Wisata Ombak Bono Teluk Meranti

Wisata Ombak Bono Teluk Meranti

RiauMagz.com - Salah satu icon wisata Riau yang mendunia adalah Ombak Bono yang ada di daerah Pelalawan, tepatnya di daerah Teluk Meranti. Sebuah fenomena alam yang menjadi salah satu wisata air paling menarik di Riau. Bono merupakan gelombang air pasang yang terjadi di dalam sungai. Pada umumnya gelombang atau ombak terjadi di pantai laut, tetapi bono dapat terjadi di sebuah sungai dengan air kecoklatan atau air sungai. Di daerah Teluk Meranti, Pelalawan, gelombang bono yang muncul dapat mencapai ketinggian 5 hingga 6 meter. Bahkan dahulu, sebelum terjadi perubahan kondisi alam dan lingkungan di sekitar sungai, ketinggian air dapat mencapai 9 hingga 10 meter. Hingga tak heran bila masyarakat setempat kerap mengaitkan bono dengan hal-hal mistis.

Secara ilmiah, gelombang bono terjadi karena adanya pertemuan antara arus sungai dengan arus air laut yang menuju ke arah bagian hulu dan hilir. Akibat pertemuan tersebut, terjadilah sebuah gelombang seperti yang biasa kita saksikan di tepi pantai laut. Gelombang ini biasanya terjadi pada saat kondisi air laut pasang, gelombangnya bergerak ke arah sungai dan menyebabkan terjadinya gelombang bono yang dahsyat. Semakin besar air laut yang pasang, maka akan semakin besar bono yang terbentuk. Faktor lain adalah curah hujan. Pada kondisi hujan, debit air akan naik dan gelombang yang terbentuk pun akan semakin besar.

Ombak Bono menjadi destinasi wisata para pecinta surfing. Bukan hanya di dalam negeri, Bono juga sudah dikenal oleh para wisatawan asing sehingga tak heran banyak wisatawan mancanegara yang jauh-jauh datang ke Pelalawan untuk menaklukkan gelombang bono yang bisa meretakkan papan surfing tersebut. Konon kedahsyatan gelombang bono di Teluk Meranti ini melebihi kedahsyatan bono yang ada di Sungai Amazone. Terlebih lagi jika Anda datang tepat pada jadwalnya, dimana gelombang bono akan terlihat lebih besar dan menantang adrenalin. Gelombang bono ini biasanya hanya bisa ditaklukkan oleh para peselancar professional yang sudah berpengalaman.

Bila ingin berkunjung menyaksikan gelombang bono sungai Kampar, disarankan untuk datang pada bulan Agustus-Desember bulan Masehi. Pada musim penghujan umumnya gelombang akan besar dan memberikan tantangan tersendiri bagi pecinta olahraga selancar. Namun bagi Anda yang masih pemula dan belum berpengalaman, sebaiknya banyak bertanya lebih dulu kepada peselancar di daerah ini tentang kondisi di lapangan. Terutama pada saat kondisi air sedang benar-benar tinggi, sebaiknya Anda harus ekstra hati-hati.

Destinasi wisata ini cocok dikunjungi oleh para pecinta alam, para olahragawan dan mereka yang tertarik dengan wisata air. Karena medan yang cukup sulit menuju ke lokasi, tempat ini kurang recommended untuk Anda yang ingin berwisata membawa keluarga dan anak-anak. Lebih cocok datang ke tempat ini bersama kelompok atau komunitas Anda.

Cara Menuju ke Lokasi Ombak Bono Teluk Meranti
Cara menuju ke lokasi Ombak Bono Teluk Meranti, Pelalawan dapat ditempuh melalui dua jalur. Yakni jalur darat dan jalur perairan. Dari pusat Kota Pekanbaru, daerah Teluk Meranti Semenanjung Kampar berjarak 135km. Berikut ini dua rute yang bisa dipilih oleh para wisatawan:
  1. Rute Jalur Darat : Dari Pekanbaru menuju ke Pangkalan Kerinci selama 2 jam perjalanan, langsung menuju ke Simpang Bunut. Perjalanan dari Simpang Bunut dilanjutkan lagi menuju ke Teluk Meranti selama 4 hingga 5 jam perjalanan. Medan yang ditempuh lumayan sulit, dengan jalanan tanah, tetapi masih bisa ditempuh dengan mobil.
  2. Rute Jalur air : Dari Pekanbaru menuju ke Pangkalan Kerinci selama kurang lebih 2 jam perjalanan, langsung menuju ke jembatan panjang lokasinya tak jauh dari pusat Kota Kerinci. Di situ ada pelabuhan kecil. Pengunjung bisa naik kapal cepat regular yang biasanya jadwalnya jam 9 pagi. Selama kurang lebih 2,5 jam perjalanan, kapal ini akan membawa Anda sampai ke Teluk Meranti. Biaya per orang kisaran 200ribu rupiah. Meskipun lebih mahal, waktu perjalanan bisa lebih cepat, dan Anda bisa menikmati pemandangan air yang tak biasa. Kendalanya hanya pada waktu, karena tak setiap saat ada kapal yang bisa ditumpangi. Hanya terbatas jam yang ada.
Selama di Teluk Meranti, tersedia home stay yang bisa Anda tumpangi untuk menginap. Jangan lupa membawa perbekalan yang lengkap, baik obat-obatan, makanan ringan dan perlengkapan perjalanan lainnya.

Beberapa tulisan tentang ombak bono Sungai Kampar seperti : Ombak Terpanjang Untuk Berselancar di Dunia - Ombak Bono Kampar Riau, atau juga di Wikipedia Ombak Bono, serta untuk mengetahui lokasi tepat Ombak Bono Sungai Kampar sangat membantu para wisatawan mengetahui secara jelas tentang Ombak Bono. Jangan lupa untuk menghubungi para pemandu lokal di Desa Teluk Meranti.

Pict n Video Wisata Ombak Bono Teluk Meranti Pelalawan by @attayaya
Song by Theja Fathasena
Music by Jamalaya


RiauMagz, Wisata Riau, Wisata fenomenal Ombak Bono Sungai Kampar di Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau.