Inilah Jadwal Acara Lengkap Bakar Tongkang di Bagan Siapi-api

Inilah Jadwal Acara Lengkap Bakar Tongkang di Bagan Siapi-api

RiauMagz.com - Buat Anda yang tertarik mengunjungi wisata Bakar Tongkang di Bagan Siapi-api, jangan lewatkan agenda ini yang sedang berlangsung saat ini. Ya meskipun agak terlambat, tak perlu khawatir karena inti dari kegiatan ini yang biasa menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan baru akan dilaksanakan pada bulan kelima kalender China. Masih ada kesempatan untuk berkunjung dan mempersiapkan perjalanan ke Rokan Hilir, Provinsi Riau, Indonesia.

Mengenal Lebih Dekat Tradisi Bakar Tongkang Bagan siapi-api, Rokan Hilir Riau
Tradisi Bakar Tongkang dalam istilah Tionghoa dikenal dengan istilah Go Gwee Cap Lak. Pada mulanya, replika kapal besar (tongkang) sepanjang 8 meter dibuat selama hampir sebulan. Setelah selesai, barulah diarak ke memutari klenteng Ing Hock Khing. Tongkang ini diarak oleh ribuan etnis Tionghoa sambil membawa hio.

Ritual Bakar Tongkang merupakan ritual pemujaan terhadap dewa laut. Acara biasanya diawali dengan sembahyang dengan tujuan untuk mengundang dewa langit. Tongkang selanjutnya diarak dan dibakar. Acara ini sudah dilaksanakan sejak tahun 1878 di daerah Rokan Hilir Riau. Hingga kini bukan hanya warga Tionghoa yang datang dan ingin menyaksikan. Agenda Bakar Tongkang ini juga sudah menjadi salah satu event wisata nasional Provinsi Riau.

Jika tahun ini Anda berkesempatan berkunjung ke Bagansiapi-api, bukan hanya agenda Bakar Tongkang yang bisa Anda saksikan. Hal yang tak kalah menariknya adalah wisata Pulau Jemur yang juga menawarkan pesona wisata alami alami yang indah dan sudah terkenal. Keindahan pulau yang masih asri, pantai dan ketenangan suasana alami di Pulau Jemur menjadi hal yang bisa Anda nikmati bersama perayaan Bakar Tongkang saat ini. Selamat berkunjung ke Rokan Hilir, Provinsi Riau, Indonesia.

Inilah Urutan Agenda Wisata Bakar Tongkang 2019 di Rokan Hilir
Untuk memeriahkan pelaksanaan agenda wisata tahunan Bakar Tongkang 2019, Dinas Pariwisata dan Pemerintah Daerah Kabupaten Rokan Hilir menyelenggarakan beberapa acara untuk memeriahkannya. Berikut ini adalah urutan kegiatan yang sedang berlangsung saat ini:

Inilah Jadwal Acara Lengkap Bakar Tongkang di Bagan Siapi-api

  1. Tanggal 16 Juni 2019. Pada hari ini diselenggarakan kegiatan senam bersama yang bertepatan dengan akhir pekan. Senam bersama dimulai jam 06.30 wib bertempat di Mess Pemda Jalan Perwira. Masyarakat bisa bergabung mengikuti kegiatan ini.
  2. Tanggal 17 Juni 2019. Pada hari senin tanggal 17 Juni 2019 diadakan dua agenda. Pertama diselenggarakan pada pukul 16.00wib yakni acara Bakar Tongkang Carnaval Festival. Dilanjutkan dengan agenda malam pukul 20.00 wib agenda pentas seni seribu kubah.
  3. Tanggal 18 Juni 2019. Agenda pada hari ini dimulai pukul 08.00 wib sampai pukul 11.00 wib berupa kegiatan Bagansiapi Heritage (Explore Situs Bersejarah). Dan dilanjutkan pada pukul 14.00 wib sampai pukul 18.00 wib kegiatan pentas negeri seribu kubah. Kegiatan ini terus berlanjut hingga malam yang dimulai pukul 20.00 wib.
  4. Tanggal 19 Juni 2019. Agenda utama Bakar Tongkang dilakukan pada tanggal 19 Juni 2019, yakni dimulai pada pukul 07.00 wib. Agenda Bakar Tongkang ini bisa dikunjungi wisatawan seharian, bahkan hingga malam karena pada pukul 20.00 wib akan dilanjutkan dengan penampilan artis-artis nasional.
  5. Tanggal 20 Juni 2019. Agenda pada tanggal ini adalah agenda wisata ke Pulau Jemur. Agenda Tour Pulau Jemur dimulai pukul 07.00 wib, lalu pada pukul 09.00 kapal bertolak ke Pulau Jemur. Akan kembali lagi bertolak ke Bagansiapi-api pada pukul 15.00 wib.

Ketemu kita tahun 2020 mendatang.

Foto :
Bayu Amde Winata
Genpi Pekanbaru
Genpi Rohil
Mike Agnesia

Video Bakar Tongkang
Rokan Hilir, Riau

RiauMagz, Wisata Riau, wisata bakar tongkang sebagai bagian budaya Indonesia.