Jembatan Indragiri Rumbai Jaya

Jembatan Indragiri Rumbai Jaya

RiauMagz.com - Jembatan Indragiri dikenal dengan nama Jembatan Indragiri Rumbai Jaya yang menjadi salah satu icon peta wisata Indragiri Hilir. Inhil yang dikenal dengan sebutan kota seribu parit memiliki banyak sekali jembatan penghubung, dan salah satunya yang paling besar dan cukup panjang adalah Jembatan Indragiri Rumbai Jaya.

Jembatan Indragiri terletak di Jalan Lintas Rengat-Tembilahan, Mumpa, Kecamatan Tempuling, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau. Jembatan ini memiliki panjang 750 meter dan lebar 7 meter. Jarak jembatan dari permukaan air sungai setinggi 17 meter. Konstruksi jembatan ini dibuat dari baja yang kokoh. Jembatan ini terbentang di atas Sungai Indragiri yang akan Anda temukan saat perjalanan menuju ke Kota Tembilahan.

Jembatan Indragiri diresmikan oleh Presiden Megawati Soekarno Putri pada bulan Maret 2004. Pembangunan jembatan ini menghabiskan biaya sebesar 87,36 miliar rupiah yang diambil dari anggaran pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten. Jembatan ini masuk dalam kategori jembatan tipe B.

Keberadaan jembatan ini memberikan fungsi strategis yang menghubungkan antara Pelabuhan Tembilahan Kuala Enok dan Pelabuhan Rengat, Provinsi Riau. Selain itu, konstruksi bangunannya yang cantik membuat jembatan ini pada awal berdirinya menjadi salah satu destinasi wisata menarik yang banyak dikunjungi warga sekitar.

Jembatan ini memiliki tiang-tiang tinggi dengan cat warna biru, lalu bagian tepinya menggunakan warna kuning khas Riau. Berjalan menyusuri jembatan ini mengingatkan kita pada keberadaan beberapa jembatan besar lainnya yang ada di Riau seperti Jembatan Siak dan Jembatan Rumbai di Pekanbaru.

Jembatan Indragiri Rumbai Jaya

Keindahan Wisata Jembatan Indragiri Rumbai Jaya
Seperti umumnya destinasi wisata jembatan, kebanyakan orang yang datang kemari untuk memandang suasana sungai yang luas dan duduk di atas motor bersama pasangan. Menikmati suasana petang di sekitar jembatan ini cukup menarik, apalagi bagi warga luar Indragiri Hilir yang kebetulan sedang berjalan melintas menuju Tembilahan atau keluar dari Indragiri Hilir.

Wisata jembatan di sini sama seperti jembatan pada umumnya yakni sebagai tempat lokasi berfoto yang unik. Waktu berkunjung yang disarankan adalah pada pagi hari atau petang. Pada siang hari cuaca cukup panas dan tidak tersedia tempat untuk berteduh.
Sekedar berfoto di jembatan mungkin sudah menjadi hal yang biasa, tidak menarik lagi. Tetapi ada hal istimewa yang bisa Anda lakukan saat berwisata ke Tembilahan, yakni berburu aneka jenis kuliner laut dan sungai.

Di sepanjang jalanan menuju Tembilahan, kita bisa menemukan banyak penjual aneka udang, baik sungai maupun laut yang masih segar dan harganya lebih terjangkau. Dan jika ingin menikmatinya dalam bentuk kuliner masakan khas dari tangan warga setempat, maka Anda bisa berburu kuliner di ibu kota Tembilahan.

Selain itu, pemandangan kanan kiri jalan juga sangat asri untuk dipandang. Pemandangan di daerah rawa-rawa, rumah panggung dan banyak jembatan yang menghubungkan jalan-jalan akan membuat kesan perjalanan Anda menuju Tembilahan lebih berkesan.
Jadi jika ingin ke Jembatan Indragiri, jangan lupa sekalian singgah ke Tembilahan untuk melihat Inhil yang sesungguhnya.

Cara Menuju ke Lokasi Jembatan Indragiri Rumbai Jaya, Inhil
Cara menuju ke lokasi Jembatan Indragiri Rumbai Jaya sama halnya dengan menuju ke Kota Tembilahan, tetapi jaraknya lebih dekat lagi. Jika menempuh perjalanan darat dari pusat Kota Pekanbaru, lama perjalanan sekitar 8 jam perjalanan untuk sampai ke Tembilahan. Jadi jika hanya untuk sampai ke jembatan, waktunya bisa lebih cepat.

Jika Anda tak memiliki kendaraan pribadi bisa menggunakan travel dengan rute Pekanbaru-Tembilahan, Tembilahan-Pekanbaru. Ongkos travel untuk sekali jalan biasanya sekitar Rp.170.000,- per orang, tergantung jenis travel yang dipakai.

Untuk akomodasi dan penginapan, Anda bisa memilih di Tembilahan atau di Kota Rengat. Tetapi jika ingin berwisata lebih banyak lagi di Indragiri Hilir, Anda sebaiknya menginap di Kota Tembilahan. Menikmati aneka kuliner laut bisa Anda lakukan di Tembilahan. Sementara hotel kelas melati juga tersedia di kota ini. Tarif penginapan di daerah biasanya mulai dari 300ribu rupiah per malam, tergantung jenis yang dipilih.

Jangan lupa singgah ke beberapa destinasi wisata lain yang cukup populer di Inhil, seperti Pantai Solop, Desa Mandah dan sebagainya.


RiauMagz, Wisata Riau, Jembatan Rumbai Jaya salah satu ikon Kabupaten Indragiri Hilir