Wisata Danau Raja Rengat Inhu

Wisata Danau Raja Rengat Inhu

RiauMagz.com - Saat menyebut Kota Rengat, maka yang selalu identik dikenal orang adalah Danau Raja. Sebuah icon wisata Rengat yang sudah bertaraf nasional adalah Danau Raja. Menemukan Danau ini sangat mudah sebab lokasinya berada tepat di tepi jalan utama gerbang Kota Rengat. Belum ke Rengat kalau Anda belum singgah ke Danau Raja.

Danau Raja merupakan sebuah danau yang terbentang di tepi jalan raya Kota Rengat. Diameternya kira-kira 200 meter. Danau ini bila dilihat dari udara memiliki bentuk bundar tidak beraturan. Meskipun terbilang kecil, danau ini memiliki sejarah dan cerita-cerita yang menarik untuk diungkap.

Wisata Danau Raja Rengat Inhu

Fakta Unik Tentang Danau Raja yang Perlu Anda Ketahui
Sekilas melihat danau ini tak ada yang istimewa. Hanya semacam sumber air besar yang terbentang di tepi kota. Tetapi ternyata ada hal-hal menarik yang membuat danau ini akhirnya dikenal sebagai destinasi wisata, di antaranya adalah:
  1. Simbol Peradaban Kerajaan Indrigiri. Danau Raja dikenal sebagai danau pemandian untuk puteri dan anggota kerajaan Indragiri pada masanya. Dengan kondisi lingkungan danau yang asri, danau ini menjadi tempat berkumpulnya puteri dan raja. Itulah salah satu sebab mengapa danau ini disebut Danau Raja.
  2. Memiliki Volume Air yang Tetap. Hal unik selanjutnya yang penting Anda ketahui tentang danau ini adalah volume debit air yang selalu tetap. Danau Raja tak pernah mengalami kekeringan pada musim panas, sebaliknya pada musim banjir danau ini pun tidak pernah meluap. Volume debit airnya selalu tetap.
  3. Cerita Mistis Danau Raja. Beberapa orang menyebutkan danau ini dihuni oleh buaya putih yang hanya muncul pada orang-orang yang dikehendaki. Pada tahun 2010 bahkan danau ini sempat memakan korban jiwa. Seorang driver kendaraan air terlatih asal Surabaya meninggal di tengah danau. Menjadi keanehan ketika seorang yang sudah ahli berenang tetapi meninggal karena kehabisan oksigen tidak bisa berenang di dalam air.
  4. Kedalaman Danau Raja Belum Anda yang Memastikan. Hingga saat ini kedalaman pasti dari Danau Raja belum diketahui. Pihak pemerintah setempat pun belum ada yang mengusahakan pengukuran tersebut sehingga dalam data-data yang beredar memang belum ditemukan berapa kedalaman pasti danau ini.

Wisata Danau Raja Rengat Inhu

Keindahan Danau Raja Kota Rengat
Danau Raja memiliki volume air yang tetap dengan warna hijau yang jernih. Di beberapa bagian danau ini ditutupi bunga teratai sehingga memberikan efek dingin pada air. Di sekeliling danau ada banyak tumbuhan dan pohon besar seperti pohon akasia. Pengunjung biasanya duduk di bangku-bangku tepian danau atau membentang tikar di sekeliling danau tersebut.

Pada bagian tepian tengah danau, dibangun sebuah duplikat kerajaan Indragiri dengan dilengkapi dua patung singa jantan sebagai penjaga gerbangnya. Pemerintah setempat menyebutkan bahwa duplikat istana yang dibuat tersebut sudah sama persis dengan bentuk istana yang asli. Spot ini menjadi lokasi berfoto yang menarik selain di tepian danau.

Berkunjung ke kawasan Danau Raja lebih nyaman pada siang atau sore hari. Berteduh di bawah pohon-pohon rindang sambil menikmati kuliner es campur banyak dilakukan remaja-remaja di sekitara Kota Rengat. Lokasi danau ini sangat strategis dan dekat dengan beberapa penginapan, masjid dan sekolah. Sehingga tak heran banyak sekali anak sekolah yang nongkrong di kawasan Danau Raja.

Sayangnya kondisi tempat duduk dan wahana-wahana permainan belum begitu diperhatikan di tempat ini. Sehingga pengunjung merasa lebih nyaman duduk di tepian dengan membentang tikar atau alas duduk. Jika wahana permainan tersedia dengan baik, tempat kuliner diatur dengan baik, danau ini akan semakin potensial menjadi tempat wisata terkenal di Kota Rengat.

Cara Menuju ke Lokasi Danau Raja Kota Rengat
Cara menuju ke Lokasi Danau Raja Kota Rengat sangat mudah karena memang lokasinya berada di tepi jalan raya. Jika memulai perjalanan dari Pekanbaru, Anda cukup mengikuti rute perjalanan ke Kota Rengat. Sekitar 5 jam perjalanan normal, Anda akan sampai di Kota Rengat dengan melintasi jalan Lintas Timur menuju Jambi.

Di simpang empat tugu patin Kota Pematang Rebah, Anda ambil rute lurus menuju Kota Rengat (arah kanan ke Jambi). Sekitar 15 menit berkendara, Anda akan tiba di gerbang Kota Rengat, lalu di sebelah kiri gerbang masuk, Anda pun bisa melihat tulisan besar Danau Raja.

Jika tak memiliki kendaraan pribadi, Anda bisa naik travel Pekanbaru-Rengat dan pulangnya juga naik travel Rengat-Pekanbaru. Ongkosnya sekitar 100 sampai 120ribu rupiah. Kendaraan di dalam kota tersedia becak atau ojek. Sementara untuk penginapan, tersedia banyak hotel melati di Kota Rengat.

Pict by Dinas Pariwisata Provinsi Riau

Selain Wisata Danau Raja, di Kabupaten Rengat juga terdapat wisata lainnya seperti Wisata Komplek Makam Raja-Raja Indragiri seperti yang divideokan oleh BertuahTv berikut ini.


RiauMagz, Wisata Riau, Wisata Rengat yang memesona.