Menelisik Keindahan Wisata di Concong Luar Indragiri Hilir

Menelisik Keindahan Wisata di Concong Luar Indragiri Hilir

RiauMagz.com - Concong Luar merupakan nama sebuah desa yang ada di Kecamatan Concong, Indragiri Hilir Riau. Desa ini memiliki keunikan sehingga masuk dalam daftar peta wisata Kabupaten Indragiri Hilir. Concong Luar memiliki potensi wisata dan budaya karena dihuni oleh suku laut asli bernama Duano. Suku Duano sebagai bagian dari Suku Bangsa Laut Indonesia ini pulalah yang mempopulerkan tradisi manongkah di Inhil dan telah berhasil mencatatkan rekor MURI.

Concong Luar merupakan kawasan desa yang berada di tepi laut. Rumah-rumah tersusun di tepi laut dengan perahu-perahu nelayan yang melintas setiap hari. Bisa dikatakan tanah orang laut adalah lautan. Mereka tinggal di atas rumah-rumah yang berdiri di atas laut dengan pekerjaan utamanya mencari ikan.

Bila Anda tertarik menyaksikan langsung kehidupan suku laut, melihat tradisi mereka serta ingin berlayar di lautan untuk mencari ikan, Desa Concong Luar jadi salah satu destinasi yang direkomendasikan untuk Anda.

Menelisik Keindahan Wisata di Concong Luar
Bila Anda berkesempatan mengunjungi Desa Concong Luar, berikut ini beberapa hal yang bisa Anda nikmati di daerah tersebut:
  1. Wisata Susur Laut. Ingin menikmati kuliner seafood segar di tengah perahu-perahu kayu yang dikayuh manual atau menggunakan mesin seadanya? Kawasan Concong Luar ini jadi lokasi yang menarik untuk dikunjungi. Sambil naik perahu, Anda bisa menyaksikan rumah-rumah suku laut yang tegak di kanan-kiri. Berbagai kebiasaan dan tradisi kehidupan yang mungkin jarang Anda lihat bisa Anda temukan di sini.
  2. Lebih Dekat dengan Suku Duano. Jika Anda ingin riset atau melihat langsung kehidupan suku Duano yang ada di Inhil, Concong Luar ini bisa jadi destinasi yang tepat untuk Anda. Bagaimana bahasanya, bagaimana kehidupan ekonomi sosial mereka serta bagaimana kondisi pendidikan suku laut asli ini.
  3. Melihat Tradisi Manongkah Kerang. Tradisi mencari kerang menggunakan papan tumpuan untuk berselancar di lumpur dikenal dengan manongkah kerang suku laut Duano. Tradisi ini menjadi cara unik suku laut untuk mencari kerang. Hingga akhirnya pemerintah setempat menjadikan manongkah sebagai salah satu aset wisata penting bagi Indragiri Hilir. Kegiatan manongkah dibuat semacam festival dan telah berhasil meraih rekor MURI. Penasaran seperti apa tradisi mencari kerang tersebut? Desa Concong Luar bisa jadi tempat Anda berwisata budaya.

    Menelisik Keindahan Wisata di Concong Luar Indragiri Hilir

  4. Wisata Kuliner Seafood. Inhil dikenal sebagai tempat penghasil seafood segar. Aneka ikan laut dan seafood dari Inhil banyak yang diekspor ke beberapa kabupaten terdekat. Bila Anda berjalan ke Inhil, Anda bisa melihat onggokan udang yang dijual di jalan-jalan. Selain harganya yang lebih murah, rasanya juga lebih manis karena masih segar.

Termasuk juga dari Cuncong Luar. Di sini Anda bisa menikmati aneka kuliner seafood segar yang bisa diolah di tempat. Pecinta seafood sangat menikmati perjalanan ke Indragiri Hilir.

Meskipun menawarkan potensi wisata yang cukup menarik, berkunjung ke daerah seperti Concong Luar juga membutuhkan kesiapan fisik. Perjalanan darat dan laut biasanya akan menguras tenaga dan kurang nyaman untuk dijadikan destinasi wisata keluarga. Anda yang ingin riset atau petualang atau juga pecinta alam sangat tepat mengunjungi Concong Luar.

Cara Menuju ke Desa Concong Luar, Indragiri Hilir
Perjalanan menuju ke Desa Concong Luar ditempuh melalui medan darat dan perairan. Jika Anda memulai perjalanan dari Kota Pekanbaru, maka harus melalui jalan darat lebih dulu selama 8 jam menggunakan travel menuju ke Kota Tembilahan. Dari Tembilahan dilanjutkan dengan perjalanan menggunakan transportasi kapal menuju Kecamatan Concong. Biaya transportasi air ini cukup mahal. Sekali perjalanan bisa menghabiskan 260ribu rupiah. Itupun waktunya terbatas hanya pada jam-jam tertentu saja.

Kecamatan Concong kawasan perairannya juga sering disinggahi kapal-kapal besar dari Karimun dan daerah sekitarnya. Sulitnya transportasi di daerah ini menyebabkan biaya hidup juga cukup tinggi. Meskipun demikian, saat ini sudah banyak suku laut yang menempuh pendidikan lebih baik ke luar daerah. Bahkan sebagian merek sudah banyak yang sukses dan menjadi orang ternama.

Siapkan kamera terbaik Anda jika ingin berkunjung ke Concong Luar. Selihat melihat budaya dan tradisi yang unik dari suku laut, Anda juga bisa menikmati keindahan alam yang masih asri. Selamat jalan-jalan.


Sempolet Indragiri Hilir di Melayu Food Festival

RiauMagz, Wisata Riau, Wisata Suku Laut Duano di Desa Condcong Luar Kabupaten Indragiri Hilir.