Lapangan Beringin, Rengat Indragiri Hulu

Lapangan Beringin Rengat Indragiri Hulu

RiauMagz.com - Bila Anda berkunjung ke Kota Rengat, salah satu tempat beristirahat di pusat kota yang cukup strategis adalah Lapangan Beringin. Sebagai kota bersejarah, Rengat memiliki beberapa destinasi menarik yang berada di pusat kota. Lapangan Beringin ini semacam ruang terbuka hijau, sebuah lapangan luas yang ditumbuhi pohon beringin di sekelilingnya. Lapangan ini terletak di Jl. Haji Agus Salim, Kota-Rengat. Dari gerbang kota, hanya sekitar 5 sampai 10 menit saja, pengunjung bisa menikmati suasana teduh di lapangan ini.

Lapangan Beringin Kota Rengat selama ini digunakan untuk berbagai kegiatan warga maupun pengunjung yang datang. Acara-acara akbar baik dari swasta maupun pemerintah kerap digelar di tempat ini. Di sepanjang area lapangan, pada hari-hari biasa kita juga bisa melihat banyaknya para pedagang yang membuka lapak di sekitar area tersebut.. Suasana yang panas akan terasa lebih teduh saat pengunjung singgah ke area lapangan ini.

Pada siang atau petang hari, tempat ini banyak dijadikan sebagai tempat nongkrong muda-mudi. Selain itu, para pelajar yang baru pulang sekolah juga banyak yang singgah ke area lapangan untuk sekedar santai atau membeli sesuatu. Tempat ini menjadi salah satu icon Kota Rengat, sehingga ketika Anda berkunjung ke sini, jangan lupa untuk berfoto dan mengambil spot terbaik. Pada waktu-waktu tertentu, di tempat ini juga kerap digelar acara konser musik, acara-acara pemerintah, upacara bendera dan sebagainya. Tempat ini menjadi salah satu pusat keramaian yang ada di kota bersejarah.

Lapangan Beringin ini lebih dikenal dengan nama Lapangan Hijau oleh warga setempat. Pada bagian depan terdapat sebuah gerbang dengan warna hijau kuning dan ukiran khas Melayu. Pada bagian dalam juga terdapat beberapa wahana seperti menara, aula dan sebagainya. Wahana ini biasa difungsikan untuk kegiatan-kegiatan yang sesuai.

Posisi Lapangan Beringin ini cukup strategis. Berada di pusat kota dan di sekitarnya banyak berdiri hotel dan penginapan untuk tempat singgah. Selain itu, lapangan ini juga tak jauh letaknya dari tempat-tempat menarik lainnya yang ada di Kota Rengat. Seperti misalnya Danau Raja, Tugu Juang 5 Januari, dan beberapa tempat menarik lainnya di kota tersebut. Jadi mengunjungi lapangan ini bisa sekalian Anda lakukan saat jalan-jalan mengelilingi Kota Rengat. Berkunjung ke tempat ini sangat cocok Anda lakukan bersama keluarga. Jika lelah menikmati suasana kota, Anda pun bisa beristirahat dan mencari kuliner-kuliner khas di Kota Rengat.

Cara Menuju ke Lokasi Lapangan Beringin, Rengat
Mengunjungi Lapangan Beringin di Kota Rengat cukup mudah. Dari pusat Kota Pekanbaru, jika Anda tidak memiliki kendaraan pribadi, Anda bisa menaiki kendaraan travel jurusan Pekanbaru-Rengat dan Rengat-Pekanbaru. Atau Bisa juga memakai travel Pekanbaru-Tembilahan. Ongkos travel tersebut berkisar 120ribu rupiah per orang untuk sekali jalan. Lama perjalanan dari Pekanbaru-Rengat sekitar 5 jam perjalanan normal. Anda akan melalui jalan lintas timur Riau-Jambi. Sesampainya di simpang empat tugu patin, kecamatan Pematang Rebah, Anda bisa mengambil rute lurus, sementara jika hendak ke Jambi atau Jawa, Anda mengambil rute ke kanan. Sekitar 15 menit dari tugu patin, barulah Anda akan melihat gerbang gapura selamat datang di Kota Rengat. Pada bagian sisi kiri jalan, tak jauh dari gerbang, di sanalah Anda bisa melihat Danau Raja yang menjadi salah satu pusat wisata di Indragiri Hulu. Perjalanan bisa Anda lanjutkan sekitar 5 sampai 10 menit hingga sampai ke Lapangan Beringin atau Lapangan Hijau Kota Rengat.

Bila ingin menginap, tarif hotel di Kota Rengat per malam mulai 300ribuan. Anda bisa memilih beberapa penginapan yang lokasinya strategis di dalam kota. Jangan lupa mencari oleh-oleh khas Rengat, di antaranya angka delapan, keripik bawang Malaysia khas Rengat, bolu berendam, aneka olahan ikan sungai, dan sebagainya. Untuk transportasi di dalam kota, jika Anda tak membawa kendaraan pribadi, Anda bisa menyewa ojek atau becak yang beroperasi di dalam kota. Kesan suasana Melayu dengan logat bahasanya akan cukup kuat dirasakan di kota ini.



RiauMagz, Wisata Riau, Wisata Rengat.