu di Kabupaten Indragiri Hilir. Sambil berwisata Anda bisa mencicipi berbagai kuliner di Indragiri Hilir.


Lagu Pantai Solop

RiauMagz, Wisata Riau, Menikmati Keindahan Wisata Pantai Solop di Indragiri Hilir - Riau.