Wisata Danau Betung Pelalawan Riau

Wisata Danau Betung Pelalawan Riau

RiauMagz.com - Danau Betung merupakan salah satu destinasi wisata Kabupaten Pelalawan yang potensial untuk dikembangkan. Terletak di Desa Betung, Kecamatan Pangkalan Kuras, Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau. Desa Betung merupakan desa yang dihuni oleh suku Melayu asli Petalangan. Sehingga tak heran jika di kampung ini masih ditemukan banyak tradisi masyarakat Petalangan yang khas dan terpelihara. Di sini kita bisa menyaksikan tradisi Bedewo, Nyanyian Panjang, Menumbai Madu, Belian, Atraksi Silat Payung dan sebagainya. Selain itu ada juga kerajinan tangan yang terbuat dari pandan, rotan, bambu, kopau dan sejenisnya. Potensi inilah yang semakin menambah kekayaan wisata dan daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Danau Betung.

Danau Betung merupakan danau yang sudah popular sejak tahun 1985. Pada tahun tersebut, danau ini sudah menarik minat negara Australia dan Pemda setempat. Maka pada tahun tersebut dibangunlah sebuah rumah adat yang diletakkan di bagian tengah-tengah danau. Rumah adat itu diberi nama Kunjung Laut. Selain itu, di lokasi danau juga terdapat bangunan lain di antaranya Balai Gunjung Laut, Museum Tuk Monti, Gedung Putri Lindung Bulan, gazebo-gazebo dan sebuah mushola sederhana. Seiring perjalanan waktu, kondisi bangunan di lokasi ini semakin memprihatinkan. Kurangnya perawatan membuat fasilitas di tempat wisata ini semakin tidak layak untuk digunakan. Kondisi air danau pun sudah mulai kotor dan berlumut. Pembersihan danau dan renovasi bangunan dibutuhkan untuk membantu peningkatan kunjungan wisatawan ke Danau Betung. Terlebih lagi saat ini Danau Betung sudah masuk dalam daftar peta pariwisata Kabupaten Pelalawan yang akan dilihat oleh banyak orang saat akan memilih destinasi wisata yang ada di daerah tersebut.

Potensi wisata lainnya yang ada di Desa Betung adalah potensi wisata hutan adat yang berisi pohon-pohon sialang yang biasa dihuni lebah yang diambil untuk pengambilan madu. Di hutan ini biasa dilakukan tradisi manumbai untuk menurunkan madu yang ada di pohon-pohon sialang. Hutan adat tersebut sering disebut dengan nama Hutan Kepungan.

Sebelumnya, tepian Danau Betung juga merupakan lokasi tempat diselenggarakannya aneka acara adat masyarakat setempat. Seperti misalnya tradisi bayar nazar yang dilakukan masyarakat kebatinan Kuang Oso Tigo Puluh. Namun, seiring kondisi danau yang kian tidak terawat, penyelenggaraan acara-acara tersebut pun ditiadakan. Potensi wisata Danau Betung sangat cocok dijadikan sebagai destinasi wisata keluarga. Dengan air danau yang jernih, lokasi hutan yang alami dan aneka bangunan tradisional di sekitar area wisata, cukup menjadi daya tarik potensial yang bisa ditemukan para pengunjung. Bukan sekedar wisata alam, tetapi Danau Betung juga potensial untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata budaya masyarakat asli Petalangan di Pelalawan. Bisa juga dengan menambahkan spot-spot berfoto yang unik di kawasan wisata ini untuk menarik minat pengunjung.

Cara Menuju ke Lokasi Wisata Danau Betung, Pelalawan
Cara menuju ke lokasi wisata Danau Betung Pelalawan bisa ditempuh menggunakan jalur darat. Diutamakan menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan rental, tetapi bisa juga bila Anda tetap memilih angkutan umum. Dari Pekanbaru, Anda harus menempuh perjalanan darat kurang lebih 3 jam perjalanan menuju ke pasar Sorek.

Dari Pasar Sorek ini, perjalanan dilanjutkan menuju ke Desa Betung. Rutenya, dari Pasar Sorek ambil arah belok kanan (sebelum Rumah Makan Nilam Sari), perjalanan sejauh 8km akan Anda tempuh untuk sampai ke Desa Betung. Bila Anda tak memilik kendaraan pribadi, maka bisa dilakukan dengan naik travel jurusan Pekanbaru-Rengat, Pekanbaru-Pranap, Pekanbaru-Air Molek dan semua travel jurusan setelah Sorek. Berhenti di Pasar Sorek, lalu bisa dilanjutkan menyewa becak motor menuju ke lokasi.

Akomodasi makanan dan sejenisnya bisa Anda dapatkan di kawasan Pasar Sorek yang cukup lengkap. Tersedia juga fasilitas penginapan sederhana jika Anda ingin memilih bermalam di lokasi wisata. Bila Anda terbiasa dengan kendaraan roda dua, lokasi ini juga masih terjangkau untuk dituju menggunakan motor. Medan yang cukup baik bisa memudahkan perjalanan Anda meskipun menggunakan kendaraan roda dua. Bila Anda berkunjung tidak membawa keluarga maka bisa memilih alternative naik motor ke lokasi.

Wisata di Kabupaten Pelalawan yang fenomenal : Wisata Ombak Bono
Theme Song by Theja Fathasena
Music by Jamalaya


RiauMagz, Wisata Riau