Wisata Air Terjun 86 Indragiri Hilir


RiauMagz.com - Salah satu destinasi wisata alam di Kabupaten Indragiri Hilir yang saat ini sedang dikembangkan dan masuk dalam peta wisata Inhil adalah Air Terjun 86.

Objek wisata Air Terjun 86 berlokasi di Dusun Pandowo, Desa Keritang Hulu, Kecamatan Kemuning, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau. Dinamakan dengan 86 karena memang lokasi air terjun ini terletak di km 86 Jalan Raya Lintas Timur Sumatera.

Air terjun ini masih berada di kawasan Taman Nasional Bukit Tiga Puluh dan memiliki ketinggian sekitar 50 meter. Lokasi air terjun ini juga berdekatan dengan dua air terjun lain yakni Selensen Salak dan Tembulun Rusa.

Kecamatan Kemuning kondisi geografisnya merupakan perbukitan dataran tinggi sehingga udara di daerah ini lebih sejuk dan pesona alamnya sangat cocok dijadikan destinasi wisata.

Keindahan Wisaya Air Terjun 86
Air terjun 86 merupakan kawasan hulu dari Sungai Nderlang. Jadi debit airnya selalu stabil meskipun sedang musim kemarau. Menurut informasi dari warga setempat, dahulunya di tahun 1990-an, air terjun ini sempat dikelola oleh sebuah perusahaan yang berada di kawasan 86. Akan tetapi warga akhirnya mengambil alih air terjun ini setelah operasi perusahaan dihentikan. Pengeolalaan warga hanya berlangsung beberapa waktu, selanjutnya air terjun ini kurang terawatt.

Air terjun 86 memiliki pesona keindaha tersendiri. Selain menikmati deburan air setinggi 50 meter di bagian bawahnya, Anda juga bisa menyaksikan bangunan dinding air terjun yang terbuat dari batu alam yang menambah kesan eksotik suasana.

Selain itu, suasana hijau yang asri di sekitar air terjun, juga pepohonan rindang yang bisa dijadikan tempat berteduh membuat masih banyak orang yang senang berkunjung ke air terjun tersebut.

Bila Anda ingin mendapatkan suasana alam yang lebih asri dan sejenak rehat dengan rutinitas pekerjaan, tempat wisata ini bisa jadi pilihan untuk dikunjungi di daerah Indragiri Hilir.

Kondisi alam perbukitan di kawasan kecamatan Kemuning memungkinkan lokasi ini dijadikan sebagai tempat camping bagi para pecinta alam. Selain mengunjungi air terjun juga bisa menghirup kesegaran udara dataran tinggi dan asrinya pemandangan hijau di atas bukit.

Bila Anda belum kenal medan di tempat ini tak perlu khawatir karena ada pihak pemandu yang akan siap mengantarkan Anda menyusuri kawasan wisata tersebut. Lokasi camping ground yang ada di atas bukit harus dilalui dengan jalan setapak yang cukup terjal. Sangat tidak cocok dijadikan destinasi wisata keluarga tentunya.

Salah satu alasan mengapa Air Terjun 86 ini kurang populer bagi wisatawan, bahkan oleh warga Inhil sendiri adalah karena fasilitas dan akses ke tempat wisata ini masih sulit. Jauhnya jarak dari pusat Kota Tembilahan hingga jalan masuk ke lokasi wisata yang jauh dan sulit membuat orang berpikir ulang untuk berkunjung.

Akan tetapi, melihat lokasinya yang strategis dan berada di bukit dengan pemandangan yang asri, Air Terjun 86 sangat potensial jika dikembangkan menjadi tempat wisata populer di Inhil.

Cara Menuju ke Lokasi Air Terjun 86 Indragiri Hilir
Lokasi Air Terjun 86 dapat ditempuh sekitar 5 jam perjalanan dari pusat ibukota Inhil, Tembilahan. Bila Anda menempuh rute dari Pekanbaru, jaraknya akan lebih dekat. Anda harus menempuh perjalanan menuju ke ibukota Kecamatan Kemuning, Selensen.
Dari ibukota kecamatan menuju ke lokasi wisata berjarak sekitar 4km. Lokasi jalan menuju ke tempat wisata masih sulit aksesnya. Jalanan kecil dan masih tanah. Lebih nyaman menggunakan kendaraan roda dua atau jika menggunakan roda empat pilihlah jenis mobil jeep.

Jika kondisi hujan, jalanan akan lebih sulit lagi, apalagi jika Anda berniat untuk camping di puncak bukit. Objek wisata ini lebih cocok dikunjungi oleh para pecinta alam yang memang sudah terbiasa dengan berbagai kondisi di alam.
Tetapi Anda tak perlu khawatir karena di tempat ini ada banyak objek wisata yang bisa langsung Anda kunjungi. Keindahan kawasan hutan TNBT juga menjadi daya pesona tersendiri bagi wisatawan. Kekayaan flora dan fauna hutan ini masih sangat menarik untuk dilihat dan diteliti. Selamat berwisata ke Air Terjun 86 di Indragiri Hilir.

Wisata Air Terjun 86 Indragiri Hilir repost from @dinaspariwisatainhil


Wisata Inhil lainnya yaitu Wisata Kebun Kelapa Guntung, Indragiri Hilir


RiauMagz, Wisata Riau, Wisata Inhil Tembilahan yang menakjubkan.