Wisata Danau Meduyan Rengat Indragiri Hulu

Wisata Danau Meduyan Rengat Indragiri Hulu

RiauMagz.com - Danau Meduyan merupakan salah satu objek wisata di Indragiri Hulu yang terletak di Desa Kota Lama, Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Indragiri Hulu. Letak objek wisata ini tak jauh dari Makam Raja-Raja Indragiri yang juga menjadi destinasi wisata di kabupaten tersebut.

Danau Meduyan merupakan sebuah danau yang potensial untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata alam yang menarik. Danau ini memiliki air yang jernih dengan bangunan gazebo berwarna kuning di bagian tepiannya. Di sekeliling danau ini juga tumbuh pohon-pohon hijau yang cukup menyegarkan pemandangan mata.

Objek wisata ini menjadi terkenal karena lokasinya yang berdekatan dengan Makam Raja Narasinga II. Bukan hanya dipandang memiliki potensi wisata, danau ini juga dinilai memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai wahana olahraga air.

Meskipun tak sepopuler Danau Raja, saat ini pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu mulai serius mempromosikan danau ini dengan menaja berbagai even promosi festival di kawasan tersebut.

Objek wisata Danau Meduyan cukup potensial untuk dijadikan destinasi wisata keluarga. Di tengah danau ini juga bisa dilayari oleh sepeda air yang menjadi salah satu wahana menarik bagi pengunjung. Sayangnya tanaman enceng gondok yang tumbuh di perairan danau terkadang menutupi keindahan air dan tentunya membuat sepeda air tidak bisa dijalankan.

Mengunjungi objek wisata Danau Meduyan bukan hanya bisa memberikan suguhan keindahan pemandangan alam yang asri. Di sini pengunjung juga bisa melihat suasana tradisi masyarakat Melayu Indragiri yang masih kental. Menyaksikan langsung budaya Melayu dari dekat dengan didukung bukti sejarah kerajaan Indragiri yang ada di dekatnya, yakni Makam Raja-Raja Indragiri.

Wisata Danau Meduyan Rengat Indragiri Hulu

Spot berfoto cukup menarik di Danau Meduyan. Di antaranya adalah berfoto di gazebo-gazebo kecil yang ada di pinggiran sungai. Warna gazebo tersebut senada dengan warna kejayaan Melayu, yakni kuning. Senada juga dengan warna komplek pemakaman Raja-Raja Indragiri.

Memotret pemandangan hijau di sekitar danau ini juga menjadi hal menarik yang bisa dilakukan pengunjung. Wisata alam yang dipadukan dengan suasana budaya yang kental, lengkap dengan bukti sejarah dari wisata makam yang ada.
Tempat ini sangat cocok dijadikan tempat berteduh, beristirahat dari hiruk pikuknya keramaian kota. Atau bagi Anda yang sedang membuat cerita-cerita fiksi berlatar sejarah dan budaya Indragiri Hulu, bisa sejenak singgah dan berteduh di tepian Danau Meduyan.

Apabila didesain dan direnovasi dengan lebih baik lagi, danau ini akan sangat menjanjikan mengundang banyak wisatawan hadir.
Perlu dilengkapi berbagai wahana permainan yang menarik di sekeliling danau, termasuk juga kebersihan lingkungannya.
Kawasan perairan juga perlu dibersihkan sehingga sepeda air bisa menjadi kendaraan menarik yang bisa dicoba para pengunjung. Satu hal lagi soal kuliner. Indragiri Hulu memiliki banyak kuliner khas yang enak dan terkenal, destinasi wisata Danau Meduyan bisa menjadi salah satu lokasi untuk mempromosikannya.

Fasilitas seperti toilet, tempat shalat dan parkir juga perlu diatur dan disediakan sedemikian rupa agar para pengunjung nyaman dan bisa berlama-lama di lokasi Danau Meduyan. Saat ada kesempatan berkunjung ke Rengat, tak ada salahnya Anda singgah di Danau Meduyan.

Wisata Danau Meduyan Rengat Indragiri Hulu

Cara Mengunjungi Objek Wisata Danau Meduyan Indragiri Hulu
Mengunjungi objek wisata Danau Meduyan bisa dilakukan melalui jalur transportasi darat. Disarankan menggunakan kendaraan pribadi atau rental, karena jika kendaraan umum biasanya hanya akan sampai di tepian jalan raya saja.

Dari pusat Kota Pekanbaru, Anda bisa menempuh rute jalur Jalan Lintas Timur Pelalawan-Inhu-Jambi selama lebih kurang 5 hingga 6 jam. Perjalanan dilakukan menuju ke simpang Desa Kota Lama, Kecamatan Rengat Barat. Lokasinya sebelum simpang empat tugu pating Pematang Reba, tepatnya di sebelah kiri.

Anda bisa masuk melalui simpang Desa Kota Lama sekaligus akan mengantarkan Anda ke lokasi Pusat Pemakaman Raja-Raja Indragiri Hulu. Bila Anda ingin menjelajahi destinasi lain di kabupaten ini, terdapat banyak hotel di kawasan Pematang Reba. Hotel-hotel kecil yang minimalis dan cantik bisa Anda jadikan tempat menginap.

Jangan lupa menikmati kuliner khas Indragiri Hulu, aneka olahan ikan baung sungai, rendang udang, dan masakan ikan-ikan sungai lainnya. Jika sedang beruntung di sepanjang jalan raya menuju ke Desa Kota Lama akan banyak sekali pedagang buah lokal seperti rambutan, durian, mangga dan sebagainya. Pastikan saja berkunjung di musim buah-buahan tersebut. Selamat berwisata, jangan lupa singgah ke Danau Raja Kota Rengat. Hanya sekitar 30 menit saja dari simpang Desa Kota Lama.


Video Komplek Makam Raja-raja Indragiri oleh BertuahTv Komunitas Blogger Bertuah Pekanbaru

RiauMagz, Wisata Riau