Wisata Religi di Komplek Makam Raja-raja Rengat Indragiri Hulu

Wisata Religi di Komplek Makam Raja-raja Rengat Indragiri Hulu

RiauMagz.com - Salah satu destinasi wisata bersejarah yang ada di Kabupaten Indragiri Hulu adalah komplek Makam Raja-Raja Indragiri. Lokasinya terletak di Desa Kota Lama, Kecamatan Rengat Barat, Indragiri Hulu. Situs ini menjadi situs makam raja-raja Indragiri yang paling ramai dikunjungi wisatawan baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Komplek Makam Raja Indragiri ini diperkirakan luasnya mencapai 10 hektar. Dengan bangunan warna serba kuning dan hijau, komplek ini dijaga oleh beberapa orang petugas yang menjaga dan merawat kebersihannya. Pertama kali masuk ke kawasan gerbang, Anda akan melihat sebuah gapura bertuliskan komplek makam raja Indragiri. Anda bisa langsung masuk ke gerbang dan berjalan masuk ke Desa Kota Lama. Di sini nanti Anda bisa melihat komplek makam dengan bangunan dari batu yang berwarna kuning. Lokasi komplek makam ini dikeliling perkebunan sawit dan hutan kecil.

Ada beberapa makam yang ada di komplek ini, di antaranya Makam Raja Narasinga II bersama anaknya, Sultan Usuluddin, serta sebuah makam panjang berukuran 12 meter. Makam tersebut adalam makam Panglima Raja Narasinga II yakni Andi Sumpu Muhammad dengan gelarnya Panglima Jukse Besi.

Wisata Religi di Komplek Makam Raja-raja Rengat Indragiri Hulu

Selain itu terdapat juga makam Raja Usman Fadillah bergelar Tun Kecik Mangkubumi Indragiri.

Wisata Religi di Komplek Makam Raja-raja Rengat Indragiri Hulu

Kawasan komplek makam dikelilingi pohon-pohon rindang yang cukup teduh. Jadi jika Anda ingin berkunjung pada siang hari pun tak begitu masalah, karena Anda bisa berteduh di pohon-pohon yang ada di area makam tersebut. Akan lebih nyaman bila Anda berkunjung pada pagi atau petang hari

Komplek makam dikelilingi pagar kawat yang membutuhkan perawatan lebih intensif, mengingat potensi wisata ini cukup besar untuk dikembangkan. Pengunjung yang datang semestinya tidak hanya untuk berziarah dan berdoa di tempat tersebut, akan lebih menarik jika tak jauh dari komplek makam ini juga didirikan wahana-wahana unik yang bisa dinikmati para pengunjung. Kerajaan Indragriri pada masanya merupakan kerajaan besar yang dikenal dalam sejarah sehingga mengundang keingintahuan para wisatawan untuk berkunjung ke komplek makam tersebut.

Pada tahun 2015, pemerintah setempat berencana untuk memadukan wisata komplek makam ini dengan air terjun Kuala Cinaku yang lokasinya tidak begitu jauh. Hal ini dilakukan untuk menarik minat wisatawan untuk datang ke beberapa tempat wisata sekaligus.
Berkunjung ke komplek Makam Raja Indragiri ini bisa Anda lakukan untuk menengok bukti sejarah kerajaan yang tersisa. Anda bisa bertanya kepada pemandu atau penjaga komplek makam ini tentang sejarah setiap tokoh yang ada makamnya di tempat tersebut. Selain itu jangan lupa abadikan makam bersejarah ini dalam kamera Anda. Perjalanan melihat bukti-bukti sejarah di masa lampau bagi beberapa orang merupakan perjalanan yang menarik dan mengesankan.

Cara Menuju ke Lokasi Komplek Makam Raja Indragiri
Rute menuju ke lokasi Komplek Makam Raja Indragiri ini bisa ditempuh melalui jalur darat. Dari pusat Kota Pekanbaru, Anda bisa naik kendaraan pribadi atau travel jurusan Pekanbaru-Rengat. Akan lebih nyaman jika Anda menggunakan kendaraan rental, sebab dari simpang gapura komplek makam, Anda harus berjalan lagi.

Gerbang komplek Makam Raja Indragiri terletak di tepi jalan raya, tepatnya di Desa Kota Lama, Kecamatan Rengat Barat. Dari Simpang Japura Anda melanjutkan perjalanan sekitar 15 menit, di sebelah kiri jalan akan terlihat plank komplek makam. Atau tepatnya sebelum Kantor Bupati Indragiri Hulu yang berada di Pematang Reba.

Lokasi komplek makam ini juga tak jauh dari beberapa tempat destinasi wisata menarik lainnya di Inhu, seperti Danau Meduyan, Danau Raja dan Taman Nasional Bukit Tiga Puluh. Berkunjung ke komplek makam ini bisa Anda lakukan sembari singgah saja ke tempat-tempat wisata menarik lainnya yang ada di sekitar Rengat-Pematang Reba. Danau Meduyan dan Kota Lama Rengat sangat berdekatan dengan Komplek Makam Raja-raja Indraggiri ini. Keluar dari gerbang komplek lalu belok ke kiri maka akan sampai ke Danau Meduyan lalu menuju Kota Lama Rengat.

Untuk menginap, Anda bisa memilih penginapan yang ada di Kota Rengat atau di Pematang Reba. Tarifnya mulai dari 300ribuan. Untuk kuliner sendiri di tempat ini Anda bisa menikmati berbagai suguhan kuliner lezat, jadi tak perlu khawatir soal akomodasi. Jika ingin melihat Indragiri Hulu seutuhnya, Anda bisa memilih menginap di Rengat saja sebagai ibu kotanya. Waktu tempuhnya sekitar 30 menit dari gerbang komplek makam yang ada di Desa Kota Lama. menuju ke pusat Kota Rengat.


Video Sekilas Komplek Makam Raja-Raja Indragiri yang dibuat oleh BertuahTv

RiauMagz, Wisata Riau, Wisata religi di Rengat Indragiri Hulu.