Inilah Lagu-Lagu Islam yang Sering Muncul di Bulan Ramadhan

Inilah Lagu-Lagu Islam yang Sering Muncul di Bulan Ramadhan

RiauMagz.com - Ramadhan telah menyapa kita. Menjalankan ibadah di bulan Ramadhan membutuhkan kesungguhan dan target-target yang harus dipenuhi. Tantangan yang berat untuk mereka yang tidak memahami makna dan keutamaan Ramadhan adalah melalui waktu-waktu seperti bangun untuk santap sahur hingga menunggu waktu-waktu berbuka. Ada juga orang yang menggunakan waktu-waktu tersebut untuk menghibur diri dengan mendengarkan lantunan lagu-lagu Islami khas di bulan Ramadhan.

Ya, kalau kita simak, masjid-masjid, radio hingga televisi biasanya akan menyuguhkan musik-musik islami pada bulan Ramadhan. Musik tersebut sering diputar untuk membangunkan orang sahur, menunggu waktu berbuka atau hanya sekedar untuk santai di siang hari. Meskipun nilainya jauh bila dibandingkan mendengarkan lantunan ayat-ayat suci Al Quran, paling tidak ada nilai lebih yang bisa diambil dibandingkan Anda mendengarkan lagu-lagu percintaan seperti biasa.

Oh iya, selain lagu-lagu ada pula iklan yang sering muncul di bulan Ramadhan seperti iklan kain sarung, iklan sirup dan berbagai iklan lainnya.

Manfaat Mendengarkan Lagu-Lagu Islami di Bulan Ramadhan
Kenapa banyak orang memutar dan mendengarkan lagu-lagu Islami di bulan Ramadhan? Berikut ini beberapa alasannya:
  1. Membantu mengurangi fokus lapar, dahaga dan letihnya berpuasa di siang hari. Mendengarkan lagu akan lebih menghibur dan menghilangkan fokus konsentrasi tantangan orang berpuasa.
  2. Mendapatkan nilai-nilai kebaikan melalui lirik sebuah lagu. Jika Al Quran dapat menyentuh hati dan ruhiyah, maka lirik lagu dapat membangunkan rasional berpikir seseorang, yakni rasionalitas untuk melakukan kebaikan. Di dalam lirik-lirik lagu islami biasanya akan terkandung nilai alasan mengapa harus melakukan kebaikan tertentu, ini merupakan bentuk pesan yang bisa menggugah jiwa dan hati orang untuk berubah.
  3. Membangunkan orang yang sedang mengantuk untuk bangun sahur. Selain musik islami, biasanya juga dengan murottal Al Quran atau tausiyah. Bunyi musik yang kuat biasanya akan lebih bisa membangunkan mereka yang tidur lebih nyenyak.
  4. Mengalihkan kebiasaan mendengarkan lagu-lagu dengan lirik yang tidak bermanfaat menjadi lagu-lagu yang penuh kebaikan. Sebab pada saat berpuasa, semua panca indra kita juga diharapkan berpuasa dan menjaga segala bentuk maksiat yang muncul.

Deretan Lagu-Lagu Islami yang Sering Diputar di Bulan Ramadhan
Lagu-lagu islami yang beredar di pasaran memang sering bertambah, tetapi ada pilihan lagu-lagu tertentu yang sepertinya bertahan diminati banyak orang di setiap bulan Ramadhan. Selain karena penyanyinya yang sudah populer, lagu-lagunya pun memiliki nada dan lirik yang menggugah. Mau tahu apa saja sih deretan lagu pasaran yang sering diputar orang di bulan Ramadhan? Berikut di antaranya:
  1. Lagu-Lagu Penyanyi Opick. Wah ini benar-benar sudah pasaran ya. Masjid-masjid hingga radio tak pernah ketinggalan memutar lagu-lagu opick. Di antara lagu-lagu Opick yang paling sering diputar adalah Ramadhan Tiba, Tombo Ati, Astaghfirullah dan sebagainya. Lagu Opick telah bertahan selama bertahun-tahun dan cukup fenomenal. Setiap masjid, radio hingga ponsel-ponsel pribadi orang selalu memiliki koleksi lagu-lagu Opick.
  2. Lagu-Lagu Sabyan Gambus. Sebagai pendatang baru, Sabyan Gambus juga cukup fenomenal. Lagu-lagunya bukan hanya diputar di bulan Ramadhan, tetapi di hari-hari biasa pun mengalun di pasar-pasar tradisional. Bisa dipastikan Ramadhan kali ini masjid-masjid akan memutar lagu-lagu Sabyan pada saat-saat sahur atau berbuka. Hampir semua lagu Sabyan populer, baik yang lama maupun yang baru.
  3. Lagu-Lagu Maher Zein. Semua lagu-lagu Maher Zein sangat populer. Meskipun judul lagu khususnya tentang Ramadhan berjudul ‘Ramadhan’ dalam versi Inggris, tetap saja populer didengarkan para remaja. Lagu-lagu Maher Zein banyak diputar di mall-mall atau acara-acara panggung atraksi religi selama bulan Ramadhan.
  4. Harris J. Di kalangan remaja, lagu Harris J sangat menginspirasi. Judul lagu Salam Alaikum menjadi salah satu yang populer dan disenangi banyak orang meskipun bukan bulan Ramadhan. Dengan rentak irama musik kekinian, Harris J berhasil membuat lagu-lagunya diputar di banyak tempat yang biasanya enggan memutar lagu religi. Ramadhan kali ini mungkin saja lagu Harris J masih akan sering mengalun di mall-mall, hotel dan tempat-tempat elit lainnya.
  5. Lagu-Lagu Nasyid. Radio, masjid, mall atau tempat-tempat umum lainnya juga banyak yang memutar lagu-lagu nasyid baik dari penyanyi lokal Indonesia maupun negeri seberang Malaysia. Lagu-lagu yang tetap populer meskipun sudah lawas dirilis di antaranya nasyid Raihan, Hijjaz, Madani, Sigma, Alveoli dan sebagainya.
  6. Lagu-Lagu Haddad Alwi. Lagu Haddad Alwi juga sudah sangat melegenda. Sudah puluhan tahun rilis tetapi masih tetap sering diputar di bulan Ramadhan. Iramanya yang lembut dan lirik-liriknya yang sudah sangat dihafal oleh banyak orang membuat lagu lawas Haddad Alwi tetap bertahan di musik-musik Ramadhan yang diputar banyak pihak.
  7. Lagu-Lagu Pop Religi. Grup band maupun penyanyi solo juga banyak yang memiliki lagu-lagu populer di bulan Ramadhan. Di antaranya Ungu, Wali, Gigi, Afgan, Tompi dan masih banyak yang lainnya. Lagu-lagu ini sering kita dengar di tempat-tempat umum, pusat perbelanjaan dan sebagainya. 
  8. Riau Philharmoic Orchestra. Grup orkestra ini secara khusus menyelenggarakan sebuah acara konser yang diberi nama Jelang Ramadhan Concert. Tahun 2019 ini RPO (singkatan dari Riau Philharmonic Orchestra) telah menyelenggarakan acara apik ini yang ke empat. Semoga berlanjut di tahun-tahun berikutnya. Dengan personil hampir 100 orang dibantu banyak krew, lagu-lagu ditampilkan secara orkestra misalnya lagu-lagu dari Sabyan Gambus, Opick dan lainnya. Lihat videonya di bagian bawah.

14 lagu dilantunkan oleh penyanyi Riau Philharmonic Orchestra Choir, Riau Philharmonic Orchestra Choir Kids bersama iringan Riau Philharmonic Orchestra :
  1. Assalamulaikum - Opick di tahun 2007 dalam albumnya Ya Rahman
  2. Insya Allah - Maher Zein
  3. Ummi Tsumma Ummi - dipopulerkan juga oleh Nissa Sabyan
  4. Pewaris Surga - Opick
  5. Rapuh - Opick
  6. Tala'al Badru 'Alayna - nasyid
  7. Deen Assalam - Sulaiman Al Mughani - Nissa Sabyan
  8. Sepohon Kayu - UJE Ustadz Jefri Al Buchori
  9. Allahummarhamna Bil Qur'an Doa Setelah Membaca Al Quran - nasyid
  10. Law Kana Bainanal Habib - dipopulerkan Abdul Rahman Muhammad serta turut dipopulerkan juga oleh Nissa Sabyan
  11. Ya Maulana - Nissa Sabyan - Sabyan Gambus
  12. Ya Jamalu - Mustafa Atef - Nissa Sabyan - Sabyan Gambus
  13. Bila Waktu (T'lah Berakhir) - Opick
  14. Ramadhan Tiba - Opick (Aunur Rofiq Lil Firdaus)

Bagaimana dengan Ramadhan tahun ini? Tampaknya beberapa lagu yang akan populer juga masih berasal dari penyanyi-penyanyi serupa. Di tahun 2019 Sabyan merilis lagu Ya Ramadhon, Wali dengan lagu Kuy Hijrah, Ungu dengan Hasbunallah, Armada dengan Jangan Bersedih. Lagu-lagu tersebut ditargetkan untuk menjadi lagu-lagu populer di sepanjang bulan Ramadhan tahun ini.

Bagaimana menurut Anda lagu-lagu tersebut? Sudah adakah yang liriknya benar-benar mewakili kegundahan hati di bulan Ramadhan? Ya, selain mendengarkan musik lagu, kamu juga bisa menonton potongan video-video ceramah yang menggugah seperti video Ustadz Abdul Somad, Ustadz Adi Hidayat, Ustadz Hannan Attaki, Ustadz Arifin Ilham, Ustadz Bachtiar Nasir dan sebagainya.


Law Kana Bainanal Habib - Abdul Rahman Muhammad - Riau Philharmonic Orchestra

Video Playlist Riau Philharmonic Orchestra


Ceramah Video Ustadz Abdul Somad direkam oleh Riaumagz 5 Juni 2017

RiauMagz, Wisata Riau, Wisata Lagu, Wisata Ramadhan.